alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
Menteri Syafruddin Dorong DMI Jadikan Masjid Destinasi Wisata Religi
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd8010712e257db5b8b456d/menteri-syafruddin-dorong-dmi-jadikan-masjid-destinasi-wisata-religi

Menteri Syafruddin Dorong DMI Jadikan Masjid Destinasi Wisata Religi

Menteri Syafruddin Dorong DMI Jadikan Masjid Destinasi Wisata Religi

JPP, PALANGKARAYA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) mendorong agar masjid dapat dijadikan sebagai tempat wisata religi. Tujuannya agar perekonomian masyarakat bisa naik dengan memberdayakan masjid sebagai wisata religi.

Menurutnya, ada banyak hal yang bisa dilakukan jika masjid dikelola dengan berinovasi menjadikan masjid sebagai wisata religi dengan membangun tempat-tempat kuliner di sekitarnya.

"Ketika kita mempunyai niat untuk membangun masjid dan banyak orang datang untuk beribadah, maka di sanalah masjid akan dapat memakmurkan masyarakat," ujar Menteri Syafruddin dalam sambutannya usai melantik pengurus harian DMI Kalimantan Tengah di Palangkaraya, Sabtu (27/10/2018).

Seusai melantik 26 dewan pengurus harian masjid, Menteri Syafruddin mengarahkan agar dewan masjid fokus dalam mengurusi masjid sesuai dengan visi dan misi serta semboyan DMI, yakni "Memakmurkan Masjid dan Dimakmurkan Masjid". Dua kalimat tersebut merupakan perwujudan nyata dari simbiosis mutualisme. 

Menteri Syafruddin juga mengatakan bahwa di masjid bisa ada banyak hal yang bisa dilakukan selain dari majelis taklim dan kajian. Kegiatan lain yang dapat dilakukan adalah memberdayakan ekonomi berbasis masjid. Dewan masjid dapat berinovasi dengan membuat tempat-tempat kuliner.

"Di sanalah titik balik masjid bisa memakmurkan umat agar roda kehidupan masyarakat akan bergelora," ungkapnya.

Selain menjadikan masjid sebagai wisata religi, Menteri Syafruddin juga menegaskan kepada Gubernur Kalimantan Tengah yang sudah sah dikukuhkan sebagai Pimpinan DMI wilayah Kalimantan Tengah untuk menuntaskan permasalahan tanah masyarakat yang diwakafkan untuk masjid. Hal ini perlu dilakukan agar tempat ibadah tidak bermasalah di kemudian hari.

Umumnya, semua masjid merupakan tanah wakaf dari masyarakat, tetapi banyak yang belum bersertifikat. "Seluruh masjid di Kalteng harus diselesaikan tanah wakafnya agar memiliki sertifikat," tegasnya.

Pesatnya perkembangan peradaban umat muslim di Indonesia, bahkan dunia, membuat masjid di Indonesia berkembang pesat. Tercatat pada tahun 2018 terdapat 800 ribu masjid di Indonesia.

"Maka dari itu, dewan masjid juga harus bisa memberdayakan masjid menjadi wisata religi berbasis masjid," tandas Menteri Syafruddin. (prb)


Sumber : https://jpp.go.id/humaniora/sosial-b...-wisata-religi

---

Kumpulan Berita Terkait HUMANIORA :

- Menteri Syafruddin Dorong DMI Jadikan Masjid Destinasi Wisata Religi Menko Kemaritiman: Indonesia Bisa Jadi Laboratorium Penanggulangan Bencana

- Menteri Syafruddin Dorong DMI Jadikan Masjid Destinasi Wisata Religi Pendapatan Telkom Tumbuh 8,8 Persen Kuartal-III 2018

- Menteri Syafruddin Dorong DMI Jadikan Masjid Destinasi Wisata Religi OJK Ajukan Anggaran 2019 Rp5,67 Triliun, Naik 11,5 Persen dari 2018



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di