alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Ini Cara Bank Indonesia Dorong Eksistensi Tenun Pringgasela Lombok
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd5cfe512e2578c0e8b4568/ini-cara-bank-indonesia-dorong-eksistensi-tenun-pringgasela-lombok

Ini Cara Bank Indonesia Dorong Eksistensi Tenun Pringgasela Lombok

Ini Cara Bank Indonesia Dorong Eksistensi Tenun Pringgasela Lombok
Kepala Bank Indonesia Perwakilan NTB, Achris Sarwani (berbaju koko putih, dua dari kiri) bersama para peserta lomba desain busana muslim berbahan kain tenun.(Foto: Humas Bank Indonesia NTB)


MATARAM - Bank Indonesia Perwakilan Nusa Tenggara Barat (NTB) menggelar lomba kreasi busana muslim berbahan kain tenun Pringgasela bertema Hijab Summer Breeze Fashion, di kompleks Islamic Center NTB di Kota Mataram.

Kepala Kantor Bank Indonesia Perwakilan NTB, Achris Sarwani mengatakan, kegiatan itu dilakukan sebagai upaya BI mendorong eksistensi tenun Pringgasela, sekaligus mendorong potensi pemasaran tenun Pringgasela dengan inovasi-inovasi baru di sektor ekonomi kreatif. 

"Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan stimulus bagi desainer desainer di Provinsi NTB untuk terus berkarya, sekaligus memperkenalkan kain tenun sebagai mahakarya ke kancah nasional bahkan dunia," kata Achris.


Quote:



Kain tenun dari Desa Pringgasela memiliki keunikan tersendiri, yang diajarkan secara turun temurun, dimana semua bahan tenun (benang dan pewarnaan) natural berasal dari alam. Kain tersebut selanjutnya digunakan dalam kegiatan sosial maupun ritual keagamaan. 


Quote:



Achris mengatakan, seiring perkembangan zaman, kain tenun dapat digunakan menjadi bahan aneka kreasi diantaranya tas, sepatu dan busana muslim. 

Mengingat mayoritas penduduk di Provinsi NTB adalah muslim, penggunaan tenun dalam pembuatan busana muslim bisa menjadi peluang usaha tersendiri. 

"Hal ini juga mendukung upaya pemerintah daerah dalam mengembangkan Provinsi NTB menjadi salah destinasi wisata halal," katanya. 

Desainer muda adal Sumbawa yang menjadi juara dalam lomba tersebut, Ni Made Ariani berharap agar fashion anak muda dapat memanfaatkan kain tenun sebagai bahan dasar untuk membuat busana. 

"Karena kain tenun adalah warisan budaya yang harus dilestarikan. Kain tenun dapat dikreasikan dalam berbagai model busana, termasuk busana muslim," katanya.  

Desainer lainnya, Gazali menambahkan, event yang digelar Bank Indonesia ini menunjukan bahwa sudah saatnya anak muda di Provinsi NTB memanfaatkan kearifan lokal yang merupakan warisan budaya khususnya kain tenun. 

"Melalui kain tenun daerah kita dapat dikenal. Ditambah lagi saat ini tenun sudah mulai diperkenalkan ke tingkat dunia oleh desainer nasional dengan menyulap kain tenun menjadi busana mewah. Tentunya hal ini akan menjadi ajang untuk dapat mempromosikan daerah untuk lebih dikenal di mancanegara," tukas Gazali. 

Sumber : www.kataknews.com
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
bagus sekali
Balasan post cimos
emoticon-Sundul Up
Balasan post yuswijaya
Mantap gan.. emoticon-Cendol Gan
ini yang dikenal sebagai non-core business. bank sentral di tempat lain belum kedengeran ngurusin begini.


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di