alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
BEI Akan Ganti Mekanisme Perdagangan Prapenutupan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd5e4c0d44f9fd3098b4591/bei-akan-ganti-mekanisme-perdagangan-prapenutupan

BEI Akan Ganti Mekanisme Perdagangan Prapenutupan

BEI Akan Ganti Mekanisme Perdagangan Prapenutupan

JPP, JAKARTA - Bursa Efek Indonesia (BEI) akan mengubah mekanisme perdagangan pada sesi prapenutupan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sebagai upaya menghindari pembentukan harga di luar kewajaran (marking the close).

"Perubahan ini akan menjadi program kerja BEI pada tahun 2019," ujar Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota BEI Laksono W. Widodo di Jakarta, Kamis 25/10/2018).

Ia menilai saat ini pelaku pasar sudah bisa membaca pola algoritma dalam pembentukan harga saat prapenutupan sehingga BEI akan mengubah mekanismenya untuk menghindari aktivitas gaming the system.

Ia mengemukakan BEI telah memiliki beberapa metode perdagangan pada sesi prapenutupan agar berjalan secara transparan, efisien, dan wajar, di antaranya dengan menerapkan metode pembukaan informasi setiap transaksi saham yang memiliki volume tinggi dan penutupan perdagangan secara acak pada sesi prapenutupan itu.

"Dengan membuka informasi transaksi maka setiap pelaku pasar dapat mengambil langkah sesuai dengan strateginya," katanya.

Menurut dia, skema itu diyakini dapat menutup ruang bagi pelaku pasar yang ingin melakukan pembentukan harga saham semu atau tidak sesuai fundamental emiten.

Ia menyampaikan sesi prapenutupan itu terjadi pada pukul 15.50-16.00 WIB, dengan investor dapat memasukkan penawaran jual dan atau permintaan beli. Kemudian sistem melakukan proses pembentukan harga penutupan.

Laksono juga mengatakan rencana perubahan itu merupakan salah satu permintaan dari manajer investasi yang kinerjanya diukur berdasarkan nilai aktiva bersih (NAB) setiap harinya.

"Manajer investasi setiap hari melakukan transaksi, lalu turun kan itu tidak baik, maka itu kami antisipasi dengan mengubah mekanisme perdagangan pada sesi prapenutupan," katanya.(ant)


Sumber : https://jpp.go.id/keuangan/pasar-mod...n-prapenutupan

---

Kumpulan Berita Terkait KEUANGAN :

- BEI Akan Ganti Mekanisme Perdagangan Prapenutupan Bandara Pranoto Samarinda Siap Diresmikan Presiden Jokowi

- BEI Akan Ganti Mekanisme Perdagangan Prapenutupan Kemenperin Pacu Industri Baja Penuhi Kebutuhan Domestik

- BEI Akan Ganti Mekanisme Perdagangan Prapenutupan Wapres JK Bertemu Wapres Komisi Uni Eropa bahas Ekonomi Global



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di