alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / ... / Gosip Nyok! /
Dituding Rasis, Karakter Apu di The Simpsons Mau Dihapus
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd57868a09a39831a8b4574/dituding-rasis-karakter-apu-di-the-simpsons-mau-dihapus

Dituding Rasis, Karakter Apu di The Simpsons Mau Dihapus

Dituding Rasis, Karakter Apu di The Simpsons Mau Dihapus

Apu Nahasapeemapetilon. Dok. Ist


The Simpsons sudah menjadi serial kartun idola tak hanya di Amerika Serikat tapi juga di seluruh dunia. Banyak yang menyaksikan serial konyol dan satire tersebut selama berpuluh-puluh tahun. Beragam karakter juga mempunyai ciri khas yang disukai seluruh penonton, namun kali ini banyak yang memprotes salah satu karakternya yakni Apu.

Apu dinilai menjadi salah satu karakter Indian-Amerika yang jadi pandangan rasis bangsa Amerika terhadap suku tersebut. Bahkan efeknya membuat karakter yang telah 31 tahun tampil di The Simpsons itu ditiadakan atau dihapus di seri-seri berikutnya. Ia tampil pertama kali di tahun 1987 lalu dan menjadi pemilik Kwik-E-Mart.

Dituding Rasis, Karakter Apu di The Simpsons Mau Dihapus


Seorang komedian Amerika bernama Hari Kondobolu mengatakan bahwa karakter Apu adalah bentuk rasisme yang ditunjukan oleh serial tersebut. Ia bahkan membuat sebuah dokumenter pada tahun 2017 lalu bertajuk ‘The Problem With Apu’. Hari manyebut bahwa karakter Apu sangat menyakiti perasaannya dan menjadi stereotype atas sukunya tersebut.


Quote:



Namun ia tak ingin karakter Apu dihilangkan dari serial tersebut melainkan diubah sifatnya dan jauh dari stereotype tersebut. Dan hal itu makin diperparah dengan salah satu episode pada awal tahun ini. Di mana Lisa dan Marge Simpson membaca sebuah versi terbaru dari ‘The Princess in the Garden’. Dalam episode itu Lisa mengatakan bahwa ‘Sesuatu telah dimulai sejak satu dekade lalu dan kini jadi tindakan politis yang tak benar. Apa yang bisa kau lakukan?’

Lisa pun kemudian melihat gambar/foto Apu dengan sebuah tulisan yang mengatakan bahwa ‘Jangan memiliki sebuah sapi’. Yang mana menjadi memperkeruh suasana dan isu rasis, karena sapi merupakan hewan dewa bagi masyarakat tersebut.

Dituding Rasis, Karakter Apu di The Simpsons Mau Dihapus

Hari Kondabolu. Dok. Ist


Adi Shankar, produser The Grey pun menyebut bahwa dari banyak sumber dekatnya mengatakan bahwa karakter Apu akan ditiadakan.


Quote:



Disebutkan bahwa mereka memilih melakukan hal tersebut untuk menghindari kontroversi tersebut menjadi kian membesar dan memilih langkah mudah dengan menghilangkan karakternya dalam serial-serial selanjutnya. Namun langkah itupun tak mendapat pujian melainkan disebut sebagai bentuk pengecut terhadap komentar yang ditujukan pada acara tersebut.


Quote:




Apu mulai sering muncul sejak tahun 1990 dan Hank Azaria, sang pengisi suara karakter tersebut bahkan pernah memenangkan Emmy Awards pada tahun 1998 karena karakter yang dimainkannya itu. Hank Azaria sendiri merupakan pengisi suara berkulit putih dan bukanlah ras Indian-Amerika sebagaimana yang digambarkan dari serial The Simpsons.

Pihak produksi pun belum memberikan respon ataupun komentar terkait isu tersebut dan juga rencana penghapusan karakter Apu.


Sumber



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di