alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Istighotsah Kubro NU: Kita Wajib Menjaga Indonesia
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd69cadd675d4932c8b457d/istighotsah-kubro-nu-kita-wajib-menjaga-indonesia

Istighotsah Kubro NU: Kita Wajib Menjaga Indonesia

Istighotsah Kubro NU: Kita Wajib Menjaga Indonesia






Koran Sulindo – Istighotsah Kubro yang diselenggarakan Nahdlatul Ulama Jawa Timur adalah keberpihakan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Istighotsah Kubro itu dihadiri sekitar 1 juta orang.


“Kita sama-sama tahu bahwa ulama, kiai dan santri yang punya andil besar bagi kemerdekaan Indonesia,” kata Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur, KH Marzuki Mustamar, dalam sambutan pada kegiatan yang diselenggarakan di Gelora Delta Sidoarjo itu, Minggu (28/10/2018), seperti dikutip nu.or.id.

Menurut Kiai Marzuki, saat tentara belum ada, Pangeran Diponegoro melawan penjajah; sebelum Indonesia diproklamirkan, Hadratus Syaikh KH M Hasyim Asy’ari telah mendirikan pasukan yang terdiri dari para santri. Dan itu pula yang menyemangati Arek-arek Suroboyo sehingga meletuslah perang 10 Nopember 1945.

“Dengan demikian, Indonesia adalah warisan para kiai. Kita wajib membela NKRI karena ini jasa para ulama, menjaga negeri adalah menyelamatkan Indonesia,” katanya.

Sebelumnya, KH Marzuki mengajak sejuta orang yang hadir pada Istighotsah Kubra itu membacakan Shalawat Asyghil bersama-sama. Melalui shalawat itu, Kiai Marzuki mengajak umat Islam untuk memohon kepada Allah, berkat syafaat Nabi Muhammad agar orang yang berbuat zalim kepada Islam, negara Indonesia, kalangan Ahlussunah wal Jamaah NU, mendapatkan kezaliman dari orang yang zalim juga.

Kiai Marzuki mengajak kepada para jamaah agar permohonan itu juga berlaku kepada umat Islam di seluruh dunia yang saat ini tengah dizalimi orang zalim seperti di Yaman, Suriah, Irak dan negara-negara lain.

“Mugo-mugo mereka tukaran sak karepe. Mugo-mugo mereka tukaran sak karepe. Mugo-mugo mereka tukaran sak karepe, (Semoga orang-orang zalim bermusuhan dengan orang zalim juga semau-maunya mereka),” kata Kiai Marzuki, yang diamini jamaah.

Sedangkan Mustasyar PBNU yang juga calon wakil presiden, KH Ma’ruf Amin mengatakan santri memiliki karakter himayatud din (menjaga agama) dan himayatud daulah (menjaga negara). Karena itulah, jika ada pihak yang mengganggu agama dan negara Indonesia akan berhadapan dengan para santri.

“Jika santri dulu, Hadratussyekh KH Hasyim Asy’ari mengusir penjajah, sekarang mengusir sepratis, bughat (pembangkang), wajib diperangi. Juga kalangan radikalisme dan teroris yang akan menghancurkan NKRI. NKRI adalah harga mati!” kata Ma’ruf.

Para santri tidak akan membiarkan orang yang akan menyingkirkan agama dan negara Indonesia.
“Itulah kenapa Jokowi memilih santri,” katanya.

Menurut Kiai Ma’ruf, bisa saja Jokowi memilih politisi, ekonom, atau kalangan lain, tapi dia memilih santri. Sementara dirinya, menerima pinangan jadi cawapres atas persetujuan para kiai.

Penerimaan dia menjadi cawapres digunjing orang terkait usia. Padahal menurut organisasi kesehatan dunia (WHO), orang disebut tua kalau sudah berusia 80 tahun.

“Saya ini baru berusia 57, tapi kebalik,” katanya disambut tepuk tangan dan tawa ratusan ribu jamaah yang memenuhi lapangan dan luber hingga keluar.

Kalaupun disebut tua, Kiai Ma’ruf mengaku sdang menanam pohon. Ia bisa saja tidak akan menikmati buahnya. Bukan untuk diri saya, tetapi untuk generasi setelah saya, bersama Pak Jokowi,” kata Ma’ruf.
Ma’ruf juga mengajak jamaah menyadari tantangan santri saat ini.

“Dulu kita berhadapan dengan penjajah dan saat ini yang menjadi tantangan bagi santri zaman now adalah separatisme dan radikalisme. Separatisme adalah bughat, sedangkan gerakan radikal dan teror akan mengancam keberadaan NKRI,” kata Ma’ruf.

Bagi Kiai Ma’ruf Amin, hari santri yang telah ditetapkan pemerintah sebagai tantangan agar bisa membaca kitab mu’tabar.

“Juga membaca huruf-huruf Allah yang termaktub dalam tatanan bangsa dan negara,” kata Kiai Ma’ruf.

Sumpah Pemuda Nafas Santri












BACA SELENGKAPNYA : https://koransulindo.com/istighotsah...aga-indonesia/

rapatkan barisan
jangan mudah terprovokasi
ini luar biasa Istighotsah Kubro. emoticon-Cool
1 juta orang. Wow
Bersyukurlah masih ada NU di Indonesia ...
Setidaknya mayoritas masih ada yang menjaga keutuhan bangsa ....

NU adalah tembok yang tetap bisa menjaga agar Indonesia tidak seperti Suriah ...

Salam hormat dan salut ane untuk NU ...
Menjaga indonesia bukan cuman retorika pake acara kumpul2 hura2, lebih penting adalah aksi nyata, misal tidak memilih pemimpin goblog untuk indonesia, emoticon-Big Grin
kalah ama 212

7 juta
Haedar nashir

Quote:


Adhie M Masardie

Quote:


emoticon-Traveller
Indonesia Negeriku
Engkau Panji Martabatku emoticon-I Love Indonesia (S)
Yg bgini gk akan diliput, kecuali kalo isi khutbahnya teriak2 emoticon-Ngakak

Ulama sejati itu jaga negri 🙏
semua wni wajib jaga ini negara
Bapak2 TNI sdh bekerja dengan baik menjaga Indonesia
jaga keutuhan negara, jangan mau terprovokasi sama gerombolan yg suka "jualan agama" demi kepentingan pribadi emoticon-Hansip
Hti didukung prabowo.. hti membully nu ..payah bener wowo milih 10.000 hti dibanding 100.000.000 nu..hhh
harusnya ada Ulama yang bisa masuk ke parlemen
bukan cuma poliTIKUS aja yang ada...

gak usah ngikut negara sekuler...
agama dan negara pisah, lah ini emang negara mereka? yang notabene agama jadi guyonan disono


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di