alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Berita Luar Negeri /
Media Inggris: Khashoggi Punya Info Soal Senjata Kimia Saudi di Yaman
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd6e4dc925233c11a8b4569/media-inggris-khashoggi-punya-info-soal-senjata-kimia-saudi-di-yaman

Media Inggris: Khashoggi Punya Info Soal Senjata Kimia Saudi di Yaman

Media Inggris: Khashoggi Punya Info Soal Senjata Kimia Saudi di Yaman

Istanbul - Mendiang wartawan Arab Saudi, Jamal Khashoggi, dilaporkan akan mendapat bukti penting soal penggunaan senjata kimia oleh militer Saudi dalam konflik Yaman sesaat sebelum dia tewas dibunuh di Istanbul, Turki, awal Oktober lalu.

Hal itu dituturkan seorang sahabat Khashoggi seperti dikutip tabloid Inggris, The Sunday Express dan dilansir kantor berita Turki, Anadolu Agency, Senin (29/10/2018). Identitas sahabat Khashoggi ini tidak disebut lebih lanjut. The Sunday Express menyebutnya sebagai akademisi Timur Tengah.

Laporan The Sunday Express ini menyebut Khashoggi hendak mendapatkan 'bukti dokumenter' yang membuktikan klaim soal Saudi pernah menggunakan senjata kimia dalam konflik di Yaman. Diketahui bahwa Saudi menjalankan operasi militer melawan kelompok Houthi yang didukung Iran dalam konflik Yaman.

"Saya bertemu dengannya (Khashoggi-red) seminggu sebelum kematiannya. Dia tidak senang dan dia khawatir," sebut sahabat Khashoggi ini.

"Ketika saya bertanya kepadanya mengapa dia khawatir, dia tidak begitu ingin menjawab, tapi akhirnya dia memberitahu saja bahwa dia akan mendapatkan bukti bahwa Arab Saudi pernah menggunakan senjata kimia," ungkap sahabat Khashoggi tersebut seperti dikutip The Sunday Express.

"Dia (Khashoggi-red) mengatakan dirinya berharap dia akan mendapatkan bukti dokumenter," imbuhnya. "Yang bisa saya katakan kepada Anda adalah hal selanjutnya yang saya dengar, dia menghilang," ucap sahabat Khashoggi tersebut.


Disebutkan The Sunday Express dalam laporannya bahwa bulan lalu muncul klaim bahwa 'Saudi menggunakan amunisi fosforus putih yang disuplai AS terhadap tentara dan bahkan warga sipil di Yaman'. "Meskipun aturan menyatakan zat kimia itu mungkin saja digunakan untuk memberikan tabir asap (smokescreens), jika digunakan secara ilegal itu bisa membakar hingga ke tulang," sebut The Sunday Express dalam laporannya.

Dalam laporannya, The Sunday Express mengutip pakar perang kimia Kolonel Hamish de Bretton-Gordon yang menekankan bahwa 'tidak ada yang seefektif senjata kimia dalam membersihkan area-area perkotaan dari tentara dan warga sipil -- (Presiden Suriah Bashar) Assad pernah menggunakan fosforus untuk alasan ini'.

"Jika Khashoggi, faktanya, memiliki bukti bahwa Arab Saudi secara sengaja menyalahgunakan fosforus untuk alasan ini, tentu akan sangat mempermalukan rezim dan memberikan motif paling dekat soal mengapa Riyadh mengambil tindakan terhadapnya," sebut Bretton-Gordon.

Belum ada tanggapan resmi dari otoritas Saudi maupun Turki terhadap laporan ini.

Diketahui bahwa fosforus merupakan unsur kimia non-logam yang beracun dan mudah terbakar. Penggunaan fosforus putih dilarang di bawah Konvensi Jenewa, terutama terhadap warga sipil dan terhadap target-target militer yang sah di area-area dengan populasi mayoritas warga sipil.

sumur

Code:
https://news.detik.com/internasional/d-4278184/media-inggris-khashoggi-punya-info-soal-senjata-kimia-saudi-di-yaman


astajim ternyata oh ternyata emoticon-Matabelo
jangan2 yg fake chem attack disuriah oleh rebel dr ngarab sangudi emoticon-Matabelo
ya ya ya... sudah mati orangnya. Buktinya hilang dan Saudi tidak bisa dihukum atas perbuatannya.
Balasan post pafor2407
Quote:


yailah
saudi gak bisa dihukum selama majikannya simamarika melindungi

beda hal kalo rezim saud membangkang thdp washington
Pantea dibunuh, kalau cuma mengkritik sih gw rasa gak perlu sampai dsiksa dan dimutilasi
hmmm pikiranku kok jadi ke kasus syria
Diubah oleh ontapesek
Nah ... kan ane sudah yakin pasti ada informasi penting yang di pegang sama khassogi ini ...

Klu soal suka kritik kerajaan masa langsung di bunuh kejam begitu sampai di mutilasi katanya yah ...

Balasan post hebatpart20
Quote:


Kalau saudi kacung tidak nurut lagi ya bakal di Saddamkan seperti Irak.
Kan sudah jelas menggunakan senjata kimia. Dalih penyerangannya sudah ada. emoticon-Cool
Apakah ini yang menjadi motive pembunuhan berencana Khasoggi? Kira-kira apa menurut investigasi yang dilakukan Turkey dan Saudi Arabia..

emoticon-Angkat Beer


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di