alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Soal Nego Ulang Proyek Pesawat Korea, Menhan: Ekonomi Lagi Susah
2.33 stars - based on 3 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd5b57dde2cf2970e8b4572/soal-nego-ulang-proyek-pesawat-korea-menhan-ekonomi-lagi-susah

Soal Nego Ulang Proyek Pesawat Korea, Menhan: Ekonomi Lagi Susah

Jakarta - Indonesia tengah terlibat dalam pengembangan proyek pesawat tempur dengan Korea Selatan (Korsel) dengan nama Fighter eXperiment (KFX). Meski demikian, nampaknya proyek tersebut tidak berlangsung secara cepat menimbang kondisi ekonomi Indonesia saat ini.

Demikian disampaikan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu usai menghadiri acara 4 Tahun Kerja Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla di Kementerian Sekretariat Negara Jakarta, Kamis (25/10/2018).

"Ekonomi kita kan lagi susah, tapi itu tidak dibatalkan, tapi mungkin tidak segera dari Presiden begitu. Tapi tetap (jalan)," ujarnya.

Sebelumnya, dilaporkan AFP, proyek ini bernilai 8 triliun won atau sekitar US$ 7 miliar. Dalam laporan tersebut, Korsel menyatakan Indonesia belum membayar tunggakan senilai US$ 200 juta. Menanggapi hal itu, Ryamizard menepis tidak ada tunggakan.

"Enggak ada, enggak ada. Enggak lah," ujarnya singkat lantaran buru-buru meninggalkan lokasi acara.

Di lokasi yang sama, Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko menerangkan, soal tunggakan itu lebih tepat ditanyakan kepada Kementerian Pertahanan (Kemenhan). Menurut proyek ini merupakan proyek jangka panjang di mana ada kewajiban-kewajiban yang mesti ditunaikan masing-masing negara. Meski, ia tak tahu secara pasti nilai proyek tersebut.

"Itu yang lebih tepat Kemenhan ya walaupun saya tahu ceritanya. Memang dalam sebuah kerja sama dalam jangka waktu yang agak panjang. Ada kesepakatan-kesepakatan. Jumlahnya saya nggak ngerti," paparnya.

Moeldoko menuturkan, saat ini Indonesia tengah melakukan negosiasi ulang terkait pengembangan pesawat tempur tersebut. Hal itu menimbang kondisi keuangan negara. Adapun yang dinegosiasikan antara lain mengenai hak paten, pemasaran, dan lain-lain.

"Di antaranya hak paten gimana, hak marketing bagaimana, apakah kita sekian persen itu masih dalam perbincangan ulang pada waktu sidang kabinet di Bogor. Apakah nggak bisa dikurangi lagi, melihat keuangan negara, kita ambil pesawat berapa banyak, ditinjau lagi," terangnya.

Dia menambahkan, pengembangan proyek ini masih berlanjut. "Belum ada pernyataan batal, hanya diadakan review," tutupnya.

https://m.detik.com/finance/berita-ekonomi-bisnis/d-4272646/soal-nego-ulang-proyek-pesawat-korea-menhan-ekonomi-lagi-susah
Lah koplak, katanya meroket
Menhan minta dibully nastak
Quote:
Diubah oleh 54m5u4d183
Kfx ni proyek dari jaman sby sampai sekarang masih ruwet aja ya pembiayaannya
Sekarang memang lagi susah pemerintah dollar lagi naik dan indonesia dan banyak bencana alam
Sontoloyo
orang bu Sri aja bilang gak loyo koq
Situ waras kah emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Quote:


noh bong .... denger kan .. MENTAN ya yang ngomong .. ekonomi lagi susah ...


LO JGN cuma makan bakso doang ... bayar lah emoticon-Ngakak
wah... katanya meroket


emoticon-Bingung


pernyataan yang sangat antikebasukian


emoticon-Bingung
Diubah oleh nanis69
nastak kebakaran jenggot nih . ayo nastak serbuuuu .
Ah kata cebong ekonomi lagi stabil
Ternyata ekonomi membaik hanyalah retorika emoticon-Leh Uga
hutang 3 trilyun coba di nego kalau bisa di barter dengan hasil tangkapan ikan. kan trilyunan rupiah tuh. supaya duit nya dipakai untuk pembayaran ke para nelayan.
Soal Nego Ulang Proyek Pesawat Korea, Menhan: Ekonomi Lagi Susah

Gitu aja kok refotemoticon-Traveller
Percuma diterusin itu ifx mau diminumin apa ? Air ledeng ? Orang avtur aja masih impor kok, lawan rafalle malaysia langsung keok gak nyampe 3 hari dijamin dah
Susah gimana bakso aja 10 rb kemarin malah turun jadi 2 ribu
emoticon-Leh Uga
Balasan post sosismalam
Quote:


Jaman SBY gak ruwet kok, proyek lain kerjasama dgn Korsel juga gak ada masalah misalnya kerjasama pembuatan kapal selam.

Gak usah bawa2 SBY lah

INDON BODOH salah fokus, jalan dilebarin bukannya buat transportasi umum, malah jualan mobil Jepung di gedein.
Indon dah lama dicocok hidung sama si jepun, jangan salahkan jepunnya, di indon sendiri memang banyak pengkhianat + sesama indon saling gontok2an
Loh kata menteri terbaik se-dunia, ekonomi kita lagi bagus kok


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di