alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Nostalgia, Ini 8 Film Sejarah-Kolosal Terbaik di Tahun 2000-an 
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd6dd31582b2e0f678b4572/nostalgia-ini-8-film-sejarah-kolosal-terbaik-di-tahun-2000-an

Nostalgia, Ini 8 Film Sejarah-Kolosal Terbaik di Tahun 2000-an 

Nostalgia, Ini 8 Film Sejarah-Kolosal Terbaik di Tahun 2000-an 

Film kolosal adalah film yang proses pembuatannya melibatkan orang dengan jumlah yang sangat banyak. Sebagian banyak orang yang terlibat hanya berperan sebagai figuran, karena pada dasarnya kolosal sendiri diartikan sebagai film yang diproduksi dengan dana tinggi dengan melibatkan banyak sekali pemain. Kebanyakan film kolosal identik dengan tema sejarah atau zaman kuno yang menyuguhkan adegan peperangan besar-besaran, walau tidak sedikit yang bertemakan fiksi atau adaptasi dari novel fiksi.

Walau menjanjikan, membuat film sejarah-kolosal nyatanya tidak mudah. Melirik ke dunia perfilman Hollywood, nampak sekali bahwa tidak semua sineas tertarik untuk mengangkat cerita semacam ini. Meskipun begitu bukan berarti tidak ada sineas yang berani membuat film sejarah-kolosal. Dari sekian film sejarah-kolosal terbaik, 8 film ini rilis di tahun 2000-an. Berikut daftarnya.


1. Gladiator (2000)
Nostalgia, Ini 8 Film Sejarah-Kolosal Terbaik di Tahun 2000-an 
Pada urutan pertama daftar ini ditempati oleh film arahan Ridley Scott, Gladiator. Film ini menceritakan perjuangan Maximus yang ingin menuntut balas atas kematian kelaurganya kepada Kaisar Commodus. Maximus yang kehilangan semua gelarnya setelah kematian Kaisar Roma sebelumnya, Marcus Aurelius, harus bertahan hidup sebagai Gladiator. Sinematografi yang ciamik dan akting yang apik dari para aktor sekelas Russel Crowe, Joaquin Phoenix, dan Connie Nielsen, membuat film ini ada di urutan ke-46 di IMDb Top 250 dan memenangkan 5 piala Oscar.


2. Troy (2004)
Nostalgia, Ini 8 Film Sejarah-Kolosal Terbaik di Tahun 2000-an 
Diangkat dari cerita klasik karya Homer, Iliad dan Odisseia, membuat Troy menjadi salah satu film sejarah-kolosal terbaik sepanjang masa. Film ini bercerita tentang konflik antara Yunani dan Troya setelah istri dari Raja Sparta, Helen, dibawa oleh pangeran Troya, Paris. Pertempuran yang luar biasa pun tak terelakkan di antara kedua belah pihak, mulai dari adu kekuatan, siasat, sampai harga diri.

Dalam film ini juga diperlihatkan kehebatan pahlawan legendaris asal Yunani, Akhilles, yang diperankan oleh Brad Pitt dan siasat kuda Troya yang dibuat oleh Odisseus. Selain Brad Pitt, Troy juga turut dibintangi oleh Eric Bana, Orlando Bloom, Diane Kruger, Brendan Gleeson, dan Sean Bean.


3. 300 (2006)
Nostalgia, Ini 8 Film Sejarah-Kolosal Terbaik di Tahun 2000-an 
Quote:
Kata-kata di atas mungkin akan selalu terngiang-ngiang di telinga kita, dan mengingatkan akan teriakan dari sang Raja Sparta, Leonidas. 300 memang menjadi salah satu film sejarah-kolosal paling epik dan diingat oleh para pecinta sinemas. Film ini bercerita tentang pertempuran Thermopylae antara pasukan Sparta dan pasukan Persia. Film yang rilis tahun 2006 ini mempunyai sekuel di tahun 2014 dengan judul 300: Rise of an Empire.

Disutaradai oleh Zack Synder dan diperankan oleh bintang-bintang Holywood seperti Gerard Butler, Lena Headey, David Wenham, Dominic West, Michael fassbender, sampai Rodrifo Santoro, tidak lengkap rasanya jika tidak memasukkan 300 ke dalam daftar ini.


4. Kingdom of Heaven (2005)
Nostalgia, Ini 8 Film Sejarah-Kolosal Terbaik di Tahun 2000-an 
Ridley Scott kembali menyutrai film sejarah-kolosal setelah mendapat kesuksesan di film Gladiator, kali ini ia mengambil tema Perang Salib. Kingdom of Heaven bercerita tentang Balian, seorang pandai besi dari Perancis yang hidupnya berubah drastis setelah mengetahui bahwa ayahnya adalah Baron di kota Jerussalem. Balian yang awalnya mencari pengampunan, mulai berperan sebagai bangsawan dan turut membantu Raja Baldwin IV mempertahankan kota suci tersebut dari konspirasi para ksatria templar.

FIlm ini dibintangi oleh Orlando Bloom, Eva Green, Liam Neeson, David Thewlis, Edward Norton, Marton Csokas, dan Jeremy Irons. Walau keakuratan sejarah dalam film ini banyak yang melenceng, Kingdom of Heaven tetap menarik untuk ditonton sebagai salah satu film sejarah-kolosal terbaik yang pernah dibuat.


5. The Last Samurai (2003)
Nostalgia, Ini 8 Film Sejarah-Kolosal Terbaik di Tahun 2000-an 
Jika biasanya Tom Cruise berperan sebagai mata-mata, maka di film ini Tom Cruise hadir dengan warna yang berbeda. The Last Samurai bercerita tentang mantan kapten perang Amerika, Nathan Algren (Tom Cruise) yang menerima tawaran untuk melatih pasukan Jepang untuk menumpas pemberontak dengan iming-iming gaji yang tinggi. Di tengah pertempuran Nathan tertangkap dan dibawa ke suatu desa oleh kubu pemberontak. Nathan yang selalu mengalami mimpi buruk karena pengalaman buruk di perang sebelumnya akhirnya mendapat pencerahan selama menjadi tawanan dan mulai mempelajari cara hidup samurai.

Pesan yang disampaikan dalam film ini direpretansikan dalam perjuangan dan semangat hidup samurai, dan menjadi bukti bahwa modernitas tak harus membuat kita lupa darimana kita berasal.


6. Red Cliff (2008)
Nostalgia, Ini 8 Film Sejarah-Kolosal Terbaik di Tahun 2000-an 
Red Cliff adalah karya luar biasa dari sutradara ternama John Woo yang menampilkan kisah Pertempuran Chibi sebelum masa Tiga Kerajaan.Red Cliff adalah film kolosal Mandarin terbaik karena mengambil jalan cerita yang berdasarkan pada fakta sejarah ketimbang karya sastra. Film ini memiliki durasi yang panjang karena menceritakan tentang sejarah itu sendiri, oleh karena itu John Woo terpaksa melanjutkan cerita pada film Red Cliff 2.

Film kolosal Mandarin yang bertemakan sejarah ini bercerita tentang penyerbuan yang dilakukan pasukan Kaisar Xian atas hasutan Cao Cao kepada Li Bei. Tanpa ada perlawanan berarti, pasukan Liu Bei banyak yang mati dan wilayahnya sudah porak poranda. Untungnya, Liu Bei berhasil melarikan diri bersama beberapa anak buahnya meskipun berhasil disusul oleh tentara Cao Cao. Pertempuran dua pasukan ini bertambah panjang ketika Zhang Fei datang bersama pasukannya untuk membantu Liu Bei yang sedang kesusahan.

Red Cliff merupakan film Asia yang termahal pada saat itu dan menghasilkan laba sebesar US$ 127 juta di Asia dan memecahkan rekor box office yang sebelumnya dipegang oleh film Titanic di Republik Rakyat Tiongkok.


7. Master and Commander: The Far Side of the World (2003)
Nostalgia, Ini 8 Film Sejarah-Kolosal Terbaik di Tahun 2000-an 
Master and Commander: The Far Side of the World mengambil kisah yang diangkat lewat seri novel karya Patrick O’Brian dengan latar belakang peperangan yang dipicu oleh Revolusi Perancis, atau Peperangan Napoleon. Master and Commander: The Far Side of The World bercerita tentang seorang kapten sebuah kapal pengawal Inggris, Jack Aubrey, yang berlayar pada bulan April 1805 dimana peperangan sedang berlangsung. Kapal yang mempunyai nama H.M.S. Surprise itu ditugasi untuk membuntuti, menangkap, sekaligus menghancurkan kapal perang Perancis, Acheron, yang ketika itu sedang berlayar menuju Lautan Pasifik.

Film ini tayang di tahun 2003 dan didapuk oleh dua piala Oscar untuk kategori sinematografi terbaik dan editing suara terbaik.


8. Pearl Harbor (2001)
Nostalgia, Ini 8 Film Sejarah-Kolosal Terbaik di Tahun 2000-an 
Pearl Harbor merupakan film yang mengisahkan peristiwa sejarah yang menimpa pangkalan perang Amerika Serikat akibat serangan yang dilancarkan oleh tentara Jepang. Pemeran utama dalam film ini adalah Ben Affleck, Alec Baldwin, Jon Voight, Kate Beckinsale, dan Josh Hartnett.

Film ini menggambarkan kejadian yang menimpa Pangkalan Militer Pearl Harbor secara dramatis. Perang mengerikan dalam Pearl Harbor dibalut dengan kisah cinta segitiga yang melibatkan hubungan persahabatan antar dua tokoh vital dalam film ini, Rafe McCawley dan Danny Walker. Di tengah kisah cinta yang cukup rumit antara ketiga tokoh di dalamnya, mereka harus mengesampingkan masalah tersebut demi membalaskan kematian banyak tentara yang tewas akibat pesawat Jepang secara mendadak datang menyerbu serta memborbardir pangkalan perang Pearl Harbor.

Berikut 8 film film sejarah-kolosal terbaik di tahun 2000-an. Ada favoritmu?


Sumber : https://www.idntimes.com/hype/throwb...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Nostalgia, Ini 8 Film Sejarah-Kolosal Terbaik di Tahun 2000-an  Momen di Film A Star is Born yang Akan Menginspirasimu Meraih Mimpi

- Nostalgia, Ini 8 Film Sejarah-Kolosal Terbaik di Tahun 2000-an  Jarang Diketahui Ini Fakta fakta Tentang Sejarah Sumpah Pemuda

- Nostalgia, Ini 8 Film Sejarah-Kolosal Terbaik di Tahun 2000-an  6 Film Duo Sahabat Sha Rukh Khan dan Karan Johar yang Sukses Habis

kingdom of heaven paporitqu emoticon-Cool


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di