alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
Menko Kemaritiman: Indonesia Bisa Jadi Laboratorium Penanggulangan Bencana
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd794095a5163ad138b457e/menko-kemaritiman-indonesia-bisa-jadi-laboratorium-penanggulangan-bencana

Menko Kemaritiman: Indonesia Bisa Jadi Laboratorium Penanggulangan Bencana

[img][/img]

JPP NUSA DUA - Menteri Koordinator Kamaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan Indonesia dapat disebut sebagai laboratorium penanggulangan bencana alam di kawasan Asia Pasifik.

"BNPB mencatat 1.589 bencana alam di seluruh Indonesia tahun 2017. Sejak Juli 2018 tercatat 289 kebakaran, kekeringan, angin puyuh, banjir, gempa bumi dan letusan dalam satu bulan itu. Karena perubahan iklim mempercepat laju bencana alam, mungkin saja jumlah dan biaya dari peristiwa ini meningkat," kata Menko Luhut di Nusa Dua, Bali, Senin (29/10/2018).

Menko Kemaritiman di Nusa Dua menghadiri pertemuan bersama utusan 14 negara kepulauan. Peserta pertemuan di antaranya Presiden Palau Tommy Remengesau, Menteri Perikanan Fiji Semmy Korollavesau, Sekjen Kementerian Luar Negeri Federasi Micronesia, Menteri Ekonomi Kelautan Mauritius Premdut Koonjoo, serta utusan dari Selandia Baru, Bahrain, Timor Leste, Singapura, dan Irlandia.

Pada kesempatan tersebut, Luhut berharap negara-negara pulau dan negara kepulauan bisa duduk bersama-sama dan mencari solusi yang disesuaikan dengan tantangan negara-negara yang unik tersebut. "Ini bisa menjadi tempat untuk menghasilkan ide-ide baru, dikumpulkannya sumber daya bersama, dan mempertemukan persamaan kita," ucapnya.

Para utusan negara-negara peserta menyambut baik akan rencana diadakannya deklarasi bersama di Manado dan berharap hasil konferensi tersebut bisa membantu mereka mengadapi tantangan alam seperti perubahan iklim.

Menko Luhut membahas hal tersebut dalam konteks tema Archipelagic and Island States (AIS), yang merupakan Forum atau Forum Negara-negara Pulau dan Kepulauan yang akan digelar pada 1-2 November 2018 di Manado, Sulawesi Utara.

Menko Luhut mengharapkan Forum AIS dapat mengkatalisasi pemikiran inovatif dan membantu menghasilkan solusi cerdas dan inovatif dari para anggotanya. Menurutnya yang dibutuhkan sekarang adalah aksi global, karena kita dituntut lebih tanggap, cepat bahkan kreatif menghadapi situasi seperti sekarang ini. (ant/mar)


Sumber : https://jpp.go.id/ekonomi/kelautan/3...langan-bencana

---

Kumpulan Berita Terkait EKONOMI :

- Menko Kemaritiman: Indonesia Bisa Jadi Laboratorium Penanggulangan Bencana BPK Apresiasi Upaya Pemerintah Revaluasi Barang Milik Negara

- Menko Kemaritiman: Indonesia Bisa Jadi Laboratorium Penanggulangan Bencana Hasil Revaluasi, Nilai Barang Milik Negara Naik jadi Rp5.728,49 Triliun

- Menko Kemaritiman: Indonesia Bisa Jadi Laboratorium Penanggulangan Bencana Tanggap Darurat Bencana NTB, BUMN Realisasikan 1.500 Huntara



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di