alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
Pedet Belgian Blue Ramaikan Kontes Ternak dan Panen Pedet Terbesar di 2018
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd588301a9975215f8b4568/pedet-belgian-blue-ramaikan-kontes-ternak-dan-panen-pedet-terbesar-di-2018

Pedet Belgian Blue Ramaikan Kontes Ternak dan Panen Pedet Terbesar di 2018

Pedet Belgian Blue Ramaikan Kontes Ternak dan Panen Pedet Terbesar di 2018



JPP, SIDOARJO JAWA TIMUR - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman bangga saat melihat perkembangan sapi Belgian Blue. Jenis sapi unggul berbobot raksasa ini menjadi salah satu yang dipamerkan pada Kontes Ternak dan Panen Pedet terbesar di Indonesia yang rencananya akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo di Sidoarjo pada 28 Oktober 2018. “Saya sangat senang sekali melihat perkembangan sapi-sapi Belgian Blue ini, tolong dijaga baik-baik kesehatannya,” ucap Menteri Amran saat meninjau langsung lokasi persiapan pelaksanaan pada Sabtu (27/10/2018).

Sejak dikembangbiakkan di Indonesia 2016 lalu, sapi jenis ras baru Belgian Blue yang saat ini dikembangkan oleh Kementan telah menunjukkan hasilnya. Amran memimpikan jika sapi ini mampu dikembangkan sejuta ekor, maka persoalan daging sapi di Indonesia bisa selesai.

Untuk mencapai visi tersebut, Kementan telah melakukan sejumlah langkah. Sejak dihadirkannya Belgian Blue di Indonesia Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen PKH), I Ketut Diarmita menyampaikan bahwa sampai tanggal 26 Oktober 2018, telah ada 80 ekor kelahiran sapi Belgian Blue yang berhasil dikembangbiakkan, baik dari hasil Transfer Embrio (TE) maupun Inseminasi Buatan (IB). 

I Ketut berharap jumlah ini akan terus bertambah, dan akan lahir keturunan-keturunan Belgian Blue yang lebih banyak lagi di tahun depan. Kementan menargetkan kelahiran 1.000 pedet Belgian Blue pada  mendatang 2019 baik melalui Inseminasi Buatan maupun transfer embrio. Dengan demikian pedet-pedet Belgian Blue tersebut turut meramaikan keanekaragaman bangsa sapi di Indonesia.

"Hingga saat ini, sapi yang dilaporkan bunting dari hasil transfer embrio saat ini sudah ada 126 ekor, sedangkan sapi yang bunting dari hasil inseminasi buatan saat ini sebanyak 150 ekor," ungkap I Ketut. 

Program pengembangan sapi jenis ras baru Belgian Blue ini merupakan instruksi dari Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman yang ditindaklanjuti oleh Dirjen PKH sebagai upaya pemenuhan kebutuhan daging dan bibit sapi unggul nasional. Belgian Blue memang bukan sapi biasa, pertambahan bobot badannya tinggi sekali, per hari bisa mencapai 1,2 - 1,6 kg. 

Direktur Perbibitan dan Produksi Ternak, Ditjen PKH Sugiono menyatakan berdasarkan informasi dari masing-masing Unit Pelaksana Teknis (UPT) bahwa pada tiga bulan ke depan, mulai Oktober, November dan Desember 2018, merupakan bulan-bulan yang dinanti untuk kelahiran pedet-pedet Belgian Blue. "Saat ini pengembangan sapi Belgian Blue masih terbatas di 11 UPT lingkup Kementerian Pertanian, dengan beberapa kajian yang dilakukan oleh peneliti dan tim pakar pendukung. Program ini dilaksanakan melalui kerjasama antara Ditjen PKH, Badan Litbang Pertanian, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia, dan Perguruan Tinggi," terang Sugiono.

Percobaan persilangan sapi Belgian Blue dengan sapi Aceh, Madura dan sapi Bali juga dilakukan dengan cara melakukan produksi embrio dari sapi-sapi tersebut dengan menggunakan semen Belgian Blue. Ujicoba produksi embrio sapi Aceh dengan semen Belgian Blue menghasilkan dua embrio layak transfer. Kedua embrio tersebut langsung ditransferkan pada sapi resipien jenis Limousin dan FH, dan berhasil lahir secara normal pada bulan Mei dan Juni 2018 lalu. (tan)

 


Sumber : https://jpp.go.id/ekonomi/pertanian/...rbesar-di-2018

---

Kumpulan Berita Terkait EKONOMI :

- Pedet Belgian Blue Ramaikan Kontes Ternak dan Panen Pedet Terbesar di 2018 Kementan Dorong Swasembada Sayuran dari Pekarangan

- Pedet Belgian Blue Ramaikan Kontes Ternak dan Panen Pedet Terbesar di 2018 Kementan Lepas Ekspor Perdana Nanas dan Pisang Karimun

- Pedet Belgian Blue Ramaikan Kontes Ternak dan Panen Pedet Terbesar di 2018 Hasilkan Rp20 Triliun, Ekspor Obat Hewan Indonesia Meningkat Signifikan

Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di