alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Siapa Bilang Sumpah Pemuda dan Medsos Nggak Ada Hubungannya?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd7389e5a5163e4298b4569/siapa-bilang-sumpah-pemuda-dan-medsos-nggak-ada-hubungannya

Siapa Bilang Sumpah Pemuda dan Medsos Nggak Ada Hubungannya?

Siapa Bilang Sumpah Pemuda dan Medsos Nggak Ada Hubungannya?



Quote:


Sekilas tadi adalah intermezzo singkat dari saya. Nggak, saya tidak menyalahkan muda-mudi negeri yang makmur ini, karena saya pribadi juga hanya seorang yang belum genap berumur 20 tahun dan masih mencari jati diri. Sesama pemuda, ada baiknya saya mencoba mengingatkan muda-mudi lain, agar mereka minimal sadar betapa pentingnya sesuatu bernama Sumpah Pemuda ini.

Quote:


Media sosial merupakan salah satu 'dunia fana' yang tidak bisa dipungkiri, banyak digandrungi semua kelas masyarakat, khususnya remaja. Bayangin aja, jumlah penduduk Indonesia yang aktif di internet--khususnya media sosial--mencapai 49% atau sekitar 130 juta jiwa. Gila gak tuh? Banget.

Tapi apakah sebanding dengan kualitas penggunaan internet tersebut dengan kuantitas yang hampir mencapai setengah populasi negeri maritim ini? Sayangnya, hampir. Hanya saja, banyak etika-etika yang belum efektif dalam penggunaan internet sehat, khususnya media sosial, meskipun UU ITE sudah lama diberlakukan di Indonesia.

Lantas, apa hubungannya dengan Sumpah Pemuda? Ingatkah kalian dengan para muda-mudi negeri yang terpisah daratan dan lautan ini bisa bersatu di saat belum ada konektivitas yang 'melawan' hukum ruang dan waktu? Mereka bisa bersatu--dengan banyaknya keberagaman yang mereka miliki--tidak menjadikan perbedaan sebagai beton pemisah kesatuan dan persatuan bangsa, mereka 'berkumpul' untuk bersama-sama membangun tangga menuju kemerdekaan.

Di zaman kini, zaman millenial, muda-mudi Indonesia yang sepatutnya sebagai benih-benih pemimpin bangsa ini harus bisa menghapus semua perbedaan untuk bisa bersatu. Bukan untuk melawan penjajah dari negeri lain, melainkan untuk melawan penjajah dari negeri sendiri. Apalagi dengan sebuah kemudahan komunikasi lintas jarak dan waktu bernama "media sosial", selayaknya kita bisa memanfaatkan kemudahan tersebut menjadi sesuatu yang bermakna besar.

Quote:


Bagaimana caranya? Saya tekankan bahwa hanya ada satu cara secara garis besar, BIJAK. Dengan bijak bermedia sosial, itu berarti kita sudah menerapkan tujuan dari Sumpah Pemuda itu sendiri. Beberapa yang bisa kalian lakukan adalah:

1. Berkawan, bukan Berlawan

Quote:


2. Bergabung, bukan Berpisah

Quote:


3. Bercengkrama, bukan Bermaki

Quote:


Kurang lebih begitulah hal-hal simpel yang bisa kita terapkan dalam kehidupan bermedia-sosial. Akhir kata, seorang muda-mudi warganet yang baik adalah mereka yang mengerti dan bisa menerapkan Sumpah Pemuda dalam lingkungan media sosial. Kurang lebihnya mohon maaf, dan terima kasih.

Quote:


Quote:


Diubah oleh sandbox466
Reserved
Siapa Bilang Sumpah Pemuda dan Medsos Nggak Ada Hubungannya?

sing pentil ojo gontok2an yo mas yo....
Quote:


Siap mas, siap emoticon-Malu (S)
Balasan post sandbox466
Quote:


cuma rame yg sr....komen dikit aja pelitnyanya sampe silitnya mampet apa ya... emoticon-Nohope
Balasan post kruingputih3
Minimal pada baca tritnya, gapapa emoticon-Big Grin
Balasan post sandbox466
Quote:


Apalagi diminta infak-sedekah-sumbangan sukarela yg berupa harta emoticon-Embarrassment

Kayaknya yg pada sr kudu sering2 banyak bersyukur udah digratiskan Tuhan utk bernafas menghirup udara tanpa harus bayar.

Bukan hanya senyum yg cuma sedekah...
Memberikan sedikit komen walau sepotong kalimat itu juga bisa kita anggap sedekah....

Biar gak bermutu komennya yg pentil gak merusak kaidah tata krama.
sumpah pemuda era zaman now y gan emoticon-Leh Uga



Siapa Bilang Sumpah Pemuda dan Medsos Nggak Ada Hubungannya?
Quote:


Tumben lurus komennya emoticon-Leh Uga
Balasan post iskrim
Quote:


karena udah ngopi emoticon-Leh Uga

Siapa Bilang Sumpah Pemuda dan Medsos Nggak Ada Hubungannya?

Bener gak krim kadang liat thread kita cuma banyak yg sr itu rasanya kayak2 ada sedihnya.

Padahal komen di thread itu gratis....
Kalau gak bisa nyambung ya sekedar komen "numpang duduk ya gan", "titip sandal dulu" apa salahnya
Quote:


Sebenarnya....sebenarnya.... yaaa gitu deeh emoticon-Matabelo
Balasan post iskrim
Quote:


Terlepas dapet point atau apapun

Kalau pas ente buat thread, aye jg pas lagi ngaskus japri aja....insyaallah aye nambah2 komen. Seringnya sih aye pas lagi sibuk gak buka2 kaskus....ente japri harap berat agar ya emoticon-Embarrassment

Woo ts malah tidur! Bukan nanggepin quote emoticon-Nohope
Siapa yg bilang ga ada hubunagnnya gan?
Balasan post kruingputih3
Apalagi ngasih kritik dan saran gan, sangat pentiiillll itu mah emoticon-Big Grin
Tapi pada dasarnya emang kita semua kudu banyak bersyukur biar hidup lebih mudah dan indah emoticon-Big Grin
Balasan post abgtuabangke
Quote:


hubungannya suami/istri atau kakak adik emoticon-Malu
Balasan post sandbox466
Quote:


kalau gak bisa ngasih saran atawa kritik ya ngabsen duduk manis nunggu makanan ringannya keluar juga boleh emoticon-Big Grin


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di