alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Makna Sumpah Pemuda yang Harus Di Tanamkan di Jaman Sekarang
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd69f9dde2cf24e748b4572/makna-sumpah-pemuda-yang-harus-di-tanamkan-di-jaman-sekarang

Makna Sumpah Pemuda yang Harus Di Tanamkan di Jaman Sekarang

Selamat datang di trit ane gan emoticon-Smilie

Makna Sumpah Pemuda yang Harus Di Tanamkan di Jaman Sekarang

Sebelumya ane ingin mengucapkan selamat hari sumpah pemuda gan tanggal 28 oktober kemaren, semoga hari sumpah pemuda ini tidak hanya kita peringati setiap tahun sekali tapi juga bisa memberikan hal-hal positif untuk kita semua sebagai warga negara yang baik. Sumpah pemuda lahir tanggal 28 Oktober 1928 yang dimana di sana berkumpul para pemuda dari berbagai etnis dan kalangan, ras suku dan budaya demi persatuan dan kesatuan bangsa ini dari sabang sampai merauke. Ya memang di tahun 1928 negara kita ini belum tetapi pada saat itu para pemuda terus berjuang demi kemerdekaan negara kita.

Tak terasa sudah 90 tahun sumpah pemuda lahir, lalu pertanyaannya apakah kita para pemuda masa kini dapat memahami maknanya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara ini? apalagi pemuda dan pemudi jaman sekarang dengan jaman yang semakin modern dan maju, mungkin formalitas saja bagi mereka memperingati hari sumpah pemuda tanpa peduli makna yang terkandung di dalamnya.

Sebelumnya ane mau sebutin isi dari sumpah pemuda yang saya yakin agan semua sudah tau,

1. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia
2. Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
3. Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Itulah 3 butir isi dari sumpah pemuda, bahkan dengan lantang kita sering mengucapkannya dan mungkin sebagian orang bahkan lebih tau apa makna dari isinya, tapi benarkah kita benar-benar bisa mempraktekannya dalam kehidupan kita berbangsa dan bernegara?

Makna yang ane ambil dari 3 butir isi di atas bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia. berbangsa yang satu, bangsa Indonesia. bahasa persatuan, bahasa Indonesia adalah kita berada di tanah yang sama tanah ibu pertiwi, dan dimanapun tanah tempat kira berpijak di bumi pertiwi ini adalah kita satu tanah indonesia. Lalu kita adalah bangsa yang satu bangsa indonesia, perdebatan dalam perbedaan itu adalah suatu yang biasa dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, lalu kenapa kita yang satu bangsa ini harus saling menjatuhkan, bukan saling support? lihat di jaman sekarang, semakin banyak pemuda yang hilang akal ketika beradu pendapat bahkan saling menjatuhkan, hoak dimana-mana, adu domba pun tak terelakan, lalu dimana letak satu bangsa indonesia di hati kita jika perbedaan bukan menyatukan tapi memisahkan? dan terakhir adalah bahasa persatuan, dimanapun kita berada, begitu banyak bahasa di setiap daerah di indonesia, setiap suku berbeda bahasa tetapi tetap kita kita yang berbeda-beda suku ini bisa dipersatukan melaui bahasa yaitu bahasa indonesia., tidak ada yang menghambat kita dalam berkomunikasi karena kita berbahasa satu bahasa indonesia.

Jadi agan-agan semua kaskuser, maap kalo trit ane ini terlihat ribet dan bikin puyeng, hehehe. Tapi inti dari yang ane sampaikan adalah tanamkan 3 butir isi dari sumpah pemuda di hati kita semua dan jalankan di kehidupan kita dalam berbangsa dan bernegara. Perbedaan itu indah teman, jangan jadikan perbedaan membuat kita terpecah belah, jadikanlah perbedaan ini membuat bangsa kita menjadi bangsa yang kuat dan bermartabat dengan rakyat berjiwa nasionalisme. emoticon-Merdeka

Semoga bermanfaat ya gan, salam dari ane raffaonyou emoticon-Smilie emoticon-I Love Indonesia
Pertamax hanya buat TS


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di