alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Ongkos joki tes CPNS mencapai ratusan juta rupiah
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd7e98d1cbfaaac3a8b4574/ongkos-joki-tes-cpns-mencapai-ratusan-juta-rupiah

Ongkos joki tes CPNS mencapai ratusan juta rupiah

Ongkos joki tes CPNS mencapai ratusan juta rupiah
Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Irwan Anwar (kanan) bersama Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani (kiri) saat merilis penangkapan calo CPNS Kemenhuham di Polrestabes Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (29/10/2018).
Polisi menangkap sindikat joki tes calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) yang beroperasi di Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (28/10/2018). Ongkos memakai sindikat jasa joki itu mencapai ratusan juta rupiah.

Polisi menangkap enam orang, yang terdiri dari empat orang joki, satu perantara, dan satu peserta tes CPNS pengguna jasa joki.

W, perantara yang mengorganisir joki disebut meminta upah antara Rp125 juta hingga Rp150 juta jika peserta pengguna jasa joki itu lulus. Sedangkan joki mendapat uang antara Rp10 juta hingga Rp40 juta jika lulus tes. Jika gagal tes, para joki ini mendapat upah separuhnya.

Menurut Kabid Humas Polda Sulawesi Selatan, Kombes Dicky Sondani, terungkapnya praktik perjokian ini setelah polisi mencocokkan berkas peserta tes CPNS. Ada perbedaan foto wajah yang ada di berkas nomor registrasi peserta dengan foto di KTP peserta.

"Gambar wajahnya berbeda dengan joki ini. Setelah itu kami amankan dan mereka mengakui," kata Dicky dalam jumpa pers di Mapolrestabes Makassar, Senin (29/10/2018) seperti dipetik dari jawapos.com.

Dari penyelidikan polisi, perjokian ini bermula dari les privat untuk tes CPNS yang dibuka oleh W, broker joki CPNS. M, salah satu peserta tes CPNS, meminta kepada W untuk membantu temannya supaya bisa lulus tes CPNS. "Yang bersangkutan (W) mencarikan empat joki untuk menggantikan peserta, temannya M ini," kata Kapolres Makassar Kombes Irwan Anwar, dalam kesempatan yang sama.

Namun pernyataan dari polisi ini belum ada klarifikasi dari para tersangka.

Irwan menilai, para pelaku adalah sindikat nasional. "Karena joki ini ada yang didatangkan dari Yogyakarta, Jakarta, dan Jawa Timur," kata Irwan seperti dikutip dari sindonews.com.

Menurut Dicky, sindikat joki CPNS ini sudah lama beroperasi. Dalam pemeriksaan polisi ternyata mereka bukan kali ini saja menjadi joki. "Dalam beberapa tahun terakhir setiap tes penerimaan CPNS, mereka bertugas juga sebagai joki," kata Irwan.

Para pelaku bakal dijerat pasal 263 ayat (1) dan (2) jo Pasal 5 ayat (1) ke 1e KUHP tentang pemalsuan dengan ancaman hukuman paling lama 6 tahun.

Selain enam tersangka ini, polisi juga masih memburu empat orang yang merupakan pengguna jasa joki.

Tak hanya diburu polisi, para pengguna joki ini otomatis gugur dari proses seleksi CPNS. Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional IV Makassar, Sayadi mengatakan, empat pelamar CPNS pengguna jasa joki ini juga masuk daftar hitam (black list) dalam tes CPNS.

"NIK (Nomor Induk Kependudukan) mereka sudah diblok oleh BKN pusat, ya artinya seumur hidup mereka tidak bisa lagi ikut tes CPNS," ujar Sayadi, Senin (29/10/2018), seperti dinukil dari Tribun Makassar.

Dalam tes CPNS 2018 ini, ada 238 ribu orang yang akan diterima. Kemenkumham adalah instansi yang paling banyak diminati peserta CPNS 2018.

Menurut Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, jumlah pendaftar CPNS 2018 di Kemenkumham mencapai 487.071 orang.

Penyebabnya, tak ada syarat tes bahasa inggris TOEFL dan usia di banyak formasinya. Selain itu, Kemenkumham juga menyediakan 2.000 formasi yang tersebar di 11 unit kerja serta kantor wilayah dan unit pelaksana teknis Kemenkumham.
Ongkos joki tes CPNS mencapai ratusan juta rupiah


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...an-juta-rupiah

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Ongkos joki tes CPNS mencapai ratusan juta rupiah Indonesia membidik ekspor ke Afrika

- Ongkos joki tes CPNS mencapai ratusan juta rupiah Lion Air JT610 jatuh di Karawang

- Ongkos joki tes CPNS mencapai ratusan juta rupiah Badai di Palembang porak-porandakan stasiun LRT dan Jakabaring



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di