alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
Kementerian PPPA Ajak Masyarakat Memberdayakan Lansia di Pelbagai Sektor
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd798f3dad770e76d8b4579/kementerian-pppa-ajak-masyarakat-memberdayakan-lansia-di-pelbagai-sektor

Kementerian PPPA Ajak Masyarakat Memberdayakan Lansia di Pelbagai Sektor

Kementerian PPPA Ajak Masyarakat Memberdayakan Lansia di Pelbagai Sektor

JPP PARIAMAN - Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) meminta masyarakat memberdayakan warga lanjut usia (lansia) di pelbagai sektor.

"Pemberdayaan ini bertujuan untuk memberikan penguatan kepada para lansia agar mereka tidak berkecil hati di tengah lingkungan masyarakat," kata Asisten Deputi Perlindungan Hak Perempuan dalam Situasi Darurat dan Kondisi Khusus Kementerian PPPA, Nyimas Aliah, di Pariaman, Sumatra Barat, Senin (29/10/2018).

Dia mengatakan pemberdayaan para lansia dapat dilakukan melalui sektor ekonomi, sosial, budaya, agama, pendidikan dan lain sebagainya. Sebagai contoh, masyarakat atau pemerintah setempat harus mau dan berani melibatkan langsung para lansia apabila ada kegiatan.

"Jika para lansia kita ajak pada suatu kegiatan sosial seperti membesuk orang sakit, maka hal itu bisa menjadi stimulus semangat hidup baginya," ujar Asdep Kementerian PPPA.

Contoh lainnya, kata Nyimas, masyarakat diminta melibatkan para lansia pada kegiatan ekonomi seperti berdagang di warung, sehingga mereka merasa dihargai atau dibutuhkan.

Berbagai kegiatan yang melibatkan langsung para lansia tersebut tersebut, menurut dia, bisa memacu semangat hidup para kaum lansia sehingga tidak khawatir dalam menghadapi hari tua. "Jadi, berbagai contoh tersebut dapat membantu para kaum lansia, karena karakteristik mereka memasuki usia lanjut merupakan kondisi yang menakutkan," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Pariaman Mardison Mahyuddin mengatakan pemerintah daerah terus berupaya merangkul para kaum lansia di berbagai kegiatan. "Salah satunya dengan cara melibatkan para lansia pada kegiatan Pesta Budaya Tabuik yang rutin diadakan setiap tahunnya," katanya.

Pada kegiatan tersebut lanjut dia, pemerintah daerah akan berkoordinasi dengan para "Tuo" Tabuik atau tokoh tabuik dalam menyelenggarakan event pariwisata. Di segi kesehatan, pemerintah setempat memberikan layanan Jaminan Kesehatan Sabiduak Sadayuang (JKKS) yang dialokasikan melalui APBD. (ant/pppa)


Sumber : https://jpp.go.id/humaniora/sosial-b...elbagai-sektor

---

Kumpulan Berita Terkait HUMANIORA :

- Kementerian PPPA Ajak Masyarakat Memberdayakan Lansia di Pelbagai Sektor Daerah 3T Dapat Tambahan Bantuan Tetap PKH Rp1 juta

- Kementerian PPPA Ajak Masyarakat Memberdayakan Lansia di Pelbagai Sektor Empat Tahun Jokowi-JK, Layanan Kemenkumham Makin Digital

- Kementerian PPPA Ajak Masyarakat Memberdayakan Lansia di Pelbagai Sektor KPPPA Kembangkan Media Informasi-Komunikasi Berbasis Web



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di