alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
Si Es Krim Inovatif Berteknologi Gastronomi Molekuler (Nitrogen Cair)
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd4ed0760e24b2b2c8b4568/si-es-krim-inovatif-berteknologi-gastronomi-molekuler-nitrogen-cair

Si Es Krim Inovatif Berteknologi Gastronomi Molekuler (Nitrogen Cair)

Si Es Krim Inovatif Berteknologi Gastronomi Molekuler (Nitrogen Cair)

Apa dessert favorit kamu? Salah satunya pasti ada yang menjawab Es Krim. Siapa sih yang ga suka es krim, apalagi kalau rasanya beragam seperti rasa coklat, vanila, mint, buah-buahan, kacang-kacangan, bahkan ada beberapa rasa es krim yang unik seperti rasa lavender atau bunga mawar. Namun ternyata bukan rasa saja yang bisa dikreasikan di zaman sekarang ini, cara pembuatan es krim pun kini dibuat lebih menarik. Salah satunya adalah cara pembuatan es krim dengan nitrogen cair. Yups, aneh memang perpaduan ini, mungkin ungkapan yang tepat untuk menggambarkan pembuatan es krim ini adalah When science meets food.

Nitrogen cair merupakan nitrogen dalam wujud cairan bening yang memiliki suhu sangat rendah yaitu mendidih pada suhu -196 derajat celcius. Zat kimia ini dihasilkan secara industri dengan distilasi fraksional udara cair, yaitu udara akan dicairkan dan nitrogen akan dipisahkan dengan distilasi (penyulingan). Nitrogen cair sering disingkat LIN (liquid nitrogen). Nitrogen pertama kali dibuat menjadi cair pada 15 April 1883. Penggunaan nitrogen cair di bidang kuliner pun sudah mulai dilakukan pada tahun 1890 yang terlihat dalam buku resep karangan Agnes Marshall yang berjudul Fancy Ices.

Nitrogen itu sendiri sebenarnya tidaklah berbahaya karena komposisi udara yang kita hirup selama ini adalah 78% nitrogen dan 21% lagi adalah oksigen dan sisa-sisa gas lain. Namun nitrogen cair tidak boleh diperlakukan sembarangan. Kamu perlu memakai sarung tangan sebelum bersinggungan dengan nitrogen cair. Pasalnya, nitrogen cair yang mengenai benda atau organ tubuh akan mengeras seperti batu. Karena suhunya ekstrem sehingga bisa menyebabkan kerusakan lokal pada jaringan kulit, sama halnya seperti saat kulit kita terkena cairan panas yang menyebabkan kulit melepuh. Nitrogen cair juga tidak boleh disimpan sembarangan karena tekanan yang dihasilkan saat menguap bisa membuat ledakan besar.

Nitrogen cair di bidang kuliner berfungsi untuk mendinginkan/membekukan makanan secara cepat seperti es krim. Cukup menuangkan nitrogen cair ke dalam adonan es krim yang sedang dikocok dan dalam waktu 2 menit tanpa dimasukkan ke dalam kulkas, es krim sudah jadi dan siap dinikmati. Dengan cepatnya waktu pendinginan, ini dapat meminimalisir penggunaan gum, emulsifier dan bahan penstabil lainnya. Kelebihan es krim ini salah satunya adalah teksturnya yang lebih creamy (lembut) karena nitrogen cair bisa mengurangi pembentukan kristal es yang biasanya muncul saat pembuatan es krim cara biasa.

Selain itu es krim ini juga lebih padat dari pada es krim pada umumnya dan diklaim lebih fresh karena es krim ini baru dibuat saat ada yang memesannya. Berbeda dengan es krim biasa yang kebanyakan sudah dibekukan di dalam mesin pendingin dalam waktu lama. Nah di tahun 2013, mulai banyak deh kafe-kafe yang mulai mengikuti pembuatan es krim dengan menerapkan teknologi gastronomi molekuler ini dengan mengusung konsep open kitchen sehingga para pengunjung bebas bisa melihat cara pembuatannya langsung.

Tapi Wakuliner juga ingin menyarankan 1 hal ya, Wakulovers perlu berhati-hati ketika mengkonsumsi es krim model ini karena kurang baik untuk kesehatan lambung. Disarankan untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi es krim ini. Nah sebagai gantinya kamu bisa menkonsumsi es krim – es krim konvensional pada umumnya. Sudah tahu blum Wakulovers kalau sekarang kamu bisa pesan es krim Campina dalam jumlah besar di Wakuliner pada fitur Siap Saji? Saat ini es krim Campina sudah bisa kamu pesan loh di sekitar Jabodetabek dan beberapa kota besar di Indonesia. Pokoknya dijamin deh, beli di Wakuliner adalah pilihan yang tepat dan terpercaya.


Wakuliner, Solusi Kuliner!
Silahkan download di Android & iOS dengan klik disini.
Atau kunjungi website kami di wakuliner.com
Untuk keterangan lebih lanjut, Telepon : (021) 5421 5151 atau HP / WhatsApp : 0811 1738 777

semi2 ngiklan yaaa gan emoticon-Cape d...
tambah enak pasti rasa eskrimnya

emoticon-Ngacir


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di