alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Selamar Hari Bertukar Rasa Muda-Mudi Indonesia. Dapet Salam dari Kalijodo!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd67ea86208815a278b456b/selamar-hari-bertukar-rasa-muda-mudi-indonesia-dapet-salam-dari-kalijodo

Selamar Hari Bertukar Rasa Muda-Mudi Indonesia. Dapet Salam dari Kalijodo!

Selamar Hari Bertukar Rasa Muda-Mudi Indonesia. Dapet Salam dari Kalijodo!

Selamar Hari Bertukar Rasa Muda-Mudi Indonesia. Dapet Salam dari Kalijodo!

Selamar Hari Bertukar Rasa Muda-Mudi Indonesia. Dapet Salam dari Kalijodo!


@CERITAKITAUNTUKSELAMANYAemoticon-Malu

Quote:


Selamar Hari Bertukar Rasa Muda-Mudi Indonesia. Dapet Salam dari Kalijodo!

Katanya hari ini giliran kita mengerjai sang waktu. Tapi gak tau sih, semesta kadang suka bercanda.

Hai selamat pagi, kemaren kita merayakan satu momen penting dalam sejarah kehidupan negara kita. 90 tahun yang lalu para pemuda-pemudi bangsa berkumpul untuk berikrar dan mengikat janji kalau mereka satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa. Momen yang terjadi ini berperan besar dalam membakar semangat pemuda dizaman tadi untuk berjuang merebut kemerdekaan. Dan ya pada akhirnya kemerdekaan memang berhasil direbut, dan begini lah kondisi negara kita sekarang. Bebas dari penjajahan dan bisa berdiri diatas kakinya sendiri.

90 tahun berlalu. Momen bersejarah tadi diputuskan jadi salah satu hari besar negara kita untuk diperingati setiap tahunnya. Dan alasan ini lah yang bikin kita semua merayakan momen Sumpah pemuda di tanggal 28 Oktober kemarin. Perayaannya bisa dalam bentuk apa aja. Dan kebetulan tahun ini gw bisa ngerayain bareng temen-temen komunitas pemain skateboard di Kalijodo. Dan ini seru banget.

Selamar Hari Bertukar Rasa Muda-Mudi Indonesia. Dapet Salam dari Kalijodo!

Ngomongin tentang arti dari sumpah pemuda, buat gw hari perayaan sumpah pemuda itu adalah hari dimana para pemuda-pemudi negara kita saling berbagi rasa. Ya, kalian gak salah baca kok, saling berbagi rasa. Kenapa saling berbagi rasa? Satu jawabannya, terlalu banyak perbedaan latar belakang hidup diantara muda mudi negara kita, dan kita butuh satu hari khusus untuk menyatukan semuanya supaya bisa saling mengerti, memahami, dan pada akhirnya bisa saling berkerja sama untuk membangun negara kita ini.

Saling berbagi rasa ya, inget. Rasa yang gw maksud disini bisa banyak hal. Pertama, rasa tentang bagaimana menjalani kehidupan sosial di latar belakang budaya dan bahasa yang berbeda. Semua juga tahu kalau negara kita punya banyak banget budaya dan bahasa daerah. Kita semua juga udah tau kalau budaya dan bahasa yang berbeda akan menghasilkan kehidupan sosial dan nilai-nilai norma yang berbeda juga walaupun masih mengacu ke satu titik kehidupan, tuhan misal. Berbagi rasa tentang bagaimana satu muda-mudi menjalani kehidupan sosial yang berbeda dengan yang lain inilah yang mungkin bisa jadi jalan keluar untuk konflik-konflik gak berdasar dimasa depan.

Selamar Hari Bertukar Rasa Muda-Mudi Indonesia. Dapet Salam dari Kalijodo!

Kedua, berbagi rasa disini bisa juga masuk kedalam artian berbagi rasa tentang bagaimana menjalani kehidupan dengan latar geografi yang berbeda. Tanah air kita itu luas. Saking luasnya tanah air kita hampir punya semua jenis kondisi geografi. Gak terhitung deh jumlah gunung, luasnya lautan, panjang pesisir pantai, berapa hamparan hutan, ah sungguh terlalu luas negara kita tuh. Hidup diberbagai kondisi geografi ini lagi-lagi bikin kita punya kepribadian yang berbeda-beda. Dan ya yang beda-beda kayak gini emang lebih baik dibicarakan, sambil duduk ngopi dan dengerin alunan musik fourtwnty yang judulnya “Zona Nyaman”.

Selamar Hari Bertukar Rasa Muda-Mudi Indonesia. Dapet Salam dari Kalijodo!

Dan poin ini lah yang gw temuin selama gw berkecimpung dengan teman-teman di Kalijodo, saling berbagi rasa. Gw emang punya keterbatasan waktu, gw emang gak selalu bisa kesana, dan gw akui skill bermain gw juga gak terlalu sebagus mereka, jauh malah. Tapi ya begitulah negara kita dan begitu lah hidup, terdiri dari banyak kemungkinan dan perbedaan. Dan tebak apa yang terjadi? Gak pernah ada bahasan tentang perbedaan kehidupan disana. Tua muda, laki perempuan, miskin kaya, semua sama rata dan sama RASA. Dan gw akuin, kita yang cuma manusia biasa ini kadang memang perlu untuk membagi rasa.

Dibeberapa kesempatan kadang beban bakal terasa begitu berat. Di beberapa kesempatan kadang hati berasa begitu sempit. Dibeberapa kesempatan kesepian tuh datang tanpa basa-basi. Semua beban dan rasa-rasa negatif ini harus dibagi. Dan faktanya adalah, gak semua muda-mudi lupa dengan perayaan ini dizaman serba digital kayak sekarang. Teman-teman dikalijodo, walaupun punya banyak latar perbedaan, tetap berinisiatif untuk melakukan sesuatu dalam rangka merayakan momen persatuan pemuda-pemudi bangsa kita 90 tahun yang lalu.

Selamar Hari Bertukar Rasa Muda-Mudi Indonesia. Dapet Salam dari Kalijodo!

Masih banyak kok muda-mudi diluar sana yang peduli sama nilai-nilai luhur pendahulu. Masih banyak muda-mudi diluar sana yang walaupun ditentang dengan segala efek modernisasi, tetap mengedepankan nilai-nilai sosial dalam berinteraksi. Dan masih banyak anak muda diluar sana yang punya rasa ingin melakukan sesuatu yang besar demi membuat kemajuan untuk bangsa kita. Walaupun dengan berbagai macam cara dan bentuk apresiasi.

Ntah lah, tapi 90 tahun yang lalu gw yakin kalau berbagi rasa ini lah yang jadi cikal bakal pemuda-pemudi pendahulu kita untuk mengikrarkan janji kalau mereka itu satu. Mereka mungkin merasa gundah, gundah karena perjuangan mereka harus dipisahkan oleh perbedaan. Mereka, pendahulu kita, mungkin sadar kalau perbedaan jika bisa disatukan akan memberi banyak keuntungan. Dan tanpa ada-nya usaha untuk saling mengerti dan memahami, menyatukan perbedaan ini gak mungkin terjadi.

Selamar Hari Bertukar Rasa Muda-Mudi Indonesia. Dapet Salam dari Kalijodo!

Karena berhasil untuk saling memahami; para pendahulu kita akhirnya bisa bersatu, mengukuhkan diri kalau mereka satu, dalam berkehidupan berbangsa. Dan pada akhirnya kita sebagai generasinpenerus lah yang harus menjaga nilai- nilai ini.

Ah Indahnya, negara kita punya satu hari khusus untuk para muda-mudinya bisa merasa satu atas segalanya. Keren banget emang.

Sampai ketemu lagi di Sumpah Pemuda Tahun Depan!

emoticon-Ultah emoticon-Ultah emoticon-Ultah


Quote:




Selamar Hari Bertukar Rasa Muda-Mudi Indonesia. Dapet Salam dari Kalijodo!Selamar Hari Bertukar Rasa Muda-Mudi Indonesia. Dapet Salam dari Kalijodo!

Selamar Hari Bertukar Rasa Muda-Mudi Indonesia. Dapet Salam dari Kalijodo!

Selamar Hari Bertukar Rasa Muda-Mudi Indonesia. Dapet Salam dari Kalijodo!
Diubah oleh rendyprasetyyo
Tempat nambahin foto-foto

Selamar Hari Bertukar Rasa Muda-Mudi Indonesia. Dapet Salam dari Kalijodo!

Selamar Hari Bertukar Rasa Muda-Mudi Indonesia. Dapet Salam dari Kalijodo!

Selamar Hari Bertukar Rasa Muda-Mudi Indonesia. Dapet Salam dari Kalijodo!

Selamar Hari Bertukar Rasa Muda-Mudi Indonesia. Dapet Salam dari Kalijodo!

Selamar Hari Bertukar Rasa Muda-Mudi Indonesia. Dapet Salam dari Kalijodo!

Selamar Hari Bertukar Rasa Muda-Mudi Indonesia. Dapet Salam dari Kalijodo!
Diubah oleh rendyprasetyyo
tempat buat mejeng di pekiwan


Quote:


Bal kabarin kalau ada acara ntar gw bawa laptop wkwkwk
Quote:


Ada nobar tuh.. tanggal 2


Quote:


Skip itu kayaknya

tempat buat komen kaskuser
Updated foto-foto
emoticon-Sundul


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di