alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
Kemenristekdikti Bentuk Unit Mahasiswa Pengawal Ideologi Bangsa di Kampus
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd7a384a09a39b63c8b4573/kemenristekdikti-bentuk-unit-mahasiswa-pengawal-ideologi-bangsa-di-kampus

Kemenristekdikti Bentuk Unit Mahasiswa Pengawal Ideologi Bangsa di Kampus

Kemenristekdikti Bentuk Unit Mahasiswa Pengawal Ideologi Bangsa di Kampus

JPP JAKARTA - Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) meluncurkan Peraturan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Permenristekdikti) Nomor 55 Tahun 2018 tentang Pembinaan Ideologi Bangsa dalam Kegiatan Kemahasiswaan di Perguruan Tinggi.

"Permenristekdikti tersebut sebagai upaya pemerintah menekan paham-paham intoleran dan radikalisme di kampus," ujar Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir di Jakarta, Senin (29/10/2018).

Menteri Nasir menambahkan peluncuran Permenristekdikti tersebut didasari riset dari Alvara Research Center dengan responden 1.800 mahasiswa di 25 Perguruan Tinggi diindikasikan ada sebanyak 19,6 persen mendukung peraturan daerah (Perda) Syari'ah.

Sementara 25,3 persen diantaranya setuju dibentuknya negara Islam, 16,9 persen mendukung ideologi Islam, 29,5 persen tidak mendukung pemimpin Islam dan sekitar 2,5 persen berpotensi radikal.

Menurut dia, Permenristekdikti itu dinilai langkah tepat untuk mengawal ideologi bangsa yang mengacu pada empat pilar kebangsaan yaitu UUD 1945, Pancasila, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

Menristekdikti menjelaskan, dalam peraturan itu kampus wajib memberikan pembinaan kebangsaan bagi semua mahasiswa. "Permenristekdikti tersebut juga mengatur semua kampus wajib membentuk Unit Kegiatan Mahasiswa Pengawal Ideologi Bangsa (UKMPIB)."

Organisasi Ekstra Kampus

UKMPIB tersebut berada di pengawasan rektor dan mahasiswa organisasi ekstra boleh bergabung dan menjadi salah satu pengawal ideologi dalam unit tersebut.

Menteri Nasir menyatakan dengan adanya Permenristekdikti Nomor 55 Tahun 2018, Surat Keputusan (SK) Dirjen Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Nomor 26/DIKTI/KEP/2002 Tentang Pelarangan Organisasi Ekstra Kampus atau Partai Politik dalam Kehidupan Kampus tidak berlaku lagi. "Simbol-simbol organisasi ekstra seperti bendera dan lainnya tetap dilarang beredar di dalam kampus," tegas dia. (ant/ris)


Sumber : https://jpp.go.id/teknologi/pendidik...ngsa-di-kampus

---

Kumpulan Berita Terkait TEKNOLOGI :

- Kemenristekdikti Bentuk Unit Mahasiswa Pengawal Ideologi Bangsa di Kampus Pemerintah akan Bangun 5.000 Unit Rumah Bagi Korban Bencana Sulteng

- Kemenristekdikti Bentuk Unit Mahasiswa Pengawal Ideologi Bangsa di Kampus Atasi Stunting, Kementan Siap Luncurkan Varietas Baru Padi Kandungan Zinc Tinggi

- Kemenristekdikti Bentuk Unit Mahasiswa Pengawal Ideologi Bangsa di Kampus Bantu Atasi Penerangan, 100 Unit LTSHE Dibagikan Gratis Ke Lokasi Pengungsian Korban Gempa Sulteng

Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di