alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Kesimpangsiuran bendera HTI
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd6f645a09a39785c8b457a/kesimpangsiuran-bendera-hti

Kesimpangsiuran bendera HTI

Kesimpangsiuran bendera HTI

Harga sepasang bendera bertuliskan aksara Arab itu Rp90.000. Ukurannya 150 cm x 100 cm. Peminat bisa memilih berlatar hitam atau putih. Di Bukalapak hari ini (29/10/2018), paket bendera dengan pin itu masih ditawarkan oleh Cahaya Shop (Jakarta) sebagai "Bendera Paket 3B Panji Islam Rasulullah Tauhid Ar Rayah Al Liwa".

Tak ada kata-kata Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) dalam bendera itu.

Namun bagi sebagian orang, bendera dengan teks tauhid (keesaan Allah) itu identik dengan HTI, organisasi yang dibubarkan pemerintah tahun lalu namun belum final di Mahkamah Agung.
Dibakar
Bendera itulah yang dibakar oleh Banser Nahldlatul Ulama pekan lalu (22/10) di Garut, Jawa Barat, karena dikibarkan di tengah kerumunan peserta upacara Hari Santri Nasional. Padahal ada kesepakatan, yang boleh berkibar hanya Merah Putih.

Sedangkan bagi sebagian orang lainnya, bendera itu bukan bendera HTI. Bendera itu adalah lambang milik Nabi Muhammad — tentang liwa dan rayah.

Liwa adalah bendera negara, berwarna putih, bertuliskan tauhid hitam. Sedangkan raya adalah panji, bendera dengan ukuran lebih kecil, berwarna hitam dengan tulisan putih, digunakan saat berperang.
Kontroversi bendera
Alasan demo Aksi Bela Tauhid di pelbagai kota — misalnya di Meulaboh,, Aceh, dan Poso, Sulewsi Tengah — Jumat pekan lalu adalah menentang dan mengecam pembakaran lambang Rasulullah.

Menurut Nadirsyah Hosen (Gus Nadir, 44), cendekiawan muslim, bendera HTI — dan juga ISIS — bukanlah bendera Islam. Lagi pula sekarang bukan zaman berperang.

April tahun lalu Duta.co, laman daring koran NU Duta Masyarakat, mengutip Gus Nadir, "Kalau dianggap sebagai bendera negara khilafah, kita ini NKRI, sudah punya bendera Merah Putih. Masak ada negara dalam negara? Kalau itu terjadi, berarti makar!"

Tentang tulisan tauhid, dalam laman MusliModerat bulan lalu — sebelum ada insiden di Garut — Gus Nadir menulis, "Masak kita alergi dengan kalimat tauhid? Itu hanya akal-akalan mereka saja. Untuk mengujinya gampang saja, kenapa HTI gak mau mengangkat bendera ISIS dan kenapa orang ISIS tidak mau mengibarkan bendera HTI padahal sama-sama ada kalimat Tauhid-nya?"

Sedangkan T.G.H. Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang, mantan Gubernur Nusa Tenggara Barat dari keluarga pendiri Nahdlatul Wathan, berpendapat, "[...] saya belum pernah menemukan ada satu narasi terkait dengan bendera Rasul itu dikibar-kibarkan di Madinah dalam keadaan damai."(h/t detikcom)
Bukan diada-adakan
Kalau menurut ustaz Yuana Ryan Tresna, M.Ag di kanal Rayah TV (YouTube) Kamis pekan lalu, Ar-Rayah dan Al-Liwa sebagai panji dan bendera Rasulullah "bukan perkara baru yang diada-adakan".

Lalu yang dibakar itu bendera HTI ataukah bendera bertuliskan tauhid yang tak ada hubungannya dengan HTI?

Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Komisaris Jenderal Arief Sulistyanto menyebutkan bahwa Uus, yang diinisialkan U, mengakui bendera yang dibawanya sehingga dibakar di Garurt itu adalah bendera HTI (h/t CNN Indonesia).

WartaKotaLive.com mengutip Arief, bendera itu Uus beli di Facebook.

Ada pun bentuk visual yang kerap dianggap sebagai logo HTI adalah gambar bendera di atas tulisan Hizbut Tahrir Indonesia. Lihatlah foto di kantor HTI, Tebet, Jakarta Selatan.
Kesimpangsiuran bendera HTI


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...an-bendera-hti

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Kesimpangsiuran bendera HTI Lion Air JT610 jatuh di Karawang

- Kesimpangsiuran bendera HTI Hari ini IHSG anjlok, minus 0,52 persen

- Kesimpangsiuran bendera HTI Pengakuan Zumi Zola seret anggota DPRD Jambi



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di