alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
10 Tahun Berkarir, Ini 12 Lagu IU yang Meraih 'Perfect All Kill'
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd6ee515a5163a2628b457e/10-tahun-berkarir-ini-12-lagu-iu-yang-meraih-perfect-all-kill

10 Tahun Berkarir, Ini 12 Lagu IU yang Meraih 'Perfect All Kill'

10 Tahun Berkarir, Ini 12 Lagu IU yang Meraih 'Perfect All Kill'

Lee Ji Eun, atau yang lebih dikenal dengan nama IU adalah seorang solois muda dari Korea Selatan. IU memulai karirnya pada tahun 2008 dan pada tahun 2018 ini IU sedang merayakan anniversary yang ke-10 tahun sejak IU memulai debutnya di industri musik. 

IU adalah solois yang terkenal dengan suara yang merdu dan lagu-lagu yang enak untuk didengar. Tidak jarang lagu-lagu IU menempati posisi nomor 1 di beberapa tangga lagu musik di Korea Selatan.

Di Korea Selatan sendiri terdapat beberapa penilaian mengenai lagu, yang pertama adalah All Kill, yaitu ketika sebuah lagu menempati peringkat 1 di semua tangga lagu secara real time yang dihitung per-jam. Lalu yang kedua adalah Certified All Kill, yaitu ketika sebuah lagu menempati peringkat 1 di semua tangga lagu secara real time dan tangga lagu harian (daily chart). 

Sedangkan yang terakhir adalah Perfect All Kill, yaitu ketika sebuah lagu menempati peringkat atas, di semua tangga lagu, secara real timedaily chart, dan pada Instiz Weekly Totals, yang diperbarui per jam dengan menambahkan poin-poin per jam dari lagu tersebut menjadi poin kumulatif mingguan.

All KillCertified All Kill, dan Perfect All Kill dinilai berdasarkan peringkat Instiz yang memonitori Major Music Charts di Korea Selatan, mereka mengalokasi poin dan menyusun peringkat dari lagu-lagu tersebut. IU adalah penyanyi yang memiliki daftar lagu Perfect All Kill terbanyak di Korea Selatan, berikut adalah ulasannya.


1. Only I Didn't Know (2011)
10 Tahun Berkarir, Ini 12 Lagu IU yang Meraih 'Perfect All Kill'
Lagu Only I Didn't Know dirilis sebagai single berjudul Real+ dan didistribusikan oleh LOEN Entertainment pada 16 Februari 2011 dengan 3 buah lagu, yaitu Only I Didn't KnowCruel Fairytale, dan Only I Didn't Know with Kim Gwang Min. Single ini adalah lanjutan dari Extended Plays IU yang berjudul Real.

Penyanyi Lee Eun Mi dan K.Will pernah menyanyikan lagu ini masing-masing pada acara I'm A Singer dan Singer Game pada tahun 2013 dan 2014.

Selain meraih Perfect All Kill, lagu ini juga memenangkan Song of the Year - February pada ajang penghargaan 1st Gaon Chart K-Pop Awards dan mendapatkan nominasi Digital Bonsang pada ajang 26th Golden Disc Awards pada tahun 2012.


2. You and I (2011)
10 Tahun Berkarir, Ini 12 Lagu IU yang Meraih 'Perfect All Kill'
Lagu You and I adalah lagu utama dari album IU yang berjudul Last Fantasy yang rilis pada November 2011. Lagu ini memulai debutnya di puncak Gaon Singles Chart dengan penjualan digital minggu pertama yang besar, yaitu sebanyak 1.129.761 unit. You and I bertahan selama dua minggu dan juga mencapai posisi atas di Billboard Korea K-Pop Hot 100 selama lima minggu berturut-turut, menjadi lagu nomor satu terlama di tangga lagu.

Lagu ini mendapatkan enam nominasi di berbagai ajang penghargaan yaitu 1st Gaon Chart K-Pop Awards6th Cyworld Digital Music Awards4th Melon Music Awards, dan 14th Mnet Asian Music Awards dan memenangkan dua di antaranya. Selain di ajang penghargaan, lagu ini juga menempati posisi pertama di beberapa acara musik di Korea Selatan, seperti Music BankInkigayo, dan Music on Top.


3. The Red Shoes (2013)
10 Tahun Berkarir, Ini 12 Lagu IU yang Meraih 'Perfect All Kill'
Lagu The Red Shoes ini dirilis pada tanggal 8 Oktober 2013, bersamaan dengan albumnya yaitu Modern Times. Lagu ini terinspirasi dari dongeng dengan judul yang sama yang ditulis oleh penulis Denmark bernama Hans Christian Andersen.

Lagu ini mencapai nomor satu di Gaon Singles and Download Charts pada minggu ketiga bulan Oktober 2013. The Red Shoes juga menduduki puncak Billboard Korea K-Pop Hot 100 selama dua minggu berturut-turut. Lagu The Red Shoes adalah lagu digital terbesar ke-42 tahun 2013 di Korea Selatan. Hingga Maret 2014, telah terjual sekitar 1,2 juta salinan digital secara nasional.

The Red Shoes memenangkan Song of the Year - October pada ajang 3rd Gaon Chart K-Pop Awards dan mendapatkan nominasi BC - UnionPay Song of the Year dan Best Vocal Performance - Female pada ajang penghargaan 15th Mnet Asian Music Awards. Lagu ini juga memenangkan tempat pertama di beberapa acara musik seperti Show ChampionM Countdown, Music Bank, Show! Music Core, dan Inkigayo.


4. Friday feat. Jang Yi Jeong (2013)
10 Tahun Berkarir, Ini 12 Lagu IU yang Meraih 'Perfect All Kill'
Lagu berjudul Friday ini ditulis sendiri oleh IU sebagai lagu utama untuk album Modern Times Repackaged - Epilogue. Dalam lagu ini IU berkolaborasi dengan Jang Yi Jeong, seorang anggota dari boy group bernama History. Lagu ini dirilis pada 20 Desember 2013, dan video musiknya menyatukan kembali IU dan model Jang Ki Young, yang sebelumnya juga membintangi video musik The Red Shoes.

Lagu Friday juga mencapai posisi nomor satu di Gaon Singles and Download Charts dan menduduki puncak Billboard Korea K-Pop Hot 100 selama dua minggu berturut-turut. Tanpa promosi televisi, Friday memenangkan tempat pertama di acara musik InkigayoMusic Bank, dan Show! Music Core.

Meskipun dirilis pada tahun 2013, Friday adalah lagu digital dengan penjualan terbesar ke-enam tahun 2014 di Korea Selatan. Sejak dirilis, lagu tersebut telah terjual lebih dari 3.130 juta salinan digital, mengalahkan pendahulunya, The Red Shoes.

Friday mendapatkan 4 nominasi seperti Song of the Year dan Music Style Award - R&B/Ballad di 6th Melon Music Awards serta UnionPay Song of the Year dan Best Vocal Performance - Female di 16th Mnet Asian Music Awards.


5. My Old Story (2014)
10 Tahun Berkarir, Ini 12 Lagu IU yang Meraih 'Perfect All Kill'
Lagu My Old Story terdapat di dalam A Flower Bookmark, EP yang terdiri dari versi cover lagu-lagu nostalgia K-Pop yang dipopulerkan dari tahun 1980an hingga 1990an termasuk My Old Story yang dipopulerkan oleh Jo Deok Bae pada tahun 1985.

Lagu utama dari A Flower Bookmark adalah My Old Story dan Meaning of You. Lagu My Old Story mendapatkan nominasi Song of the Year - May pada ajang penghargaan 4th Gaon Chart Music Awards dan Digital Bonsang di 29th Golden Disc Awards.


6. Léon (2015)
10 Tahun Berkarir, Ini 12 Lagu IU yang Meraih 'Perfect All Kill'
IU dan Park Myung Soo tergabung dalam tim God-G dalam acara Infinite Challenge. Lagu ini ditulis oleh IU sebagai bagian dari misi di acara TV Infinite Challenge, di mana Park Myung Soo adalah anggota reguler. Dalam misi ini, para anggota Infinite Challenge berkolaborasi dengan penyanyi yang kemudian mereka ajak bersama di festival musik dua-tahunan Infinite Challenge.

Terinspirasi oleh Léon: The Professional, sebuah film populer pada tahun 1994, IU digambarkan sebagai ‘Mathilda‘, seorang gadis muda yang dilatih oleh ‘Léon‘, seorang pembunuh bayaran profesional.

Léon menduduki peringkat nomor 1 secara real time dan daily chart di tangga lagu MelOn, MnetBugs Olleh Music, Soribada, GenieNaver Music, dan monkey 3. Pada 25 dan 26 Agustus 2015, lagu ini mencapai Perfect All Kill.


7. Twenty-Three (2015)
10 Tahun Berkarir, Ini 12 Lagu IU yang Meraih 'Perfect All Kill'
Twenty-Three adalah lagu utama dari EP Chat-Shire oleh IU. Lagu ini menduduki puncak tangga lagu musik nasional. Lagu ini mencapai Perfect All Kill, sebagai lagu nomor 1 di semua situs musik utama Korea Selatan secara bersamaan.

Selain itu, lagu ini juga menduduki tempat pertama di acara musik Inkigayo dan Show! Music Core dan mendapatkan nominasi Beat Pop Song pada ajang penghargaan 13th Korean Music Awards pada tahun 2016.


8. Through the Night (2017)
10 Tahun Berkarir, Ini 12 Lagu IU yang Meraih 'Perfect All Kill'
Through the Night memulai debutnya di nomor dua di tangga lagu digital Gaon sebelum mencapai status nomor satu seminggu setelahnya. Hingga Oktober 2018, lebih dari satu tahun setelah dirilis, lagu ini tidak pernah keluar dari 100 lagu teratas tangga musik utama di Korea Selatan.

Lagu ini mendapatkan 8 nominasi dari beberapa ajang penghargaan seperti 7th Gaon Chart Music Awards32nd Golden Disc Awards15th Korean Music Awards9th MelOn Music Awards, dan 19th Mnet Asian Music Awards dan memenangkan 4 di antaranya. Selain itu, Through the Night juga menempati posisi pertama pada Inkigayo dan Show Champion.

Video musik lagu ini disutradarai oleh Lee Rae Kyung, dan merupakan video musik solois wanita Korea yang paling banyak ditonton di YouTube pada tahun 2017, setelah lagu IU lainnya dari album yang sama yaitu Palette. Secara lirik, lagu ini membahas kerinduan seseorang di kala malam. Menceritakan seseorang yang takut cintanya akan menghilang dan melalui lagu tersebut secara diam-diam dia mengakui cintanya dan berharap akan memimpikan sesuatu yang indah.


9. Can't Love You Anymore with Oh Hyuk (2017)
10 Tahun Berkarir, Ini 12 Lagu IU yang Meraih 'Perfect All Kill'
Can't Love You Anymore dirilis pada 7 April 2017 dan memulai debutnya di nomor tiga di Gaon Digital Chart, di bawah Through the Night. Lagu ini menjadi nomor satu di Korea Selatan pada minggu berikutnya. Lagu ini menampilkan penyanyi utama dari band Hyukoh yaitu Oh Hyuk karena IU mengagumi warna vokalnya.

Secara lirik, lagu ini membahas hubungan dua kekasih yang telah kehilangan api dalam hubungan mereka. Lagu ini menjelaskan bagaimana meskipun keduanya menyadari masalah ini, mereka berdua berusaha untuk tidak menghiraukannya.

Can't Love You Anymore adalah lagu kesembilan IU yang meraih Perfect All Kill, dan dicapai hanya dua minggu setelah Perfect All Kill untuk lagu Through the Night. Lagu ini juga menjadi lagu Perfect All Kill ketiga untuk Oh Hyuk.

Lagu ini mendapatkan nominasi Song of the Year - April di ajang penghargaan 7th Gaon Chart Music Awards serta nominasi Song of the Year dan Best Collaboration di ajang 19th Mnet Asian Music Awards.


10. Palette feat. G-Dragon (2017)
10 Tahun Berkarir, Ini 12 Lagu IU yang Meraih 'Perfect All Kill'
Palette menerima feedback positif dan melampaui semua situs musik utama di Korea Selatan. Video musik ini disutradarai oleh Lee Rae Kyung, dan merupakan video musik solois wanita Korea yang paling banyak ditonton di YouTube pada tahun 2017.

Secara lirik, lagu ini terasa seperti pernyataan mengenai siapa IU sebenarnya. Lagu ini menggambarkan bahwa sekarang, IU percaya diri dan meskipun dia masih memiliki pertanyaan tentang dirinya sendiri, dia setidaknya bergerak maju dengan keyakinan pada dirinya.

Majalah Billboard menempatkan Palette di nomor enam pada daftar Best K-Pop Songs of 2017. Majalah The New York Times menempatkan lagu tersebut pada daftar 25 Songs That Tell Us Where Music Is Going, menghargai kemampuan IU sebagai penyanyi serta penulis lagu.

Lagu ini memenangkan nominasi Song of the Year - April pada ajang 7th Gaon Chart Music Awards dan menempati posisi pertama pada acara musik M Countdown, Show! Music CoreInkigayoMusic Bank, dan Show Champion.


11. Autumn Morning (2017)
10 Tahun Berkarir, Ini 12 Lagu IU yang Meraih 'Perfect All Kill'
Autumn Morning memulai debutnya di nomor satu di tangga lagu digital Gaon, menjadi lagu nomor satu IU yang ke-17 di Korea Selatan. Lagu ini dirilis empat hari sebelum album A Flower Bookmark 2 dirilis, bertepatan dengan ulang tahun kesembilan IU di industri musik. A Flower Bookmark 2 terdiri dari versi cover lagu nostalgia K-Pop yang dipopulerkan dari tahun 1960-an hingga 2000-an, termasuk Autumn Morning yang dipopulerkan oleh Yang Hee Eun dan Lee Byung Woo pada tahun 1991.

Lagu Autumn Morning meraih status Perfect All Kill dua hari setelah rilis. Autumn Morning juga mendapatkan nominasi Song of the Year - September pada ajang penghargaan 7th Gaon Chart Music Awards.


12. Bbibbi (2018)
10 Tahun Berkarir, Ini 12 Lagu IU yang Meraih 'Perfect All Kill'
Bbibbi dirilis pada 10 Oktober 2018 dan menduduki semua tangga lagu utama di Korea Selatan, serta memecahkan rekor untuk lagu yang paling banyak didengarkan dalam 24 jam di layanan musik Melon, dengan 1,42 juta pendengar. Kemudian memulai debutnya di nomor satu di tangga lagu digital Gaon. Lagu ini dirilis untuk memperingati 10 tahun sejak debut IU pada 2008.

Lagu Bbibbi dianggap sebagai peringatan untuk para haters IU. Bbibbi mengacu pada pager dalam bahasa Korea, representasi dari suara yang dibuat pager sebelum orang meninggalkan pesan.

Lagu ini menempati posisi pertama pada acara musik Music BankInkigayo, dan Show! Music Core.


Sumber : https://www.idntimes.com/hype/entert...mpaign=network

---

Baca Juga :

- 10 Tahun Berkarir, Ini 12 Lagu IU yang Meraih 'Perfect All Kill' Foto Bareng Siwon Hingga Nick Jonas 10 Cerita Gaya Hits Afgan

- 10 Tahun Berkarir, Ini 12 Lagu IU yang Meraih 'Perfect All Kill' Berkarier 10 Tahun Ini Pengalaman Afgan Selama Konser

- 10 Tahun Berkarir, Ini 12 Lagu IU yang Meraih 'Perfect All Kill' Lagi PDKT Ini 10 Kriteria Cewek dan Artis Idaman Afgan



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di