alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Peran Generasi Milenial Zaman Now Berbasis Semangat Soempah Pemoeda 1928
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd7cf7360e24bab6e8b4575/peran-generasi-milenial-zaman-now-berbasis-semangat-soempah-pemoeda-1928

Peran Generasi Milenial Zaman Now Berbasis Semangat Soempah Pemoeda 1928

Peran Generasi Milenial Zaman Now Berbasis Semangat Soempah Pemoeda 1928

Assalamu’alaikum, selamat pagi/siang/sore/malam, para Kaskuser sekalian dimana pun berada!
Ketemu lagi dengan ane, “solehikhsanudin”.
Kali ini dalam rangka turut meramaikan event forum tercinta Kaskus untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda 2018.

Yup langsung saja gan/sist, kali ini ane mau mengangkat tema tentang peran penting dari generasi milenial saat ini dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang berbasis pada semangat Soempah Pemoeda 1928.
Pada intinya, coretan ane kali ini terinspirasi dari pidato Menpora Imam Nahrawi dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda 2018 yang berjudul “Bangun Pemuda Satukan Indonesia”, yang menurut ane cukup bagus dan tentunya sudah beredar di dunia maya.
Cekidot gan/sist …

PERAN PENTING PEMUDA INDONESIA DALAM MENJAGA PERSATUAN DAN KESATUAN BANGSA

Spoiler for :


Pemuda sebagai generasi penerus bangsa tentunya menjadi salah satu komponen masyarakat yang paling utama dalam perannya untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dan negara Indonesia.
Salah satu poin utama yang dapat diambil di sini yaitu soal kuantitas gan/sist. Pertumbuhan penduduk yang semakin tinggi turut berdampak pada meningkatnya jumlah segmen pemuda yang berada pada rentang usia produktif. Tentunya hal ini dapat diambil sisi positifnya jika para pemuda kita mampu menunjukkan diri sebagai generasi yang berkualitas baik.
Di era milenial seperti sekarang ini, konsistensi pemahaman kalangan pemuda akan semangat Sumpah Pemuda perlu untuk terus digaungkan, karena jika tidak maka di usia ke-90 tahun dari Sumpah Pemuda ini akan semakin memudar semangat kebangsaannya.

PERAN PENTING PEMUDA INDONESIA DALAM MENGHADAPI ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI

Spoiler for :


Di satu sisi, adanya perkembangan ilmu dan pengetahuan dan teknologi di dunia ini menjadi fenomena yang secara natural tidak dapat dihindari lagi gan/sist.
Di sisi lain, keberadaan pemuda yang mengandung sifat enerjik dan haus akan teknologi paling terkini menjadikannya subjek sekaligus objek yang saling terkait dan menentukan dalam perkembangan iptek tersebut gan/sist.
Di era milenial sekarang ini, semangat Sumpah Pemuda dapat diaplikasikan secara positif oleh generasi muda di antaranya dengan secara bersama-sama menangkal beredarnya hal-hal negatif menyangkut dampak perkembangan iptek di dunia maya, seperti menangkal berita bohong (hoax), ujaran kebencian (hate speech), hingga radikalisme dan terorisme.

PERAN PENTING PEMUDA INDONESIA DALAM MENGEJAWANTAHKAN KONSEP “REVOLUSI MENTAL”

Spoiler for :


Di luar pro dan kontra yang mengitarinya, konsep Revolusi Mental yang diperkenalkan oleh pemerintah saat ini sejatinya mengandung manfaat signifikan yang dimulai dari perubahan pola pikir masyarakatnya.
Melalui perubahan yang dimulai dari sisi internal pola pikir inilah, maka diharapkan dapat berlangsung perubahan eksternal dari sikap dan pola tindak masyarakat Indonesia yang merubah kebiasaan buruk sekaligus adaptif terhadap perubahan yang bersifat positif.
Pada intinya, Revolusi Mental yang diterapkan di kalangan pemuda milenial saat ini begitu bermanfaat setidaknya untuk meningkatkan variabel karakter, kapasitas, dan daya saing masing-masing individu.

PERAN PENTING PEMUDA INDONESIA DALAM MENYUKSESKAN PEMILIHAN UMUM TAHUN 2019

Spoiler for :


Menjadi suatu hal yang naif apabila dalam beberapa rentang waktu terakhir justru menunjukkan tren penurunan keikutsertaan pemuda dalam politik Tanah Air.
Padahal, meskipun masih terdapat suara sumbang yang menyudutkannya, namun sudah menjadi kesepakatan nasional bahwasanya Pemilu merupakan ikhtiar bersama dengan tujuan untuk mencari format kepemimpinan yang terbaik di negeri ini.
Nah, di tengah apatisme politik yang terkesan meninggi di zaman now saat ini, momentum Pemilu 2019 dapat dijadikan sebagai pemantik bagi para pemuda dan pemudi Indonesia untuk kembali giat dalam berkontribusi untuk kemajuan bangsa dan negara Indonesia.

PERAN PENTING PEMUDA INDONESIA DALAM MEMEGANG INKLUSIVITAS DAN WAWASAN GLOBAL

Spoiler for :


Di era milenial seperti sekarang ini, sifat eksklusif yang cenderung menutup diri dari pergaulan dunia luar tampaknya sudah jauh ketinggalan zaman.
Dihadapi maupun tidak dihadapi, perkembangan lingkungan global pasti tetap akan terjadi, sehingga cara yang paling rasional yaitu menghadapinya dengan sepenuh hati untuk mengambil sisi-sisi positif dari perkembangannya.
Sifat inklusif senada dengan wahyu Tuhan agar manusia saling mengenal (lita’arafu), so wahai pemuda mari kita bangun kebersamaan global secara positif yang tidak saja berimbas pada majunya Tanah Air, tetapi juga terbentuknya tatanan dan kehidupan dunia yang semakin berkembang baik ke depannya.

Demikian sedikit yang bisa ane sampaikan terkait tema “Sumpah Pemuda Versi Gue”, yang secara umum terinspirasi dari pidato resmi Menpora Imam Nahrawi di saat memperingati Hari Sumpah Pemuda 2018.
Semoga dapat menambah wawasan para Kaskuser sekalian, dan mohon dimaafkan apabila terdapat sejumlah kesalahan!
Wassalam!!!

Sumber :
Narasi : pemikiran pribadi, terinspirasi oleh Pidato Hari Sumpah Pemuda 2018 Menpora Imam Nahrawi yang berjudul “Bangun Pemuda Satukan Indonesia”.
Ilustrasi : Google Images.


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di