alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Makan Babi Bahaya atau Gak? Waspadai 7 Penyakit dari Daging Babi Ini!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd7d0db98e31b842f8b456a/makan-babi-bahaya-atau-gak-waspadai-7-penyakit-dari-daging-babi-ini

Makan Babi Bahaya atau Gak? Waspadai 7 Penyakit dari Daging Babi Ini!

Makan Babi Bahaya atau Gak? Waspadai 7 Penyakit dari Daging Babi Ini!

Daging babi jadi salah satu daging yang paling banyak dimakan di seluruh dunia. Dilansir dari DR. AXE, sekitar 38 persen produksi daging di dunia adalah daging babi. Daging babi sangat populer di Asia Timur, Asia Tenggara, Eropa, Afrika Sub-Sahara, Amerika Utara, Amerika Selatan dan Oseania.

Terlepas dari larangan beberapa kepercayaan mengenai makan daging babi, nyatanya babi adalah binatang yang kotor. Itu karena babi memakan apa pun yang mereka temukan, termasuk kotoran.

Itu sebabnya babi dikenal sebagai penghilang limbah. Babi sering memakan serangga, kotoran mereka sendiri hingga bangkai hewan mati. Gak terkecuali jika bangkai tersebut adalah anak mereka sendiri. Meskipun kaya akan protein, kamu pun perlu mempertimbangkan bahaya apa saja risiko yang mengancam dari konsumsi daging babi. Berikut beberapa yang paling penting di antaranya.


1. Ada banyak racun yang terkandung dalam jaringan lemak babi karena proses pencernaan mereka yang terlalu cepat
Makan Babi Bahaya atau Gak? Waspadai 7 Penyakit dari Daging Babi Ini!
Ada alasan kenapa daging babi lebih beracun daripada daging hewan ternak alinnya. Itu karena sistem pencernaan babi yang lebih cepat. Ia hanya membutuhkan waktu empat jam untuk mencerna dalam sistem pencernaannya, sementara hewan lain, seperti sapi membutuhkan waktu hingga 24 jam.

Padahal proses pencernaan itu penting untuk menyingkirkan racun dan komponen yang membahayakan kesehatan tubuh. Karena proses pencernaan yang terlalu cepat, membuat racun yang ada dalam makanan masih tersimpan dalam jaringan lemaknya. 


2. Racun dalam babi pun disebabkan karena mereka memiliki sedikit sekali kelenjar keringat
Makan Babi Bahaya atau Gak? Waspadai 7 Penyakit dari Daging Babi Ini!
Masalah lain dengan babi adalah mereka memiliki sedikit sekali kelenjar keringat fungsional dan gak bisa berkeringat sama sekali. Padahal, kelenjar keringat sangat penting untuk menyingkirkan racun. Itu sebabnya ada banyak sekali racun pada tubuh babi.

Jika kamu mengonsumsi daging babi, kamu akan mendapatkan semua racun yang gak tersingkir tersebut. Padahal tubuh manusia pun perlu mengeluarkan racun, salah satunya dengan memilah-milah makanan. Itu sebabnya, kamu perlu memikirkan untuk menghindari produk babi. 


3. Daging babi dan olahannya meningkatkan risiko kanker
Makan Babi Bahaya atau Gak? Waspadai 7 Penyakit dari Daging Babi Ini!
Menurut World Health Organization (WHO), daging babi dan olahannya, seperti ham, bacon dan sosis berisiko menyebabkan kanker. The International Agency for Research on Cancer mengklasifikasikan daging olahan sebagai karsinogen yang berarti sesuatu yang menyebabkan kanker. Para peneliti menemukan bahwa konsumsi 50 gram daging olahan setiap hari meningkatkan risiko kanker usus besar sebanyak 18 persen. 


4. Risiko flu babi pada manusia
Makan Babi Bahaya atau Gak? Waspadai 7 Penyakit dari Daging Babi Ini!
Adapun, salah satu penyakit yang dapat ditularkan babi ke manusia adalah flu babi. Infeksi ini kemungkinan menular secara fisik saat manusia berinteraksi dekat dengan babi.

Dilansir dari Centers for Disease Control and Prevention, H1N1 dan H3N2 adalah virus flu babi yang endemik di antara populasi babi di Amerika Serikat. Wabah pun dapat terjadi sepanjang tahun. Sebenarnya H1N1 telah diamati pada populasi babi sejak 1930, sementara H3N2 mulai di Amerika Serikat sekitar 1998.

Menurut CDC, flu babi belum terbukti ditularkan kepada manusia melalui makan babi. Adapun, saat babi dimasak dalam suhu 70°C saja sudah bisa membunuh virus dan patogen bawaan makanan.


5. Ancaman parasit Trichinosis
Makan Babi Bahaya atau Gak? Waspadai 7 Penyakit dari Daging Babi Ini!
Meski begitu babi membawa berbagai parasit dalam tubuh dan daging mereka dan beberapa sulit dibunuh bahkan ketika dimasak. Itu sebabnya muncul banyak peringatan jika daging babi dimasak kurang matang.

Adapun, salah satu ancaman terbesar konsumsi daging babi adalah trichinosis atau trichinellosis sehingga larva cacing trichinella dapat menjangkiti manusia. Uniknya di beberapa negara dan budaya tertentu, babi dimakan mentah-mentah. Adapun gejala yang timbul adalah sakit perut, diare, kelelahan, mual dan muntah.

Lebih parah lagi, setelah seminggu makan babi yang terinfeksi, cacing betina dewasa akan menghasilkan larva yang memasuki aliran darahmu dan akhirnya menggali ke dalam otot dan jaringan lain. Adapun, gejala trichinosis, antara lain sakit kepala, demam tinggi, rasa lelah, nyeri otot, mata kemerahan, sensitif terhadap cahaya, pembengkakan pada kelopak mata atau wajah. Jika gak ditangani dengan baik bisa menyebabkan kematian.


6. Ada banyak virus dan parasit yang dibawa babi
Makan Babi Bahaya atau Gak? Waspadai 7 Penyakit dari Daging Babi Ini!
Babi membawa banyak sekali virus dan parasit bersama mereka. Penyebarannya bisa melalui kontak langsung atau dengan dikonsumsi. Adapun, babi membawa wabah cacing pita, virus hepatitis V (HEV), Porcine reproductive and respiratory syndrome virus (PRRSV), virus nipah, virus Menangle dan virus Paramyxoviridae


7. Meningkatkan risiko kanker hati
Makan Babi Bahaya atau Gak? Waspadai 7 Penyakit dari Daging Babi Ini!
Dilansir dari Healthline selama beberapa dekade terakhir, konsumsi daging babi meningkatkan risiko kanker hati dan sirosis di seluruh dunia.

Dari penjelasan di atas, babi memiliki banyak penyakit yang berisiko menulari manusia. Hal yang mencengangkan, ternyata ada beberapa penyakit yang gak bisa musnah sekalipun telah dimasak. Untuk itu, kamu harus bijak ya jika ingin memakan daging babi.


Sumber : https://www.idntimes.com/health/fitn...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Makan Babi Bahaya atau Gak? Waspadai 7 Penyakit dari Daging Babi Ini! 11 Foto Menyedihkan Hewan hewan yang Terancam Punah Kasihan Banget

- Makan Babi Bahaya atau Gak? Waspadai 7 Penyakit dari Daging Babi Ini! 10 Hewan Menyeramkan yang Dapat Julukan Hantu Mana Paling Cocok

- Makan Babi Bahaya atau Gak? Waspadai 7 Penyakit dari Daging Babi Ini! 7 Hewan yang Amputasi Lengan Kaki dan Kelaminnya untuk Bertahan Hidup



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di