alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Horas! Stream Gaming Community, Komunitas Esports Asal Sumatera Utara
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd688301a9975f3128b4567/horas-stream-gaming-community-komunitas-esports-asal-sumatera-utara

Horas! Stream Gaming Community, Komunitas Esports Asal Sumatera Utara

Horas! Stream Gaming Community, Komunitas Esports Asal Sumatera Utara


Horas ahoy menjuah-juah, salam khas Medan ini sudah menggelora di Tanah Air. Siapa tak kenal Medan? Ibu kota dari Sumatera Utara ini memiliki banyak keunikan tersendiri baik dari segi bahasa, makanan, dan juga tempat wisata lainnya.

Ada satu hal lagi yang mungkin belum dikenal oleh masyarakat luas. Ternyata di Medan sudah ada komunitas esports yang akhir-akhir ini hangat diperbincangkan.

Esports? Rasanya tidak perlu panjang kali lebar lagi untuk penjelasan satu ini karena Esportnesia sudah membahas hal ini pada artikel-artikel sebelumnya. Perlu diketahui bahwa Esportsnesia sekarang sudah memiliki berbagai artikel mengenai komunitas esports di Indonesia. Pada kesempatan kali ini, Esportsnesia berkesempatan untuk bercerita mengenai komunitas esports di Medan, Sumatera Utara.

Siapa mereka? Berikut ini cerita singkat nan menarik dari Stream Gaming Community.

Mengenal Stream Gaming Community

Bersama Esportsnesia, Max selaku Produser Stream dan juga merangkap sebagai sekretaris leSPA Sumut, menceritakan awal mula terbentuknya komunitas Stream Gaming di Medan. Bermula dari dibukanya Stream Net, Max yang bekerja sebagai panitia untuk event gaming di Stream secara tidak sengaja bertemu dengan Steve, owner Stream.

Pertemuan singkat tersebut ternyata memiliki alur pikiran yang sama. Bergerak dengan persamaan visi dan misi, mereka bertekad bulat untuk mengembangkan esports di tanah Medan. Tanpa menunggu waktu yang lama sebuah komunitas esports yang diberi nama Stream Gaming Community pun akhirnya terbentuk.

Stream Gaming Community dibentuk atas dasar sebuah keinginan untuk mengembangkan gamers yang ada di Medan dengan mengadakan event-event yang menarik dan memacu para gamers untuk lebih kompetitif di bidang esports.

Anggota Stream memiliki tujuan yang sama yakni keinginan untuk dapat mengembangkan Stream sebagai komunitas esports hingga eksistensinya terdengar ke mancanegara. Tidak hanya itu, mereka juga akan memeriahkan setiap agenda komunitas dengan membuat event yang lebih besar dan lebih menarik tentunya.

Visi dan misi Stream sendiri sangat mulia, “Sebenarnya Stream juga memiliki peranan sebagai penyedia lapangan pekerjaan untuk gamers ke depannya. Kami mempunyai warnet sebagai wadah dan juga manajemen event untuk mendapatkan penghasilan tambahan di samping untuk mengembangkan esports di Medan sendiri,” ujar Max kepada Esportsnesia.

Horas! Stream Gaming Community, Komunitas Esports Asal Sumatera Utara


Bagaimana? Sangat mulia, bukan? Walaupun kebanyakan orang mengatakan bahwa esports hanya main-main, tetapi tidak bagi komunitas Stream, mereka sudah memiliki planning untuk sedikit membantu menekan angka pengangguran di Medan.

Selain itu, komunitas Stream juga sebenarnya lebih dominan dengan event karena selain mengembangkan esports secara tidak langsung, Stream juga dapat meningkatkan skill anggota internalnya dan dapat membuka lapangan pekerjaan di bidang esports.

Kemudian, hal ini tentunya juga digunakan sebagai ajang promosi agar masyarakat menjadi terinformasi, khususnya para orang tua yang sering menganggap bahwa esports adalah kegiatan yang negatif. Selain bisa menghasilkan uang, komunitas ini juga dapat meningkatkan kreativitas dan daya kompetitif para remaja.

Kegiatan Stream Gaming Community


Dalam upaya mengembangkan esports di tanah Medan, Stream Gaming Community hadir dengan berbagai kegiatan yang meriah. Beberapa kegiatan menarik pernah dilaksanakan oleh komunitas ini, mulai dari event-event kecil hingga yang besar, seperti tournament dan gathering. Gambar di bawah merupakan contoh kegiatan turnamen yang pernah diadakan.

Setiap event yang diadakan oleh Stream para peserta selalu terlihat antusias menikmati jalannya cerita. Komunitas Stream selalu memperhatikan kenyamanan pemain, kemudian mereka juga selalu menyiapkan display tournament, live streaming, caster, dan juga dilengkapi dengan skema turnamen yang unik.

Tidak hanya itu, berikut ini adalah beberapa kegiatan yang diadakan oleh komunitas Stream.

Horas! Stream Gaming Community, Komunitas Esports Asal Sumatera Utara


GGWP (Game Generation We Play) di Bunkasai USU 2018. Festival kebudayaan Jepang yang rutin diadakan oleh mahasiswa Universitas Sumatra Utara di bulan Mei kemarin, dimeriahkan oleh Stream dengan diadakannya turnamen mobile esports dan juga pada platform PC.

Horas! Stream Gaming Community, Komunitas Esports Asal Sumatera Utara


Kemudian, komunitas ini juga ada event cafe seperti salah satunya Mobile Legends San Marco Cafe League and PUBG Mobile yang diadakan setiap sebulan sekali sejak bulan Maret tahun ini.

Tidak berhenti dari dua contoh kegiatan yang disebutkan di atas, masih banyak event-event lainnya yang pernah diadakan. Dalam perjalanannya merintis ekosistem esports di kota Medan, komunitas Stream dari awal pembentukannya hingga saat ini, sudah ada menjalin hubungan dengan IeSPA Sumut.

Perkembangan esports di kota Medan

Berdasarkan hasil interview, perkembangan esports di Medan sudah tergolong sangat besar, dan banyak juga pelaku esports di Medan dilirik oleh tim-tim besar Indonesia.

Namun sejauh ini, kontribusi pemerintah untuk memajukan esports di daerah luar pulau Jawa, seperti Medan masih terbilang kurang. Dari segi dana, tidak ada sama sekali. Walaupun demikian, masih ada bantuan berupa pemberian izin venue, keamanan, penyuluhan esports dan lain-lain.

Di sisi lain, respon masyarakat Medan terbilang positif bahkan mendukung sekali untuk berbagai kegiatan esports yang ada,

“Respon dari masyarakat bisa dibilang lebih mendukung dan positif dibandingkan dengan stigma buruk tentang esports,” ujar Max. Menurut penuturannya beberapa sekolah bahkan mulai mengadakan event esports yang artinya memberi dukungan untuk ikut mengembangkan esports.

Sumber : esportsnesia.com

Baca Juga Hot Thread lainnya seperti :
1. 3 Pelajaran Kehidupan dari PUBG
2. 5 Atlet Esports Indonesia yang Go International
3. 4 Alasan Mengapa Esports Adalah Olahraga
4. 4 Aksi Kemanusiaan di Esports
5. Perspektif: Esports dan Hak Kekayaan Intelektual
6. Melirik Kesuksesan Game Battle Royale
7. Apakah Kita Butuh Kompetisi Esports Khusus Perempuan?
8. Kesehatan: Kunci Karir Jangka Panjang Atlet Esports
9. Cerita Manis Vainglory Bekasi Community, Komunitas Esports Muda di Tanah Jawa
10. Keramahtamahan AOV Surabaya Community
11. Pantaskah Esports Menjadi Cabang Olahraga di Olimpiade?
12. 3 Alasan Mengapa Mobile Esports Menjadi Tren
13. Ada Apa dengan Genre Real-Time Strategy?
14. Seksisme Dalam Industri Video Game
15. Potret Industri Esports Indonesia (Bagian 1)
Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di