alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Berita Luar Negeri /
Belanja Anggaran Disetujui, Argentina Segera Jadi Pasien IMF
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd57d83529a4560518b4574/belanja-anggaran-disetujui-argentina-segera-jadi-pasien-imf

Belanja Anggaran Disetujui, Argentina Segera Jadi Pasien IMF

Belanja Anggaran Disetujui, Argentina Segera Jadi Pasien IMF

Bernhart Farras, CNBC Indonesia

MARKET - 25 October 2018 20:58

Belanja Anggaran Disetujui, Argentina Segera Jadi Pasien IMF
Foto: REUTERS/Agustin Marcarian

Jakarta, CNBC Indonesia - Majelis rendah Kongres Argentina pada Kamis (25/10/2018) menyetujui rancangan anggaran penghematan yang kurang populer untuk memenuhi persyaratan dari bailout (dana talangan) IMF sebesar US$57 miliar (Rp 866 triliun).

Pemungutan suara dilakukan pada pagi hari setelah berdebat 14 jam dan terjadi kerusahan di mana polisi menembakkan gas air mata pada orang-orang yang melemparkan batu di luar gedung legislatif untuk memprotes rencana anggaran 2019 yang akan menaikkan pajak dan memotong belanja pemerintah.

Anggaran ini disetujui setelah 138 anggota majelis merestui anggaranya tersebut, 103 menentang, serta 8 abstain. Draft tersebut telah dikirim ke Senat untuk persetujuan akhir.

Serikat buruh dan oposisi sayap kiri telah mengkritik program ekonomi Presiden sayap kanan Mauricio Macri atas pemangkasan biaya belanja untuk memenuhi persyaratan IMF dan mengurangi defisit anggaran.

Bailout ini diharapkan bisa membantu Argentina pulih dari krisis ekonomi di mana peso telah kehilangan setengah nilainya tahun ini dengan inflasi akhir tahun diperkirakan 40% dan pertumbuhan ekonomi diperkirakan menyusut 2,6%.

"Kami berada dalam krisis dan pemerintah harus bertanggung jawab. Masalah sosial dan resesi mengharuskan kami untuk mengesahkan undang-undang itu," kata Mario Negri anggota parlemen partai Cambiemos, dalam pidato setelah anggaran diloloskan.

"Tidak memiliki anggaran akan menjadi kekalahan bagi negara," tambahnya.

Presiden Argentina telah menjanjikan pemotongan US$10 miliar dalam bidang kesehatan, pendidikan, sains, transportasi, pekerjaan umum dan budaya.

"Tidak untuk anggaran IMF. Jangan memotong masa depan kita!" teriak demonstran di luar Kongres. Saat berada di dalam ruangan, amarah melonjak tinggi ketika para anggota parlemen berdesakan dan saling melontarkan hinaan menjelang pemungutan suara.

"Di Argentina, program penghematan selalu berakhir dalam krisis. Mengapa mereka berpikir Titanic tidak akan tenggelam saat ini?" kata Agustin Rossi, anggota parlemen dari partai sayap kiri kepada partai Victory yang pernah dipimpin mantan presiden Cristina Kirchner setelah pemungutan suara.

Belanja Anggaran Disetujui, Argentina Segera Jadi Pasien IMF
Foto: Infografis/Jatuh bangun pertumbuhan Ekonomi Argentina/Aristya Rahadian Krisabella


Protes di jalanan telah mencerminkan kemarahan publik yang meningkat setelah Macri memangkas pekerjaan pegawai negeri sebagai bagian dari upaya untuk memotong defisit fiskal Argentina dan menjinakkan inflasi atas perintah IMF.

Tahun lalu, defisit anggaran Argentina mencapai 3,9% dari PDB. Tahun ini defisit ditekan menjadi 2,7% dan tahun depan menjadi 0%.

Untuk menghentikan jatuhnya peso kembali pada April, pemerintahan Macri mencapai kesepakatan bailout dengan IMF. Di mana Argentina telah praktis memutuskan hubungan setelah gagal membayar utang luar negerinya pada tahun 2001.

Sumber
Halaman 1 dari 2
astajim emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo

sudah kritis emoticon-Takut
kebanyakan subsidi dan PNS? omong2 produk unggulannya argentiba apa sih? koq blom pernah dengar perusahaan gede dari argentina

#20,185

Quote:


Argentina produk utamanya di sektor pertanian gan, terutama jagung dan kedelai.
lah itu makanya, klw tau negara kurang sehat jangan sikit2 kasih subsidi, yg ada warganya jadi mental yg suka bermalas-malasan dan mengharap bantuan pemerintah doang terus-menerus
Diubah oleh jhonlenon60
nanti kalau udah lunas bisa bikin persatuan alumni imf karena jumlahnya akan lebih dari satu.
argentina emang udah langganan krisis ekonomi,
banyak kebijakan populis gak mikir defisitny, mana ditambah korupsi pulak.

negara2 amerika tengah dan selatan banyak yang kacau ekonominya,
yang gede kayak brazil aja gak beres.
apalagi yang kecil kayak honduras sampe2 ada migrasi massal (karavan) ke US.
jumlah pengungsi venezuela juga bakal bersaing dengan jumlah pengungsi syria.

nengok benua afrika apalagi, dari utara sampe selatan jarang banget ada yang bisa tumbuh lama dan jadi maju.
afsel tuh ngebet banget ngikut jejak zimbabwe. emoticon-Wakaka

*indo masih mending*


Quote:


boca junior
selamat datang di perkumpulan negara dhuafa

emoticon-Ultah
Quote:


emoticon-Ngakak brazil lucu gan emoticon-Ngakak cuci mobil bisa jadi skandal emoticon-Ngakak mana kebongkarnya berawal dari pom bensin lagi emoticon-Ngakak

#20,201

Quote:


Daftar anggota :
1) Indonesia
2) Thailand
3) Korea Selatan
4) Pakistan
5) Turki
6) Rusia
7) Argentina
8) Meksiko
9) Brazil
10) Yunani

Ada lagi?
Balasan post gilbertagung
udah cukup itu buat grup arisan. tapi kau dapat cendol duluan ya.

#20,203

Quote:


Thanks gan.emoticon-shakehand
Tapi gue bayangin suatu saat Jepang / Cina jadi pasien IMF.
Diubah oleh gilbertagung
Balasan post gilbertagung
nanti jaman minyak bumi sudah jadi barang gratisan / pas nilainya kagak jauh dari nol.

#20,204

Quote:


Kok bisa gitu gan?emoticon-Thinking
Balasan post gilbertagung
krn jpn itu 1 dari 4 pembeli minyak bumi terbesar dunia. tiap tahun rata-rata dia kurangi 20% pembelian minyak bumi.

#20,206

Quote:


Kalau minyak bumi murah, Jepang untung dong. Kan ongkosnya jadi ringan.
Diubah oleh gilbertagung
Balasan post gilbertagung
kalau dia kurangi drastis pembelian secara mendadak karena dia mengalami krisis keuangan, stock akan surplus banyak dan akan jadi efek domino untuk negara-negara lain.

#20,207

Quote:


Oke gue paham substansinya. Berarti yang bakal untung adalah net importir minyak.
Balasan post gilbertagung
saat itu eropa dan amerika sudah tidak tergantung pada minyak bumi. brazil, norway dan iceland akan jadi raja bio-energy.

#20,210

Quote:


Referensi?
Diubah oleh gilbertagung
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di