alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
5 Alasan Kamu Tidak Perlu Ragu untuk Melakukan 'Self Talk'
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd726e3dc06bdd21e8b456c/5-alasan-kamu-tidak-perlu-ragu-untuk-melakukan-self-talk

5 Alasan Kamu Tidak Perlu Ragu untuk Melakukan 'Self Talk'

5 Alasan Kamu Tidak Perlu Ragu untuk Melakukan 'Self Talk'

Mungkin kamu nerasa aneh dan asing dengan istilah ini? Atau justru kamu adalah orang yang rutin melakukannya? Ya self talk atau berbicara kepada diri sendiri itu memang ada. Meski sebagian orang menganggap ini hal aneh dan tidak berguna, namun sebagian lainnya menganggap kegiatan ini sebagai sebuah obat bagi luka atau sekedar teman bicara baginya.

Self talk adalah kata-kata yang tanpa kita sadari sering kita ucapkan atau sering kita katakan kepada diri kita sendiri. Bisa jadi hal ini menjadi cerminan dari alam bawah sadar kita. Bukannya mereka tidak memiliki teman atau anti sosial. Seorang yang rutin melakukan self talk justru memiliki keistimewaan dan keuntungannya sendiri.

Melalui seni berdialog dengan diri sendiri inilah, seseorang bisa mendapatkan banyak hal.


1. Sebagai caramu meluapkan isi hati & pikiran
5 Alasan Kamu Tidak Perlu Ragu untuk Melakukan 'Self Talk'
Beberapa orang akan bercerita kepada orang lain, mulai dari teman atau kerabat tentang masalah yang mereka alami. Namun sebagian dari mereka menganggap hal itu sulit dilakukan. Hingga akhirnya tanpa disadari ia pun berdialog dengan dirinya sendiri. Tidak jarang mereka yang terlalu banyak menyimpan cerita dan ingin sekali bercerita namun tidak menemukan tempat ternyaman, akan melakukan hal ini.

Seperti halnya berlatih untuk presentasi. Ia akan mengeluarkan satu persatu kata demi kata yang ada di hati dan pikiran mereka. Apapun itu seolah mereka tengah berbicara dengan orang lain. Padahal mereka hanya meluapkan dan berbicara dengan diri mereka sendiri. Hal ini dinilai efektif meluapkan segala bentuk isi hati dan pikiran yang banyak terpendam. Siapa tahu setelah mengungkapkannya kita menjadi lebih lega.


2. Membantumu membuat keputusan
5 Alasan Kamu Tidak Perlu Ragu untuk Melakukan 'Self Talk'
Saat kamu bingung keputusan mana yang akan kamu ambil. Terlebih saat banyak temanmu yang menyarankan ini dan itu, kengkritik hingga melarangmu melakukan ini dan itu. Padahal kamu sendiri sudah yakin dan mulai mengurungkan niat karena banyak gangguan, sehingga kamu sulit memutuskan sesuatu dan lama untuk bertindak.

Jika sudah begini, pernahkah kamu mengandalkan dirimu sendiri? Ada kalanya mendengarkan isi hati dan logikamu saja sudah mampu membuatmu yakin. Jika kamu bingung dengan keputusan yang harusnya kamu ambil. Cobalah berdialog dengan diri sendiri. Di kala itu kamu akan mengeluarkan sisimu yang lain. Bahkan yang tersembunyi saat harus berhadapan dengan banyak orang.


3. Mereduksi kecemasan, stres & tekanan yang kamu alami
5 Alasan Kamu Tidak Perlu Ragu untuk Melakukan 'Self Talk'
Beberapa orang melakukan self talk saat mereka hendak melakukan suatu hal yang besar, menegangkan bahkan menakutkan. Misalnya saja presentasi, interview pekerjaan dan sebagainya. Kamu yang tertekan hingga stres memikirkan apa yang kira-kira ditanyakan dan harusnya kamu menjawab apa. Bisa melakukan self talk ini.

Sedikit banyak apa yang kamu pikirkan akan menjadi pertanyaan, bisa lho kamu tanyakan kepada dirimu sendiri. Di satu sisi lagi kamu akan menjawab dan memilih mana yang pas untuk diucapkan nantinya. Tenang, kanu tidak akan dianggap gila. Ini justru cara terbaik untuk mengurangi stres yang kamu rasakan.


4. Memberi semangat pada diri sendiri
5 Alasan Kamu Tidak Perlu Ragu untuk Melakukan 'Self Talk'
Kamu pasti pernah mendengar istilah, "apa yang kamu pikirkan dan kamu katakan dalam hati, maka itulah yang akan terjadi". Percaya tidak percaya semua terkoneksi dan saling berhubungan. Kamu yang mensugesti diri sendiri agar lebih bisa, lebih kuat dan sebagainya, maka hal itulah yang akan kamu dapatkan.

Kamu menjadi lebih bersemangat saat kamu bisa membuat dirimu sendiri bersemangat. Bukan orang lain, bukan juga orang terdekatmu. Rasanya semua semangat dan kekuatanmu muncul saat kamu percaya kepada dirimu apa adanya. Termasuk pada apa yang kamu ucapkan dan kamu yakini kebenarannya.


5. Lebih sehat secara psikologis
5 Alasan Kamu Tidak Perlu Ragu untuk Melakukan 'Self Talk'
Banyak manfaatnya, kamu pun akan menjadi manusia yang sehat secara mental. Bukan hanya karena kamu mampu mengurangi atau menghilangkan kegugupan dan stresmu. Kamu pun menjadi lebih mengenali diri sendiri. Self talk bukan sebuah kegiatan yang aneh dilakukan. Terlebih saat kamu sadar bahwa di sinilah kamu merasa sangat bebas berbicara dan kengungkapkan apapun.

Kamu tidak lagi memaksa untuk didengar. Apalagi memaksa untuk diperhatikan. Saat orang lain tak mendengarkan atau tak percaya apa yang kamu katakan, maka kamu pun bisa mulai berdialog dengan diri sendiri. Siapa tahu justru kamu lebih mudah mencari solusi dan mendapatkan kesempatan lainnya.


Sumber : https://www.idntimes.com/life/inspir...mpaign=network

---

Baca Juga :

- 5 Alasan Kamu Tidak Perlu Ragu untuk Melakukan 'Self Talk' Ubah Mindset 5 Hal Ini Bikin Sadar Bahwa Hidupmu Tidak Sia sia

- 5 Alasan Kamu Tidak Perlu Ragu untuk Melakukan 'Self Talk' Ini 7 Cara Kekinian Mengatasi Stres dengan Metode Mindfulness

- 5 Alasan Kamu Tidak Perlu Ragu untuk Melakukan 'Self Talk' 6 Hal yang Perlu Kamu Pahami Tentang Menggunakan Ketajaman Intuisi



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di