alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
Ini Kata Menteri Rini Usai Kunjungi Kampung Malahing Bontang
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd6d8d15c77989f148b456e/ini-kata-menteri-rini-usai-kunjungi-kampung-malahing-bontang

Ini Kata Menteri Rini Usai Kunjungi Kampung Malahing Bontang

Ini Kata Menteri Rini Usai Kunjungi Kampung Malahing Bontang

JPP, BONTANG KALTIM - Di tengah padatnya kegiatan Rapat Koordinasi Badan Usaha Milik Negara (Rakor BUMN) 2018 di Bontang, Menteri BUMN Rini Soemarno mengunjungi Kampung Malahing dan Inkubator Bisnis Permata Bunda. Keduanya merupakan lokasi di mana PT Pupuk Indonesia (Persero) melalui entitas usahanya PT Pupuk Kaltim menjalankan program bina lingkungan dan Corporate Social Responsibility (CSR).

Kunjungan ini juga diikuti oleh jajaran eselon I Kementerian BUMN dan sejumlah Direktur Utama BUMN. Di Malahing, rombongan menyaksikan langsung kegiatan nelayan yang sedang memanen rumput laut, kegiatan belajar mengajar di SD Malahing, hingga meninjau kondisi kebutuhan dasar masyarakat setempat seperti air bersih, sanitasi dan kelistrikan.

“BUMN di sini hadir untuk melihat langsung kondisi perkampungan Malahing. Meski ada di tengah laut tapi kondisinya bersih, masyarakatnya hidup sehat dan kreatif, terlihat dari fisik rumah-rumahnya yang warna-warni,” kata Rini.

Ini Kata Menteri Rini Usai Kunjungi Kampung Malahing Bontang
Menteri BUMN Rini Soemarno mengunjungi inkubator bisnis Permata Bunda binaan PT Pupuk Kaltim di Bontang 29/10/2018 (Foto: Kementerian BUMN)Pada kunjungan ini, PT Pupuk Indonesia dan PT PLN (Persero) juga turut menyalurkan CSR untuk pengembangan kampung Malahing. PT Pupuk Indonesia menyalurkan Rp 1,42 miliar sebagai bantuan untuk pengembangan Malahing menjadi Kampung Ekowisata. Sementara PLN menyalurkan Rp 500 juta untuk pengadaan elektrifikasi, renovasi SD YPPI dan pembangunan rumah display produk unggulan Malahing.

Malahing merupakan sebuah perkampungan di atas laut Kota Bontang yang dahulu tak memiliki daya tarik, anak-anak mengalami kesulitan untuk mengakses sekolah ke darat, kurangngnya sarana dan prasarana yang mendukung seperti kebutuhan air bersih, listrik, toilet komunal, dan belum ada penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Belum lagi  pengetahuan dan kemampuan kerja warga yang juga sangat terbatas karena sebagian besar warga tidak tamat Sekolah Dasar (SD). 

Namun setelah masyarakatnya bersinergi dengan PT Pupuk Kaltim melalui program Better Living in Malahing, kini Kampung tersebut memiliki pesona tersendiri untuk harapan yang lebih baik sekitar 217 jiwa penduduk dengan 50 Kepala Keluarga. Output utama dari program BetterLiving in Malahing adalah menjadikan Malahing sebagai Kampung Konservasi Ekowisata Pesisir yang mandiri dan berkelanjutan.

Setelah mengunjungi Malahing, Menteri Rini beserta rombongan bertolak ke Inkubator Bisnis Permata Bunda, yang merupakan wadah bagi Anak Berkebutuhan Khusus (Disabilitas) agar dapat mempersiapkan kehidupan mandiri di masa mendatang. Program yang dijalankan dalam Inkubator Bisnis ini berdasar pada Sustainable Entrepreneurship Program for Disability, yakni pembekalan keterampilan Wirausaha secara menyeluruh dan berkesinambungan.

“Di sini saya melihat bagaimana BUMN berperan dalam menyiapkan adik-adik berkebutuhan khusus yang kreatif ini bisa produktif, memiliki percaya diri yang tinggi dan mendapatkan pendapatan mandiri. Senang sekali saya dengan inkubator bisnis ini, dan saya sangat bangga,” ujar Rini.

Pada kesempatan ini, PT Pupuk Indonesia pun kembali menyalurkan Rp 450 juta untuk pembangunan workshop Inkubator Bisnis dan fasilitas Kampung Berdaya Ramah Disabilitas. Adapun Himpunan Bank-bank Negara (Himbara) menyalurkan Rp 1 miliar untuk pembangunan destinasi ekowisata di Kelurahan Guntung, Bontang Utara, Kota Bontang. Serta PT Pegadaian (Persero) menyalurkan Rp 175 Juta untuk pembangunan sarana ibadah SD Aisyiyah Bontang.(bumn)


Sumber : https://jpp.go.id/humaniora/sosial-b...lahing-bontang

---

Kumpulan Berita Terkait HUMANIORA :

- Ini Kata Menteri Rini Usai Kunjungi Kampung Malahing Bontang Ini Capaian KUR untuk Kesejahteraan Nasional

- Ini Kata Menteri Rini Usai Kunjungi Kampung Malahing Bontang Kemandirian Ekonomi untuk Indonesia Maju

- Ini Kata Menteri Rini Usai Kunjungi Kampung Malahing Bontang Kemandirian Ekonomi untuk Indonesia Maju



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di