alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
Peringati Sumpah Pemuda ke-90, Teladani Komitmen Tokoh Pemuda 1928
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd6ce791a99757d598b456a/peringati-sumpah-pemuda-ke-90-teladani-komitmen-tokoh-pemuda-1928

Peringati Sumpah Pemuda ke-90, Teladani Komitmen Tokoh Pemuda 1928

Peringati Sumpah Pemuda ke-90, Teladani Komitmen Tokoh Pemuda 1928

JPP, JAKARTA - Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Kementerian Komunikasi dan Informatika (Balitbang SDM Kemkominfo) Basuki Yusuf Iskandar memimpin upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-90 di Halaman Upacara Kemkominfo, Jalan Medan Merdeka Barat 9, Jakarta, Senin (29/10/2018).

Pada kesempatan tersebut, Basuki membacakan amanat Menteri Pemuda dan Olah Raga Imam Nahrowi mengenai Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-90 dengan tema "Bangun Pemuda, Satukan Indonesia".

"Kita semua berutang budi kepada para tokoh pemuda tahun 1928 yang telah mendeklarasikan sumpah pemuda sehingga menjadi pelopor pemuda untuk membangun kesadaran kebangsaan Indonesia sekaligus komitmen menjaga persatuan dan kesatuan negeri ini. Komitmen kebangsaan mereka harus kita teladani untuk membangun bangsa, satukan Indonesia," ujarnya.

Menurut Basuki, dengan tema itulah, pembangunan kepemudaan dikembangkan untuk melahirkan generasi muda yang beriman, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, bertanggungjawab. Dengan tema yang sama pemuda diharapkan bisa memiliki daya saing, memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan, dan kebangsaan berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 dalam kerangka NKRI.

Dalam sambutannya, Menpora menilai pesatnya perkembangan teknologi informasi ibarat dua mata pisau. Satu sisi ia memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda kita untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing, namun pada sisi yang lain perkembangan ini mempunyai dampak negatif.

"Informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari hoaks, hate speech, pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dan terorisme juga masuk dengan mudahnya apabila kaum muda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan serta kedewasaan dalam berbangsa dan bernegara," ucapnya.

Menurut Imam Nahrowi, seperti yang dibacakan Basuki, Revolusi Mental yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo sangat relevan untuk mewujudkan pemuda yang maju.

"Ciri pemuda yang maju adalah pemuda berkarakter, berkapasitas dan berdaya saing. Oleh karena itu, revolusi mental harus dapat klita jadikan sebagai pemicu untuk mempercepat terwujudnya pemuda yang maju. Dengan mewujudkan pemuda yang maju berarti kita dapat menghasilkan bangsa yang hebat," jelasnya.

Selain itu, Menpora juga menyebutkan pemuda-pemuda hebat Indonesia telah lahir dan mampu berkompetisi di kancah Asia. Perhelatan Asian Games 2018, atlet-atlet muda Indonesia bersaing dengan bangsa-bangsa Asia, dan berhasil menduduki peringkat ke4, serta di ajang Asian Para Games 2018.

"Para Atlet kita berhasil menduduki peringkat ke-5. Ini adalah sejarah baru kebangkitan olahraga Indonesia. Serta harus dijadikan momentum untuk terus membangun optimisme pemuda Indonesia dengan bekerja keras mewujudkan prestasi di bidangnya," ungkapnya.

Tahun 2019 bangsa Indonesia akan menggelar hajat besar Pesta Demokrasi untuk memilih dan menentukan Pimpinan Nasional dan Daerah yaitu Pilpres, Pemilu Anggota Legislatif baik DPR RI, DPD RI, DPRD I dan DPRD II.

"Untuk itu peran dan tanggungjawab pemuda dalam meyukseskan proses pemilihan umum nanti, amat sangat dibutuhkan. Partisipasi aktif pemuda dalam Pemilu 2019 perlu ditingkatkan untuk mewujudkan pemilu yang damai, kredibel, dan berkualitas," tutur Imam Nahrowi dalam sambutan. (kom/nbh)


Sumber : https://jpp.go.id/24-nasional/326839...oh-pemuda-1928

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Peringati Sumpah Pemuda ke-90, Teladani Komitmen Tokoh Pemuda 1928 PUPR Komitmen Tingkatkan Kualitas Lingkungan Permukiman KSPN Prioritas

- Peringati Sumpah Pemuda ke-90, Teladani Komitmen Tokoh Pemuda 1928 Menko Puan: Indonesia Komit Hilangkan TB

- Peringati Sumpah Pemuda ke-90, Teladani Komitmen Tokoh Pemuda 1928 Menteri Pertanian Bersama 6 Organisasi Pemuda Islam Tanam Jagung 5.000 Ha



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di