alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Gebrakan bersih-bersih DPR dinilai untuk hemat anggaran negara
5 stars - based on 5 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd4d348582b2e7f7e8b4571/gebrakan-bersih-bersih-dpr-dinilai-untuk-hemat-anggaran-negara

Gebrakan bersih-bersih DPR dinilai untuk hemat anggaran negara

Gebrakan bersih-bersih DPR dinilai untuk hemat anggaran negara
Partai Solidaritas Indonesia (PSI) ingin membuat gebrakan-gebrakan baru jika berhasil duduk di Parlemen pada Pemilu 2019. Partai besutan Grace Natalie tersebut bakal meminimalisir anggaran DPR yang terlalu boros untuk keperluan maupun fasilitas anggota dewan.

Pengamat politik Lingkar Madani Ray Rangkuti menyambut positif terobosan yang dilakukan PSI. Menurutnya, bangsa ingin punya wakil rakyat yang tidak boros dalam menggunakan anggaran.

"Ide itu bagus bagi PSI, tapi bagi bangsa ini juga bagus dan anggaran negara jangan banyak terlalu diboroskan untuk keperluan anggota DPR," katanya saat dihubungi, Sabtu (27/10).

Dia menuturkan, para parpol lama yang duduk di DPR saat ini tak perlu 'risih' dengan gebrakan PSI tersebut. Sebab, di satu sisi, gebrakan itu menjelaskan kepada rakyat bahwa partai partai lama ini sudah kehilangan ide. Yakni ide perubahan, ide perbaikan dan ide ide yang bisa menjadi harapan publik.

"Itu kan sebetulnya sekaligus kritik bagi PSI kepada partai yang sekarang dan karena itu enggak perlu diledekin oleh anggota DPR. Itu hanya bisa oleh argumen argumen yang rasional, tapi Bagaimana pun ide ini cerdik ya PSI-nya, tema ini," ujarnya.

Ray menilai wajar jika gebrakan PSI itu untuk menarik rasa simpatik masyarakat guna menaikkan elektabilitas. Apalagi PSI adalah partai pendatang baru yang lolos syarat ke Parlemen serta minim dari perhatian publik yang masih condong ke 5-6 partai lama.

Meski demikian, kata Ray, cara rekrutmen caleg PSI sejak awal memang ketat. Sehingga, terobosan 'bersih-bersih' DPR ala PSI merupakan kelanjutan dari seleksi caleg PSI yang transparan.

"Bahkan bagus dong karena memang tingkat kejenuhan publik kepada anggota DPR yang sekarang ini kan relatif cukup tinggi, jadi kalo kalo mereka (PSI) begitu mereka melihat peluang dan mengkampanyekan diri supaya masyarakat memilih mereka," ucapnya.

Para partai lama, kata Ray, akan sulit menerima gebrakan yang diinginkan PSI tersebut. Pasalnya, jika menyetujui, keuntungan elektabilitas bakal diraih PSI. Serta para partai politik lama saat ini masih mengandalkan biaya dari negara yang disebabkan masyarakat ogah menyumbang dana parpol.

"Karena baik individu dan partainya kan sekarang hidup dari situ, hidup dari anggaran negara ini. Oleh karena itu kan mereka gak mau anggaran negara nya diturunkan lagi. Memang hidupnya dari situ. Individu dan Partai ini hidup dari anggaran negara ini. Kalau biaya negara ini makin kecil, mereka akan dapat dana makin kecil," paparnya.

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) berhasil lolos untuk mengikuti Pemilu 2019 mendatang. PSI yang termasuk partai baru ini, memiliki kader dan calon legislatif (caleg) yang juga berasal dari generasi muda.

Tak tanggung-tanggung, PSI pun ingin bisa memenangkan Pemilu 2019 dan duduk di kursi DPR RI. Partai pimpinan Grace Natalie ini ingin membuat gebrakan-gebrakan baru jika berhasil duduk di Parlemen.

Fasilitas-fasilitas yang berlebihan, dijelaskan Dedek adalah berkaitan dengan kunjungan kerja, reses, studi banding, dan lain-lain. Para anggota DPR ini, kata dia, selain mendapatkan fasilitas, juga mendapatkan uang yang dirancangnya sendiri.

"Fasilitas-fasilitas waktu yang diberikan oleh mereka itu juga diiringi oleh fasilitas uang, nah fasilitas uang ini sifatnya langsat sehingga begitu menggoda untuk tidak diambil. Itu (uang) halal karena itu mereka sendiri yang merancang aturan-aturan tersebut," jelasnya.

Tetapi faktanya, menurut Dedek, ketika dirinya ke blusukan ke daerah pemilihannya (dapil), masyarakat sekitar mengaku tidak pernah ada anggota dewan yang datang ke daerah tersebut.

Sumber Berita : merdeka.com
Diubah oleh supriadiricardo
Halaman 1 dari 2
de pe er... hemat SENSOR kuda lah.yg gaknterlalu terkontrol dan gak pernah di bahas itu kbri kita di masing2 negara
semoga sukses lah psi...

emoticon-Kaskus Lovers
Sek gurung jabat
Bakal punya banyak musuh nih emoticon-Big Grin
pada kenyataannya nyalon jadi caleg aja butuh uang. kampanye butuh uang. terus darimana dapatnya kalo dana dipangkas semua setelah jadi? yang ada malah korupsinya makin menjadi.
Cuma janji2 manis partai gurem pingin dapet kursi.

Dasar sontoloyo

emoticon-Wkwkwk

Omong kosong
Bikin gebrakan tu hukum mati koruptor
Mantep dah
saia setuju gebrakan ini
Teori seh gampeng
Kalau mereka bisa sih, ane dukung nih caleg nya. Seenggaknya mereka bisa melihat potensi2 mana yg perlu diberdayakan dlm sistem perpolitikan Indonesia dan mengambil right2 issue yg bagus diangkat oleh para calegnya.

Daripada oposisi yg bahas isu2 nggak penting dan malah bikin gaduh.

Semoga aja politik indonesia menuju lebih baik.
Balasan post KRZR10
Quote:



mental nyogok n di sogok masih permanent sampai detik ini
emoticon-Leh Uga

emoticon-Leh Uga
Semoga psi ga manis di awal doang
Gw udah fix percaya 100 persen sama caleg caleg psi
biasalah kalo partai baru mah, ngomong nya yg manis manis terus emoticon-Leh Uga
yaelah cuman pengen kursi aja di dpr...gua yakin kalo ada yg duduk di dpr bakal lupa hal ini
Politisi - politisi busuk tukang KORUPSI yang harus yang disingkirkan dan dibersih kan dari gedung wakil Rakyat yang katanya terhormat disenayan sana...Gan emoticon-Shakehand2
Balasan post yuswijaya
Quote:


Betul juga ...
Hampir pada banyak kejadian Dubes atau konsul yang dipilih itu memang berdasarkan balas jasa sih ...

Soal isi berita ...
PSI harus lebih sering mengangkat misi dan visinya ...
Rakyat butuh yang benar2x berbeda dibandingkan partai2x yang sudah ada
nyaleg di PSI gratis kah? dana partai nanti dapet dari mana kalo bukan setoran anggota? emoticon-Big Grin
Quote:


Ane kerja dikbri gan yg ane amati sih kalau mau menghemat anggaran besar2 ran ini yg perlu di ketat kan
Ide lu bagus grace...

Cuman untuk itu, lu kudu lolos ke parlemen dulu.. emoticon-Smilie
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di