alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Tak Hanya Jokowi, Presiden Sukarno Bilang Islam Sontoloyo
4.5 stars - based on 8 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd4f86ad44f9fb0218b456e/tak-hanya-jokowi-presiden-sukarno-bilang-islam-sontoloyo

Tak Hanya Jokowi, Presiden Sukarno Bilang Islam Sontoloyo

Tak Hanya Jokowi, Presiden Sukarno Bilang Islam Sontoloyo

JITUNEWS.COM - Pernyataan sontoloyo yang diucapkan Jokowi saat menghadiri penyerahan sertifikat tanah untuk rakyat di Lapangan Ahmad Yani Jakarta, selasa lalu (23/10).

Karena ucapannya ini, kata sontoloyo langsung menjadi buah bibir politikus dan masyarakat. Banyak yang mempertanyakan kepatutuan Presien Indonesia mengatakan kata umpatan atau makian tersebut. Sontoloyo sendiri berarti konyol, tak beres, bodoh.

Ternyata tak hanya Jokowi yang mengatakan itu, Presiden Sukarno pernah menulis kata tersebut. Tak tanggung-tanggung, Bung Karno menulis "Islam Sontoloo" di majalah Pandji Islam pada tahun 1940. Lalu, apa yang menyebabkan Bung Karno menuliskan kata tersebut?

Hal ini disebabkan pada saat Bung Karno menemukan berita kejahatan yang berdalil agama. Berita tersebut di dapatkan pada surat kabar Pemandangan 1940 dengan isi "Seorang guru agama dijebloskan ke dalam bui tahanan karena ia memperkosa salah seorang muridna yang masih gadis kecil."

Hal tersebut membuat geram Bung Karno, hingga muncullah istilah "Islam Sontolojo" yang ia tulis di Pandji Islam. Tentunya, setelah tulisan Bung Karno terbit. Banyak kecaman dari pembaca.

"Wah, ditampar saya Pertama saya dikatakan, mengatakan atau memaksudkan bahwa Islam itu adalah agama sontoloyo," ujar Bung Karno pada tahn 1965 saat berpidato di hadapan mahasiswa HMI, seperti yang dikutip dari historia.id (25/10).

Bung Karno kembali menerangkan maksud isi dari tulisan tersebut. Bung Karno merujuk pada oknum yang menyimpang bukan agamanya. "Saya terangkan dalam artikel itu banyak sekali orang yang menyebutkan dirinya Islam tetapi dia sebetulnya sontoloyo," ungkap Sukarno.

Dari penjelasan Bung Karno tersebut, masyarakat mulai paham dan mengerti dari esensi yang ditulis oleh Sukarno.

http://m.jitunews.com/read/88957/tak...loyo?halaman=2

Sekarang Islam sontoloyo malah makin banyak...

Contohnya pemuja residivis pengecut yg teriak2 revolusi tapi kabur ke arab emoticon-Ngakak

Quote:
Diubah oleh nataliupigai.
Halaman 1 dari 4
Jpkowi cukup 1 periode
Marah marah nya masih pake text gak?

Al patekaemoticon-Big Grin
Syukurlah pas jaman bung Karno ga ada yang kejang kejang bikin demo Bela Islam karena ucapan bung Karno.
Quote:


Dan ucapan soekarno banyak yang terbukti saat ini
Balasan post sofuanhamid
Quote:


maksud lu menghina jokowi ya ... tapi tanpa sadar lu malah menghina islam nya emoticon-Cape d...
begitulah kebodohan emoticon-Turut Berduka
Diubah oleh kasbos
Balasan post sofuanhamid
Quote:


yg teriak2 jokowi PKI, anti islam, kapir, dll langsung kelojotan cuma gr2 kata sontoloyo
lemah cuiiihhh emoticon-Ngakak
Betul, kurang ajar tuh Islam sontoloyo
Presiden2 kita ampe gak kuat nahan emosi jadi ngamuk lantaran org2 gak becus
Kamprettt emoticon-Blue Guy Bata (L)
Ngomong bener salah...
Ngomong salah, makin disalahin


Modaro wae, sontoloyo





emoticon-Ngakak
gak usah cari2 pembenaran, manusia tempatnya salah
gak usah bela2 pemerintah yg punya kekuasaan, punya media, TNI, Polisi dll
apalagi rejim ini banyak salahnya banyak goblognya bayak korupnya banyak ngutangnya
ente cebong idiot tukang cilok, tukang jaga warnet, jualan pulsa aja sok2 an bela
bela nasib ente sendiri lah dan nasib rakyat kecil yg sudah dikibulin rejim ini

Tak Hanya Jokowi, Presiden Sukarno Bilang Islam Sontoloyo

Komunis
astajim emoticon-Kagets
Balasan post sofuanhamid
Quote:


Betol sekali,sekarang waktunya ganti presiden penyembah kuburan...
Beda kelas antara bung karno dan jokok
Satunya kharismatik
Satunya sontolo......

emoticon-Malu
Itu yang kabur ke Arab, nerima tantangan pengibaran bendera ga? Kalo nggak, potong ajalah tittitnya..
emoticon-Leh Uga
Balasan post teten.masdoggy
alah lu kira prabowo pintar? Lebih goblog prabowo dari jokowi.
Kelihatan dari mana?
Dilihat dari kasus ratna udah ketahuan parbowo goblog.
Daripada pilih prabowo mending jokowi.
Titik
Quote:

emoticon-Belo emoticon-Belo




Tak Hanya Jokowi, Presiden Sukarno Bilang Islam Sontoloyo
Tak Hanya Jokowi, Presiden Sukarno Bilang Islam Sontoloyo

Semua nya sontoloyo
Semua agama nggak berguna
jadi maksudnya islamnya yg sontoloyo ato gimana sih?

kemarin ada yg bilang islam tai.. sekarang islam sontoloyo.. piye iki?
Diubah oleh eastjerusalem13
yang kriminal oknum, yang kena agamanya. bung karno's logic emoticon-Leh Uga
Balasan post durexz
Quote:


tapi malah d lengserin PKI emoticon-Cape d...
atau mertua dari si itu emoticon-Ngacir Tubrukan
nasbungloyo
Halaman 1 dari 4


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di