alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Pengakuan Zumi Zola seret anggota DPRD Jambi
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd6d8bc947868d6308b456b/pengakuan-zumi-zola-seret-anggota-dprd-jambi

Pengakuan Zumi Zola seret anggota DPRD Jambi

Pengakuan Zumi Zola seret anggota DPRD Jambi
Terdakwa kasus suap dan gratifikasi proyek-proyek di Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jambi, Zumi Zola memberikan keterangan kepada Jaksa Penuntut Umum pada sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (29/10/2018).
Kasus suap yang melibatkan Gubernur nonaktif Jambi, Zumi Zola terus mengarah ke rombongan anggota DPRD. Zumi mengakui pemberian uang ke anggota DPRD Jambi sebagai uang "ketok palu" APBD 2017 dan 2018.

Mantan politikus PAN itu pun mengaku bersalah kepada majelis hakim dalam sidang di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Senin (29/10/2018).

Zumi mengatakan pemberian uang ke anggota DPRD Jambi atas sepengetahuannya. "Setiap anggota minta Rp200 juta dan pimpinan minta lebih, ditambah ketua fraksi juga minta dalam jumlah besar," kata Zumi melalui Antaranews.

Zumi didakwa dalam dua kasus, yaitu gratifikasi dan suap terhadap anggota DPRD Jambi.

KPK menetapkan Zumi Zola sebagai tersangka sejak 2 Februari 2018 bersama Kepala Bidang Bina Marga Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jambi, Arfan.

Zumi diduga menerima gratifikasi Rp40,477 miliar ditambah $177,3 ribu AS (sekitar Rp2,594 miliar) serta $100 ribu Singapura (sekitar Rp1,067 miliar) sehingga totalnya mencapai Rp44,138 miliar dan mobil Alphard.

Status Zumi Zola bertambah setelah KPK kembali menetapkan Zumi sebagai tersangka pada Selasa (10/7/2018). Zumi didakwa menyuap 53 anggota DPRD Provinsi Jambi senilai total Rp16,5 miliar.

Dalam kasus suap uang ketok palu, Zumi menugaskan orang kepercayaannya untuk mengumpulkan uang dari para kontraktor yang mengerjakan proyek infrastruktur di Dinas PUPR Jambi. Semua penerimaan dan pemberian uang dari para kontraktor dilakukan atas persetujuan dirinya.

Dua perkara yang melibatkan Zumi itu merupakan pengembangan perkara kasus suap pengesahan Rancangan APBD Jambi 2018. KPK melakukan operasi tangkap tangan di Provinsi Jambi pada 28 November 2017.

KPK menetapkan empat tersangka, yaitu anggota DPRD Jambi dari Fraksi PAN 2014-2019 Supriono; Pelaksana tugas Sekretaris Daerah Provinsi Jambi Erwan Malik; Pelaksana tugas Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jambi Arfan; serta Asisten Daerah Bidang III Provinsi Jambi Saifuddin.

Penyidik KPK menyita Rp4,7 miliar. Jumlah itu baru sebagian dari total uang yang akan diberikan sebesar Rp6 miliar untuk memuluskan pengesahan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Provinsi Jambi Tahun Anggaran 2018.

Uang miliaran itu adalah "uang ketok" alias "uang pelicin" agar para anggota DPRD menghadiri rapat pengesahan RAPBD. Suap diberikan karena ada dugaan para wakil rakyat ini tidak akan menghadiri rapat untuk menghambat pengesahan.

Uang ketok itu diakui anggota DPRD dari Fraksi Golkar Mayloedin dalam sidang Senin (17/9/2018). Mayloedin mengatakan uang ketok palu sedianya sudah mengalir sejak 2009. Tradisi uang ketok palu itu, kata Mayloedin, tak pernah menjadi persoalan.

Dalam berita acara pemeriksaan (BAP) yang dibacakan jaksa KPK, Mayloedin disebut menerima uang dari Zumi Zola melalui anak buahnya. Mayloedin meyakini uang ketuk palu sudah pernah terjadi sebelumnya, sehingga sistem politik anggota dewan harus dibenahi.

Kebiasaan uang ketok palu pun diamini anggota DPRD dari Fraksi Partai Golkar M Juber. Menurut Juber, siapa pun gubernurnya, anggota Dewan akan meminta uang ketok kepada pihak eksekutif.

KPK telah memeriksa 48 anggota DPRD, namun Supriono yang menjadi tersangka. Kasus di Jambi pun bisa saja melebar seperti di Kota Malang sehingga menambah jajaran korupsi berjemaah di Indonesia.
Pengakuan Zumi Zola seret anggota DPRD Jambi


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...ota-dprd-jambi

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Pengakuan Zumi Zola seret anggota DPRD Jambi Oceana sorot penangkapan ikan ilegal dan sampah plastik di laut

- Pengakuan Zumi Zola seret anggota DPRD Jambi Lion Air JT610 jatuh di Karawang

- Pengakuan Zumi Zola seret anggota DPRD Jambi Mungkinkah Jokowi-Ma'ruf mencapai target suara 70 persen



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di