alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
57 Ribu Rumah Rusak Akibat Gempa di Lombok Utara, Pemda Percepat Bantuan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd683205a5163ab3f8b4568/57-ribu-rumah-rusak-akibat-gempa-di-lombok-utara-pemda-percepat-bantuan

57 Ribu Rumah Rusak Akibat Gempa di Lombok Utara, Pemda Percepat Bantuan

57 Ribu Rumah Rusak Akibat Gempa di Lombok Utara, Pemda Percepat Bantuan


LOMBOK UTARA - Sebagai daerah terparah terdampak bencana gempa bumi NTB Juli-Agustus lalu, Pemda Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB), terus berupaya melakukan percepatan proses rehabilitasi dan rekonstruksi di wilayahnya.

Bupati Lombok Utara Dr. H. Najmul Akhyar, bersama Sekda KLU Drs. H. Suardi, Assops Kogasgabpad Kolonel Inf Hengky Yuda S, Minggu (28/10), turun ke lapangan untuk mensosialisasikan tahap rehabilitasi dan rekonstruksi kepada 59 Kelompok Masyarakat (Pokmas) yang telah terbentuk di Desa Akar Akar, Lombok Utara.

Hadir dalam sosialisasi perwakilan BNPB, Kepala Pelaksanan BPBD NTB H. Muhamad Rum, Kadis Perkim NTB I.G. Bagus Sugiarta, Kepala BPBD KLU Iwan Maret Asmara, Kadis Lingkungan Hidup H. Rusdi, ST, beserta lainnya.

Dalam pertemuan tersebut, dipaparkan gambaran tentang pembangunan rumah tahan gempa.

Bupati Najmul mengapresiasi jajaran Pemerintah Desa, baik kades, kadus serta masyarakat dalam rangka mempercepat penanggulangan bencana pada tahap transisi ke pemulihan.

"Kades dan kadus beserta masyarakat telah membuat Pokmas. Hal ini menjadi contoh untuk desa lainnya di KLU, karena Desa Akar Akar telah membentuk 59 Pokmas," kata Bupati Najmul.

Sementara itu, Kades Akar Akar, Akarman S.Sos menyampaikan, perlunya mempercepat proses pemulihan untuk pembentukan Pokmas.

Kepala Desa pun memberikan hadiah kepada kadus yang terlebih dahulu dan paling cepat selesai membentuk Pokmas di Desa Akar Akar.

"Kami selalu sampaikan kepada kadus setiap hari senin, ketika upacara atau di tempat lain bahwa dalam rangka mempercepat proses pendataan rumah terdampak gempa bumi, kadus diminta turun langsung ke lapangan menemui masyarakat," imbuhnya.

Sementara itu, Assops Kogasgabpad Kolonel Inf Hengky Yuda S menyampaikan sesuai dengan amanat Undang-undang dan pesan Panglima TNI untuk membantu masyarakat di lapangan dalam hal pembangunan/pembuatan rumah.

"Kami selalu siap, ketika masyarakat ingin berdiskusi tentang rumah tahan gempa atau membantu masyarakat dalam hal menyiapkan kebutuhan bahan dan tenaga pendampingan pembangunan rumah. Intinya, masyarakat ikuti aturan dari pemerintah, kami siap membantu," tegasnya.

Untuk diketahui, Pemerintah Pusat memberikan bantuan dana stimulan rekosntruksi rumah rusak senilai Rp50 Juta untuk rusak berat, Rp25 juta untuk rusak sedang, dan Rp10 juta untuk rusak ringan.

Gempa bumi Juli-Agustus di NTB merusak lebih dari 57 ribu rumah penduduk di Kabupaten Lombok Utara.

Dari jumlah tersebut, sekitar 33 ribu rumah sudah diverifikasi dan menunggu proses masuknya bantuan. Sementara sisanya masih akan menyusul.

Namun hingga saat ini, baru sekitar 1.300 rumah penduduk di Lombok Utara sudah bisa mencairkan dana bantuan yang disalurkan melalui rekening BRI, karena sudah memiliki instrumen pendamping yakni Pokmas.

Pemda Lombok Utara terus mendorong terbentuknya Pokmas agar dana stimulan bisa segera dicairkan.

Sumber : http://www.kataknews.com/2018/10/pemda-lombok-utara-terus-dorong-pokmas.html


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di