alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / ... / Gosip Nyok! /
Perjalanan Sinead O'Connor dan Sensasinya Hingga Masuk Islam
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd3420e60e24bf3398b4574/perjalanan-sinead-oconnor-dan-sensasinya-hingga-masuk-islam

Perjalanan Sinead O'Connor dan Sensasinya Hingga Masuk Islam

Perjalanan Sinead O'Connor dan Sensasinya Hingga Masuk Islam

Sinead O'Connor. Dok. Ist


Sinead O’Connor pernah menjadi diva di dunia musik pada tahun 80 sampai 90’an. Wajah cantik dan suara merdunya membuat dirinya cepat melesat menjadi bintang dari Irlandia hingga ke seluruh dunia. Penampilan khasnya dengan rambut pendek membuat dirinya jadi pembeda dengan penyanyi wanita lainnya.

Sinead tumbuh dari keluarga berkecukupan dengan seorang ayah yang merupakan insinyur dan ibu seorang desainer. Ia merupakan anak ketiga dari empat bersaudara. Namun masa kecilnya dilalui dengan sangat berat. Sinead kerap bercerita bahwa ia sering mengalami kekerasan yang dilakukan oleh sang ibu kepadanya.

Hal itu akibat perceraian orangtuanya di saat ia berusia delapan tahun. Ia bahkan kehilangan masa-masa indah saat anak-anak hingga remaja. Akibat kekerasan yang dilakukan oleh ibunya ia menjadi sosok pemberontak dalam rumah. Di usia lima belas tahun, Sinead ketahuan mencuri di sebuah toko dan dipenjara selama delapan belas bulan di pusat rehabilitasi anak-anak.

Pada tahun 1984 ia baru menemukan dunianya yakni musik. Ia pun bertemu Colm Farelly dan membentuk sebuah band bertajuk Ton Ton Macoute. Satu tahun setelahnya sang ibu meninggal akibat kecelakaan mobil dan ia pun memutuskan pindah ke London. Di sana ia bertemu dengan mantan staff U2 yakni Fachtna O’Ceallaigh yang membantunya memproduksi album debutnya. Saat memulai kariernya itu Sinead tengah hamil anak pertamanya yakni Jack.

Album perdananya pun laris di pasaran dan menciptakan berbagai hits salah satunya adalah lagu ‘Nothing Compares 2 U’ yang berhasil menduduki posisi puncak di 13 negara. Lagu itu sebenarnya di tulis oleh Prince untuk side proyeknya yakni ‘The Family’, namun Sinead membawakan lagu itu dengan versinya sendiri.

Perjalanan Sinead O'Connor dan Sensasinya Hingga Masuk Islam

Dok. Youtube


Video klip lagu tersebut pun menjadi salah satu video musik paling diingat di abad 20’an dengan konsep pengambilan sederhana namun kaya emosi. Video itu hanya menyorot wajah Sinead yang bernyanyi dengan mengenakan kaus polo berleher warna hitam. Ia tampak meneteskan air mata dalam video tersebut dan ia pun menyebut hal itu asli tanpa rekayasa ataupun berdasarkan skrip. Ia menangis karena mengingat mendiang ibunya itu.

Meski telah sukses namun terpaan angin ketenaran justru malah membuatnya berseteru dengan berbagai nama besar di belantika musik mancanegara, salah satunya adalah sang pencipta lagu hitsnya itu yakni Prince. Ia disebut sempat terlibat adu pukul dengan pelantun ‘Purple Rain’ itu saat diundang untuk menghadiri sebuah acara di kediamannya.

Sinead pun sempat memenangi Grammy lewat kategori ‘Best Alternative Music Performance’ di tahun 1990 namun ia tak hadir dan memboikot gelaran awards terbesar di dunia itu. Hal ini disebabkan karena saat ia tampil di Amerika Serikat ia tak ingin lagu kebangsaan negara tersebut dimainkan sebelum ia tampil dan membuatnya berseteru dengan musisi Amerika.

Tak hanya itu saat tampil di acara televisi SNL, Sinead membuat ulah yang selalu dikenang oleh semua pihak dan juga pertelevisian dunia. Ia memengang foto Paus John Paul II dan merobeknya sambil mengatakan ‘Jahat/setan’ dan ‘Lawan musuhmu’. Hal ini pun membuat panik pihak televisi yang menyiarkan hal itu secara live. 

Perjalanan Sinead O'Connor dan Sensasinya Hingga Masuk Islam

Dok. Ist


Sinead ternyata melakukan hal itu sebagai aksi protes terhadap kekerasan dan pelecehan terhadap anak-anak di Gereja Katolik di Irlandia dan aksinya itu membuat marah banyak pihak di seluruh dunia. Dua minggu setelahnya ia tampil di sebuah tempat di Madison Square Garden dan memilih membawakan lagu ‘War’ dari Bob Marley yang juga ia nyanyikan di SNL sebelum meninggalkan acara tersebut.

Pada 25 Oktober 2018, Sinead memutuskan untuk memeluk agama Islam dan mengganti namanya menjadi Shuhada Davitt.  Sejak mengumumkan melalui media sosial twitter, O’Connor atau Shuhada mendapatkan ucapan selamat dari umat muslim di seluruh dunia. Mereka menyambut baik pilihan yang telah ditentukan oleh bintang rock ini.

Perjalanan Sinead O'Connor dan Sensasinya Hingga Masuk Islam


"Di sini aku mengumumkan dengan bangga sudah menjadi muslim. Ini adalah sebuah kesimpulan alami dari perjalanan seorang teolog yang cerdas. Semua kitab mengarah ke Islam," tulisnya pada caption foto.

Ibu 4 anak ini pun memberi ucapan terima kasih pada warganet. ”Terima kasih banyak kepada semua saudara-saudari muslim yang telah begitu baik hati untuk menyambut saya. Anda tak bisa membayangkan betapa lembutnya hal ini bagi saya,” tulisnya dalam foto lainnya.

Sejak mengumumkan keputusannya masuk Islam, Sinead O’Connor kerap mengunggah kutipan ayat-ayat Al-Quran dan fotonya berhijab. Musisi yang sudah mengganti namanya menjadi Shuhada' tersebut bahkan mencoba untuk berazan.

Pada 19 Oktober lalu, Sinead juga mengunggah video azan di YouTube. Ia tampak mengenakan kaos army lengan panjang dan menggunakan penutup kepala.

"Ini percobaan pertamaku azan. Pengucapanku beberapa kali salah karena aku sangat emosional saat itu. Tapi ada percobaan lainnya yang akan datang," tulisnya di Twitter sambil memberikan link video YouTube.






Sumber


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di