alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Sports / Sports /
Gear Esensial Buat Olahraga Horseback Archery
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd704935a5163712c8b4567/gear-esensial-buat-olahraga-horseback-archery

Gear Esensial Buat Olahraga Horseback Archery

Halo gan emoticon-Angkat Beer

Ane banyak ngomongin soal horseback archery secara umum, meski agak makin mendalam, tapi tetep.. Umum. So, di trit ini ane bakal ngulas, hal yang masih umum juga... tapi sedikitnya agak lebih spesifik, tapi sedikit umum jugak.

Eniwei...

Yang mau ane ulas di trit ini adalah gear yang dibutuhkan seorang horseback archer. Pastinya, kebutuhan memanah sambil berkuda cuma sedikit tersentuh modernisme. Karena dari teknik dan gear-nya masih kental nilai tradisional.

Apa yang dibutuhkan seorang horseback archer?

BOW/Busur

Gear Esensial Buat Olahraga Horseback Archery


Pastinya cuma recurved composite bow atau traditional curved bow yang bisa digunain dalam kompetisi. Busurnya gak bisa yang compound atau yang punya teknologi mekanik. Pemanah melepaskan panah menggunakan tangan sama seperti yang dipraktikkan dulu-dulu.
Busurnya harus memiliki draw weight antara 25-35 pon untuk thumb draw dan 30-40 pon untuk three-finger draw, bisa aja pakai yang lebih berat tapi kurang efisien dan gak perlu karena jarak target paling cuma 7 meter, dan jarak terjauh pada kompetisi gak lebih dari 40 meter. Buat pemula biasanya dipake panah yang lebih kecil untuk sekedar adaptasi, sampe bisa mahir memakai busurnya.

ARROW/Panah

Gear Esensial Buat Olahraga Horseback Archery


Pastinya juga, kalo gak, gimana cara ngena targetnya. Panah bisa terbuat dari kayu, aluminum atau serat karbon. Dua, tiga dan empat fletching tiap panah yang terbuat dari bulu adalah yang terbaik. Buat pemula bisa pake plastik meski gak akurat, tapi setidaknya lebih murah dan stoknya lebih banyak tersedia. Ujung anak panah dibuat tumpul.

QUIVER

Gear Esensial Buat Olahraga Horseback Archery


Sejumlah kompetisi mengharuskan atlet untuk menggunakan quiver, sementara lainnya cukup bawa dengan tangan. Ada beberapa gaya pemakaian quiver -- kaki, pinggul, dan punggung. Biasanya lebih banyak suka quiver pinggul yang ada slot buat masing-masing panah, sehingga bisa lebih cepat ngambil panahnya.

PELENGKAP: Pelindung Jari/Jempol

Gear Esensial Buat Olahraga Horseback ArcheryGear Esensial Buat Olahraga Horseback ArcheryGear Esensial Buat Olahraga Horseback Archery

Teknik drawing itu ada beberapa, tapi kebanyakan orang prefer narik busur dengan jempol karena bisa lebih refleks pelepasannya, juga lebih cepat reloading panahnya.

Beberapa tipe pelindung jari:
  • Thumb ring~ melindungi jempol dari lecet ketika berulang kali menarik busur
  • Athletic Tape ~ membalut jempol dengan athletic tape sangat mudah dan gunanya juga baik. Ketika udah kapalan, gak akan butuh pelindung apa pun, tapi ini lumayan ketika udah lama gak main.
  • Thumb glove ~ lebih enak karena gak perlu khawatir jempol kenapa-kenapa dan rasanya seperti kayak gak pake apa-apa.
  • Three-finger glove ~ sarung tangan buat mereka yang lebih suka pake teknik drawing tiga-jari.

PELENGKAP: Armguard

Gear Esensial Buat Olahraga Horseback Archery


Bagus untuk pemula, dalam hal panahan, karena mungkin lengan belum terbiasa kepecut sama tali busur setelah panah melesat. Bahan apa pun gak masalah, bisa yang paling murah atau sedikit 'fancy'.

KUDA: Pelana

Gear Esensial Buat Olahraga Horseback Archery


Pelana yang terbaik, menurut Katie Stearns, adalah pelana Inggris atau model Cina dan Mongol. Karena pelana ini didesain untuk bisa lebih nyaman melakukan "Two-point," gak ganggu ketika raicher (rider, archer) bersiap ngeker target dan melepaskan anak panahnya. Ketimbang pelana koboi Amrik atau Australia, yang desainnya lebih buat duduk.

KUDA: Tali Kekang

Gear Esensial Buat Olahraga Horseback Archery


Sebenernya jenis tali kekang bisa macem-macem, gak perlu spesifik. Tapi butuh yang gak bakal mengganggu kaki kuda ketika tangan ngelepasin kekang. Jadi mungkin butuh yang pendek dan longgar, pun kalo panjang, bisa diiket biar gak ngampleh ke bawah.

Dan itu udah ngecover gear esensial yang dibutuhkan dalam horseback archery. Mungkin agan punya kuda, dan punya rejeki buat beli busur dan panah, semoga tritnya bisa jadi referensi.

Untuk jenis-jenis bow atau anak panah, mungkin bakal ane ulas di trit berikutnya.

Sumber foto: The Flying Duchess

Good luck sportsmen emoticon-Cendol (S)


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di