alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Cara Dapat Beasiswa Kuliah Luar Negeri
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd7fee01cbfaac5488b4576/cara-dapat-beasiswa-kuliah-luar-negeri

Cara Dapat Beasiswa Kuliah Luar Negeri

Cara Dapat Beasiswa Kuliah Luar Negeri

Ingin melanjutkan kuliah ke luar negeri dengan beasiswa, bukanlah hal yang sulit namun bukan sesuatu yang gampang juga, karena dibutuhkan persiapan matang agar Anda bisa mewujudkannya. Menjadi sarjana lulusan perguruan tinggi luar negeri tak dapat dipungkiri memberikan nilai tambah tersendiri. Selain itu dengan berkuliah di luar negeri membuat Anda memiliki pengalaman tersendiri dalam hal kemandirian. Anda juga bisa melihat dan mempelajari hal-hal baru seperti budaya yang ada di negara tersebut. Sebagai mahasiswa internasional, Anda akan berteman dengan mahasiswa dari berbagai negara dan tentu saja jaringan sosial Anda menjadi lebih luas.
Negara-negara di benua Amerika, Asia dan Eropa menjadi negara tujuan para calon mahasiswa mengejar beasiswa untuk kuliah. Terlebih di Amerika Serikat dan Inggris, yang memiliki beberapa universitas yang masuk dalam jajaran universitas bergengsi di dunia.
Universitas-universitas tersebut biasanya memiliki program beasiswa, yang meski persyaratannya berbeda, namun ada beberapa hal yang secara umum harus Anda lewati. PrinterQoe akan berbagi, apa saja yang harus Anda lakukan untuk berhasil dapatkan beasiswa kuliah di luar negeri.
  • Latihlah kemampuan bahasa Inggris Anda

Untuk Anda yang berencana mendapatkan program beasiswa dari kampus impian di luar negeri, Anda wajib menguasai bahasa Inggris. Karena selama Anda berada di luar negeri, Anda akan berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. Anda dapat melatih kemampuan bahasa Inggris dengan kursus bahasa Inggris serta mengikuti tes TOEFL yang menjadi standar pengajuan beasiswa kuliah di luar negeri.
2. Melakukan persiapan untuk menghadapi tes SAT atau ACT
Untuk Anda ketahui SAT merupakan Scholastic Aptitude Test, sementara ACT adalah American College Testing. Keduanya merupakan bentuk ujian akademik yang menentukan apakah Anda mampu belajar di universitas impian. Tes SAT biasanya terdiri dari tes matematika dan bahasa Inggris. Soal-soal tes bahasa Inggris contohnya adalah soal sinonim antonim. Tak jauh berbeda dengan tes SAT, soal-soal tes ACT juga memiliki kemiripan namun ditambah dengan soal sains atau ilmu pengetahuan.
  1. Menyiapkan Application Essay

Anda harus bisa membuat tulisan esai mengenai diri dan pengalaman Anda dari angle yang berbeda serta menarik untuk dibaca oleh pihak kampus. Anda harus membuat tulisan yang jujur mengenai ketertarikan terhadap universitas dan jurusan yang diimpikan.
  1. Memiliki prestasi baik dan aktivitas membanggakan di luar kegiatan sekolah.

Tak hanya memiliki nilai bagus di rapor, pertimbangan lain pihak admission officer adalah Anda memiliki kegiatan di luar sekolah. Kegiatan menginspirasi dan membawa pengaruh positif seperti olahraga, relawan kemanusiaan atau semacamnya, akan menarik perhatian pihak kampus tempat Anda mengajukan beasiswa.
  1. Siapkan Letter of recommendation.

Anda dapat meminta surat rekomendasi dari guru sekolah. Sangat disarankan surat rekomendasi dibuat oleh guru yang mengenal dengan dalam diri Anda. Hal ini agar surat yang dibuat terkesan personal dan menarik perhatian pihak kampus tempat Anda melamar beasiswa kuliah di luar negeri.  

Beberapa hal tadi dapat Anda terapkan untuk mensukseskan jalan Anda dalam memperoleh beasiswa kuliah di luar negeri. Semoga berhasil ya!

Gambar: pixabay


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di