alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
Mendagri: Tingkatkan Kinerja Pengelolaan Perbatasan Negara melalui KISS
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd6ce6fd675d4147e8b4582/mendagri-tingkatkan-kinerja-pengelolaan-perbatasan-negara-melalui-kiss

Mendagri: Tingkatkan Kinerja Pengelolaan Perbatasan Negara melalui KISS

Mendagri: Tingkatkan Kinerja Pengelolaan Perbatasan Negara melalui KISS

JPP, MANADO - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo selaku Kepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) menaruh harapan besar adanya peningkatan signifikan terhadap kinerja pengelolaan perbatasan.

Demikian disampaikan Mendagri dalam Rapat Koordinasi Pengendalian dan Pembangunan Perbatasan Negara Tahun 2018, di Kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut), Sabtu (27/10/2018).

Menurut Mendagri, Rapat Koordinasi BNPP tahun 2018 kali ini untuk mengevaluasi kinerja pelaksanaan Rencana Induk Pengelolaan Perbatasan 2015-2019. Kemudian hasil evaluasi dan pengendalian akan digunakan sebagai bahan masukan bagi penyusunan rancangan awal yang bersifat teknokratik bagi Rencana Induk 2020-2024.

Mendagri menegaskan, kata kunci dari peningkatan kinerja para pihak dalam pengelolaan perbatasan adalah koordinasi, integrasi, sinkronisasi dan sinergitas (KISS).

 

Dalam upaya mewujudkan kawasan perbatasan sebagai halaman dan beranda depan negara, sekaligus pintu gerbang perdagangan dengan negara tetangga, Mendagri menjelaskan, sasaran program Pengelolaan Perbatasan Negara, yaitu percepatan penyelesaian dan penegasan batas wilayah Negara.

”Selanjutnya, pembangunan sarana prasarana sosial dasar, pembangunan sarana prasarana perekonomian sektor unggulan, pembangunan sarana prasarana kewilayahan, serta pembangunan sarana prasarana pendukung strategis,” ulas Tjahjo.

Sedangkan mengenai program pengelolaan batas wilayah negara yang meliputi darat, laut dan udara, lanjut Mendagri, harus didukung dengan program pembangunan kawasannya dalam aspek: penyelesaian tata ruang; pemenuhan kebutuhan sosial dasar; kedaulatan pangan; kedaulatan energi; pembangunan perekonomian; konektivita; pembangunan sarana prasarana pemerintahan

Mendagri memaparkan Program Pengelolaan Lintas Batas Negara. “Telah dilakukan pembangunan 7 PLBN terpadu, pengembangan tahap II 7 PLBN terpadu berupa pembangunan infrastruktur pendukung pelayanan lintas batas negara dan aktifitas ekonomi masyarakat; serta penyiapan masterplan pembangunan 11 PLBN yang saat ini masih sedang disiapkan Inpresnya,” papar Tjahjo.

Berbagai capaian yang menjadi komitmen Presiden Joko Widodo (Jokowi) antara lain mengubah wajah perbatasan. Menurut catatan BNPP, telah dibangun 7 PLBN dari 187 kecamatan. Jumlah tersebut tentunya akan terus bertambah seiring dengan langkah bersama yang dilakukan BNPP dan 17 kementerian/lembaga terkait.

“Selama 3 Tahun, sudah 7 PLBN yang dibangun dari total 187 kecamatan yang ada. Ini merupakan kolaborasi yang solid antar 17 kementerian/lembaga yang ikut terlibat,” ungkap Tjahjo. (dgr/nbh)


Sumber : https://jpp.go.id/nasional/perbatasa...a-melalui-kiss

---

Kumpulan Berita Terkait NASIONAL :

- Mendagri: Tingkatkan Kinerja Pengelolaan Perbatasan Negara melalui KISS Tingkatkan Kesejahteraan Nelayan, Pemerintah Bagikan 585 Paket Konkit di Pesisir Selatan

- Mendagri: Tingkatkan Kinerja Pengelolaan Perbatasan Negara melalui KISS Empat Tahun Jokowi-JK, Susun Langkah Strategis Kebudayaan Nasional

- Mendagri: Tingkatkan Kinerja Pengelolaan Perbatasan Negara melalui KISS Empat Tahun Jokowi-JK, Jumlah Perkara Hukum yang Ditangani Polri Menurun



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di