alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Tabrak pesepeda, daftar kecelakaan bus Transjakarta makin panjang
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd5a35d1a9975f0608b457b/tabrak-pesepeda-daftar-kecelakaan-bus-transjakarta-makin-panjang

Tabrak pesepeda, daftar kecelakaan bus Transjakarta makin panjang

Tabrak pesepeda, daftar kecelakaan bus Transjakarta makin panjang
Bus Transjakarta di Halte Harmoni, Jakarta, Senin (1/10/2018).
Kecelakaan Transjakarta kembali terjadi, kali ini melibatkan seorang pengendara sepeda hingga tewas.

Tabrakan tersebut terjadi di depan Gedung Kementerian Badan Usaha Milik Negara, Jl. Merdeka Selatan Jakarta Pusat, Minggu (28/10/2018), sekitar pukul 07.00 WIB. Tepatnya di depan IRTI, wilayah Gambir, Jakarta Pusat.

Saat itu bus Transjakarta bernopol B 7740 TGB meluncur dari arah barat ke timur jalan Medan Merdeka Selatan Gambir. Sesampainya di depan lokasi IRTI bus menabrak pesepeda yang berjalan searah di ruas jalan yang sama.

Pengendara sepeda terhantam hingga menderita luka parah di bagian kepala dan tewas seketika.

Tak lama setelah kejadian, polisi langsung mendatangi tempat kejadian perkara (TKP) dan melakukan olah kejadian perkara. Pihak kepolisian juga telah mencari saksi serta mengamankan barang bukti berupa satu unit sepeda milik korban, bus Transjakarta, serta STNK dan SIM B1 milik S (45), pengemudi bus.

"Kecelakaan itu mengakibatkan pengendara sepeda meninggal dunia di lokasi. Untuk identitasnya, kami masih mencari tahu. Karena korban tidak membawa identitas apa pun," jelas Kasat Lantas Restro Jakarta Pusat AKBP Buang Riau, saat dikonfirmasi JawaPos.com, Minggu (28/10).

Adapun ciri-ciri korban ialah: berambut putih, mengenakan kaos olahraga biru dan celana hitam. Sepeda yang dikayuhnya merk Pinarello, perusahaan sepeda asal Italia dengan warna putih biru. Saat ini jenazah telah dibawa ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat.

Sementara itu S langsung diamankan polisi untuk dilakukan pemeriksaan, apakah yang bersangkutan melakukan pelanggaran-pelanggaran saat mengemudikan bus Transjakarta.

"Untuk pengemudi bus masih dalam pemeriksaan. Barang bukti seperti SIM dan STNK sudah diamankan. Kami sedang mencari tahu keberadaan keluarga korban untuk dihubungi," lanjut Buang.

Atas kejadian ini, Ketua Presidium Indonesia Traffic Watch Edison Siahaan mendesak Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan memanggil Dirut PT. TransJakarta untuk dievaluasi.

"Bukan harus, tapi sudah wajib dong Anies panggil (Dirut TransJakarta) supaya dievaluasi," kata dia kepada AKURAT.CO, Minggu (28/10).

Apalagi kejadian ini turut menambah panjang daftar kecelakaan Transjakarta yang terjadi selama Oktober 2018, yang meliputi:
Bus Mini Trans jurusan Blok M-Manggarai terbalik saat melintas di depan Gedung Pajak Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan pada Kamis (20/9) siang. Salah satu saksi yang merupakan penumpang bus bernama Umar menduga sang sopir mengantuk dan tak konsentrasi mengendarai bus tersebut.Bus Transjakarta menabrak JPO (Jembatan Penyebrangan Orang) di Jl. Kyai Tapa Jakarta Barat pada Selasa (25/9). Tidak ada korban dalam kejadian ini.Bus Transjakarta kembali alami kecelakan setelah menbarak Truk bernopol B 9974 VDA di depan SPBU Pertamina Jl. Warung Jati Barat Jaksel (arah ke Mampang), Kamis (4/10).Bus yang diterapkan oleh Sutiyoso ini kembali menabrak separator di Jalan Sudirman tepatnya di kawasan Karet, pada Kamis (11/10)Masih di Bulan Oktober tepatnya Rabu (17/10), Bus Transjakarta dengan nopol B 7026 IS tabrak dan Pemotor di depan Pondok Indah Mal II. Akibat kejadian ini dua orang yang merupakan pengendara motor terluka.
Lima kecelakaan tersebut termasuk dalam daftar 44 yang terjadi sepanjang tahun 2018 menurut catatan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya. Dari jumlah tersebut, ada 59 orang yang menjadi korban, enam di antaranya meninggal dunia. Kerugian yang dialami PT Transjakarta pun ditaksir mencapai Rp121 juta.

Kasubdit Penegakkan Hukum dan Pembinaan Ditlantas PMJ, AKBP Budianto menyebutkan insiden-insiden tersebut tersebar di 11 koridor rute perjalanan. Penyebabnya pun beragam, mulai dari minimnya rambu dan marka jalan, hingga kelalaian sang sopir.

Namun, menurut data yang dirilis Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Jumat (12/10), kelalaian sopir lah yang paling banyak jadi penyebab kecelakaan.

Untuk itu, Direktur Utama PT Transjakarta Budi Kaliwono sempat menegaskan bahwa pihaknya akan menindak tegas pengemudi yang terbukti melakukan kesalahan.

Ia pun meminta masyarakat untuk turut mengawasi dan melaporkan adanya bus Transjakarta yang melakukan pelanggaran lalu lintas.
Tabrak pesepeda, daftar kecelakaan bus Transjakarta makin panjang


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...-makin-panjang

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Tabrak pesepeda, daftar kecelakaan bus Transjakarta makin panjang Penembakan 11 warga dan 14 paket bom gemparkan AS

- Tabrak pesepeda, daftar kecelakaan bus Transjakarta makin panjang Masuk masa transisi huntara ditargetkan selesai dalam 60 hari

- Tabrak pesepeda, daftar kecelakaan bus Transjakarta makin panjang Menyiapkan kesempatan pemuda pada era digital



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di