alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Serangan Israel dan guncangan Rumah Sakit Indonesia di Gaza
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd6a785902cfe2b608b4574/serangan-israel-dan-guncangan-rumah-sakit-indonesia-di-gaza

Serangan Israel dan guncangan Rumah Sakit Indonesia di Gaza

Serangan Israel dan guncangan Rumah Sakit Indonesia di Gaza
Warga Palestina melemparkan batu ke arah pasukan Israel di jalur Gaza, 26 Oktober 2018.
Konflik Palestina-Israel di jalur Gaza seakan tak pernah mencapai ujungnya. Konfrontasi Palestina-Israel berlanjut dan kian memanas pada Jumat (26/10/10/2018) dan Sabtu (27/10/2018) ketika jet tempur Israel membombardir sejumlah target di Gaza.

Serangan yang disebut-sebut untuk membalas serangan roket Hamas ke Israel itu menyebabkan Rumah Sakit Indonesia di Gaza rusak.

Indonesia mengecam keras serangan ke Rumah Sakit Indonesia di Jalur Gaza Palestina yang mengakibatkan kerusakan pada sejumlah bagian rumah sakit itu.

"Ya kami tahu, RS itu rusak dan Indonesia mengecam keras serangan Israel pada 27 Oktober," kata Presiden Joko Widodo melalui Antaranews.

Presiden Jokowi menyebutkan serangan itu tidak hanya menyebabkan RS rusak tetapi juga wilayah di sekitarnya. Jokowi mengatakan Indonesia akan selalu berada di belakang Palestina dalam memperjuangkan kemerdekaannya dan tidak ada kata mundur.

Pembangunan Rumah Sakit Indonesia di Gaza berawal dari misi tim bantuan kemanusiaan Indonesia yang membawa bantuan obat-obatan dari pemerintah dan rakyat Indonesia untuk warga Gaza, Palestina, akhir 2008 hingga awal 2009. Rumah sakit ini berdiri di Bayt Lahiya, Gaza Utara.

Serangan Israel telah menyebabkan beberapa bagian Rumah Sakit Indonesia di Jalur Gaza, Palestina, mengalami kerusakan.

Manajer Operasional Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) Indonesia, Rima Manzanaris, mengatakan bahwa pesawat tempur Israel mengirim tidak kurang dari lima roket yang jatuh tidak jauh dari lokasi RS Indonesia.

Reza Aldilla Kurniawan, relawan MER-C di Gaza melaporkan bahwa pesawat tempur F16 Israel mengirim tidak kurang dari lima roket yang jatuh tidak jauh dari lokasi RS Indonesia.

Dentuman keras kelima roket tersebut menyebabkan guncangan keras di area sekitar, bahkan mengakibatkan kerusakan di beberapa bagian RS Indonesia. Ruangan yang mengalami kerusakan di antaranya ruangan kantor administrasi, toilet, koridor, ICU, dan lainnya.

Reza yang saat itu berada di dalam bangunan Wisma Rakyat Indonesia yang terletak di belakang RS Indonesia mengatakan guncangan terasa besar sekali.

"Guncangan besar sekali, debu-debu jatuh dari atap. Saya langsung keluar dari wisma dan melihat kondisi Rumah Sakit Indonesia mengalami kerusakan di beberapa bagian," kata Reza dalam keterangan tertulis Mer-c.

Pasien-pasien rumah sakit pun kemudian dipindahkan dan ditempatkan di lorong-lorong yang aman bagi keselamatan mereka.

Pada Senin (29/10/2018), situasi di Rumah Sakit Indonesia berangsur normal, pasien yang sempat diungsikan dikembalikan ke kamar masing-masing.

"Tidak ada korban dalam serangan udara Israel ini, namun kerusakan materi sangat besar melihat jumlah roket yang diluncurkan mencapai 100 roket lebih," kata Muhammad Hussein, relawan Indonesia di Gaza dilansir BBC Indonesia.

Meski di rumah sakit Indonesia tak ada korban jiwa, serangan udara Israel dikabarkan menewaskan tiga remaja Palestina usia 13-14 tahun.

Dilaporkan Aljazeera, Ashraf al-Qidra, juru bicara kementerian kesehatan, mengatakan ambulans membawa mayat ketiganya ke Rumah Sakit Martir Al-Aqsa di Deir al-Balah di Jalur Gaza tengah.

Tewasnya tiga remaja itu kembali memanaskan suasana. Ratusan orang Palestina melakukan demonstrasi.

Dalam sebuah pernyataan, dikutip Haaretz, militer Israel mengatakan pesawatnya menembaki tiga warga Palestina yang mendekati pagar dan diduga membawa alat peledak.
(function(d, s, id) { var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0]; if (d.getElementById(id)) return; js = d.createElement(s); js.id = id; js.src = "//connect.facebook.net/en_US/sdk.js#xfbml=1&version=v2.6&appId=1643543942554049"; fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);}(document, 'script', 'facebook-jssdk'));Serangan Israel dan guncangan Rumah Sakit Indonesia di Gaza


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...onesia-di-gaza

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Serangan Israel dan guncangan Rumah Sakit Indonesia di Gaza Lion Air JT 610 jatuh di Karawang

- Serangan Israel dan guncangan Rumah Sakit Indonesia di Gaza Cirebon waspada strok sebagai penyakit mematikan nomor dua

- Serangan Israel dan guncangan Rumah Sakit Indonesia di Gaza Hujan batalkan peringatan Sumpah Pemuda di Bogor



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di