alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Dari yang Lucu Sampai Mistis Ada! Inilah 6 Kesenian Daerah Jawa Timur
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd69aaad675d476758b4578/dari-yang-lucu-sampai-mistis-ada-inilah-6-kesenian-daerah-jawa-timur

Dari yang Lucu Sampai Mistis Ada! Inilah 6 Kesenian Daerah Jawa Timur

Dari yang Lucu Sampai Mistis Ada! Inilah 6 Kesenian Daerah Jawa Timur

Provinsi Jawa Timur dengan Ibu Kotanya Surabaya, memiliki wilayah administrasi yang mencakup 38 kabupaten dan kota. Provinsi Jawa Timur memiliki berbagai kesenian yang telah diakui secara nasional, termasuk beberapa di antaranya dipatenkan sebagai kekayaan-warisan budaya tak benda dari Indonesia.

Apa saja kesenian dari Jawa Timur yang perlu diketahui dan dilestarikan? Ini dia!


1. Kethoprak
Dari yang Lucu Sampai Mistis Ada! Inilah 6 Kesenian Daerah Jawa Timur
Meskipun diyakini sebagai seni yang berasal dari Jawa Tengah, tepatnya dari Surakarta, Kethoprak / Ketoprak juga ada di Provinsi Jawa Timur, terutama yang berada di daerah sub-etnis Mataraman. Nggak heran jika Magetan yang berada di perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah memiliki pertunjukan kesenian rakyat yang memukau ini.

Tema cerita dalam pertunjukan Ketoprak bervariasi, biasanya diambil dari cerita-cerita legenda atau sejarah Jawa sampai fiksi. Uniknya, tema cerita nggak pernah diambil dari repertoar cerita-cerita epik / epos seperti Mahabharata dan Ramayana.

Pada awalnya, pementasan Ketoprak diiringi lesung (tempat menumbuk padi) yang dipukul secara ritmik sebagai pembuka, ganti adegan dan penutup, sehingga dikenal sebagai Ketoprak Lesung. Dalam perkembangannya, Ketoprak kemudian menggunakan iringan gamelan Jawa.


2. Ludruk
Dari yang Lucu Sampai Mistis Ada! Inilah 6 Kesenian Daerah Jawa Timur
Ludruk adalah seni drama tradisional yang dipentaskan oleh kelompok kesenian yang dilakukan di atas panggung dengan mengambil cerita tentang kehidupan manusia sehari-hari kalangan wong cilik, perjuangan dan lain-lain serta diiringi gamelan untuk musiknya.

Ciri khas dari dialog / monolog Ludruk sifatnya menghibur dan membuat penonton tertawa terbahak-bahak serta menggunakan bahasa khas Surabaya, meskipun terkadang ada bintang tamu dari daerah lain dengan aksen berbeda yang unik.

Bahasa lugas yang digunakan dalam kesenian Ludruk membuatnya mudah diserap oleh kalangan non-intelek (pengemudi becak, sopir angkutan umum dan lain-lain).


3. Sendratari Giri Gora Dahuru Daha
Dari yang Lucu Sampai Mistis Ada! Inilah 6 Kesenian Daerah Jawa Timur
Ini merupakan salah satu sendratari yang berasal dari Provinsi Jawa Timur yang menceritakan kembali kisah dari Calon Arang. Calon Arang adalah kisah semi-historis yang berkembang di masyarakat Jawa dan Bali. Tarian ini mengambil latar belakang Kerajaan Kahuripan yang dipimpin oleh seorang raja bernama Airlangga.

Tari Giri Gora Dahuru Daha membutuhkan banyak penari untuk memainkan berbagai peran, seperti tokoh utama Calon Arang, Masyarakat Daha, Mpu Baradah, Raja Airlangga dan Ratna Manggali. Pakaiannya, secara umum menggunakan pakaian tradisional Jawa Timur dengan karakter berwarna cerah.

Musik pengiringnya menggunakan angklung paglag dan gamelan. Angklung Paglag yang asli dari Jawa Timur adalah alat musik tradisional sebagai hasil pengembangan angklung. Di sela-sela musik yang sedang dimainkan, ada orang yang bertugas menyanyikan lagu Jawa yang liriknya menggambarkan cerita yang sedang dipentaskan.

Dalam pementasannya, dimainkan dalam tiga segmen, yaitu keadaan awal Masyarakat Daha, datangnya teluh (ilmu hitam) dan penyelesaian oleh Mpu Baradah.


4. Singo Ulung
Dari yang Lucu Sampai Mistis Ada! Inilah 6 Kesenian Daerah Jawa Timur
Ini merupakan kesenian tari tradisional dari Bondowoso yang menggunakan barongan. Tari tradisional ini diciptakan oleh seseorang bernama Kiai Singo Wulu, di mana beliau begitu dihormati karena kesaktiannya. Kiai Singo Wulu adalah pendatang dari Ponorogo yang merupakan masih keturunan dari kerabat Bupati Ponorogo, Batoro Katong.

Tokoh-tokoh yang diperankan adalah Kiai sebagai Kiai Singo Wulu. Singo Ulung sebagai perwujudan Kiai Singo Wulu yang menjadi harimau putih. Panji menggambarkan Jasiman, sang penguasa wilayah. Dua orang yang berkelahi pakai rotan, representasi pertarungan Jasiman dengan Kiai Singo Wulu. Penari Perempuan sebagai istri Kiai Singo Wulu.

Di berbagai sanggar kesenian memiliki persepsi sendiri untuk mementaskan kesenian ini. Misalnya, seperti masih digunakannya Bahasa Jawa dan pakaian warok pada kesenian Singo Ulung. Di sanggar lainnya ada yang menggunakan bahasa dan pakaian Madura.


5. Tari Bedoyo Wulandaru
Dari yang Lucu Sampai Mistis Ada! Inilah 6 Kesenian Daerah Jawa Timur
Berasal dari Blambangan, Jawa Timur, tarian ini diciptakan untuk menyambut rombongan keluarga Prabu Hayam Wuruk serta Mahapatih Gajahmada. Tari Bedoyo Wulandaru merupakan ungkapan bahagia atas kedatangan tamu agung.

Wulandaru merupakan gabungan dari kata Wulan dan Ndaru. Wulan (bulan) bermakna menerangi kegelapan. Ndaru (bintang jatuh) dimaknai sebagai tanda keberuntungan. Bedoyo menunjukkan tari ini dibawakan oleh kaum wanita.

Gerakan dan musik dari tarian ini merupakan pengembangan dari tari gandrung dan musik sablang Banyuwangi. Dalam pementasannya, para penari membawa saweran yang berisi beras kuning dan logam benggol.


6. Tari Beskalan
Dari yang Lucu Sampai Mistis Ada! Inilah 6 Kesenian Daerah Jawa Timur
Tarian tradisional ini merupakan salah satu tarian selamat datang untuk tamu besar khas Malang, Jawa Timur. Tarian Beskalan ini juga sering dilakukan di pertunjukan Ludruk sebagai tari pembukaan setelah Tari Remo. Dan menurut beberapa sumber, Tari Beskalan pada awalnya merupakan bentuk tarian ritual yang dilakukan oleh masyarakat Malang pada zaman kuno ketika mereka akan membuka lahan atau membangun bangunan.

Tari ini biasanya dimainkan oleh empat penari wanita. Namun, pada acara-acara tertentu juga bisa dimainkan oleh dua orang, bahkan lebih dari empat orang. Para penari di kepalanya menggunakan sanggul yang dihiasi dengan cundhuk mentul. Kemudian, di bagian tubuh atas menggunakan kemben dan dikombinasikan dengan ilat-ilatan.

Untuk bagian tubuh bawah, menggunakan celana panjang sampai lutut dan kain tambahan di bagian depan-belakang yang sejajar dengan celana untuk panjangnya. Sedangkan di bagian kaki menggunakan gongseng dan kaus kaki putih. Selendang nggak lupa ada di bahu sebagai atribut untuk menari.

Gerakan Tari Beskalan ini hampir sama dengan gerakan Tari Remo. Cuman, gerakan dalam tarian Beskalan lebih anggun, dinamis dan lincah. Jadi, lebih menggambarkan kecantikan dan kelincahan seorang wanita. Dalam pertunjukannya, Tari Beskalan juga diiringi oleh iringan musik tradisional seperti gamelan Jawa dengan laras slendro (ciri khas gamelan di Jawa Timur), jidor dan kendang.


Sumber : https://www.idntimes.com/hype/fun-fa...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Dari yang Lucu Sampai Mistis Ada! Inilah 6 Kesenian Daerah Jawa Timur Jembatan Suramadu Gratis Jokowi Jangan Dikaitkan dengan Politik

- Dari yang Lucu Sampai Mistis Ada! Inilah 6 Kesenian Daerah Jawa Timur 5 Kawasan Pelestarian Alam yang Jadi Spot Rekreasi Terpopuler di Jatim

- Dari yang Lucu Sampai Mistis Ada! Inilah 6 Kesenian Daerah Jawa Timur 7 Makanan Khas Jawa Timur yang Kelezatannya Tiada Tara Dijamin Nagih



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di