alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Berita Luar Negeri /
Perekonomian Australia Terlalu Tergantung pada China
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd33e61582b2e93588b4571/perekonomian-australia-terlalu-tergantung-pada-china

Perekonomian Australia Terlalu Tergantung pada China

Perekonomian Australia Terlalu Tergantung pada China

Canberra -
Sebuah laporan terbaru yang diterbitkan hari Jumat (26/10/2018) menyebutkan bahwa Australia yang sudah mengalami pertumbuhan ekonomi yang bagus bisa mengalami kemunduran karena keributan politik di dalam negeri dan terlalu tergantung dalam perdagangan dengan China.
Ketergantungan akan China


China adalah pembeli terbesar biji besi, baja, wool dan minuman anggur dari Australia
Bila China memutuskan memboikot Australia, banyak warga Australia akan terpengaruh hidupnya
Keributan politik dan banyaknya pergantian Perdana Menteri juga mengkhawatirkan


Laporan yang ditulis oleh Editor Asia Majalah The Economist yang terbit di Inggris Edward McBride mengatakan Australia sudah menjadi 'salah satu negara dengan perekonomian terbaik di dunia' karena pertumbuhan ekonomi yang stabil dan ketahanan melewati guncangan dua kriris ekonomi dunia.

Disebutkan juga bahwa tidak ada negara lain yang pernah mengalami pertumbuhan ekonomi seperti yang dialami Australia.

McBride mengatakan ini terjadi karena adanya reformasi yang dilakukan 30 tahun lalu oleh mantan perdana menteri Bob Hawke dan Paul Keating - yang mengambangkan nilai dolar dan menderegulasi sektor keuangan - dan juga adanya diversifikasi ekonomi belakangan di masa berakhirnya booming di bidang pertambangan.


Berbicara dengan ABC, McBride mengatakan pertumbuhan ekonomi di Australia selama 27 tahun tanpa resesi dengan sistem layanan kesehatan yang terjangkau, dan pensiun merupakan faktor utama yang membuat Australia menjadi seperti saat ini.

Namun laporan tersebut mengatakan ketergantungan Australia pada perdagangan dengan China, selain juga keributan politik dalam negeri memiliki potensi menghancurkan kebijakan yang sudah menjadi kunci sukses ekonomi selama ini.
Boikot dariBeijing bisa mempengaruhi kehidupan di Australia

China adalah mitra dagang terbesar Australia dengan impor dan ekspor bernilai $AUD 183 miliar tahun lalu menurut Komisi Perdagangan dan Investasi Australia.

Mitra dagang terbesar kedua adalah Jepang dengan nilai $AUD 71 miliar yang mengambil posisi kedua menggeser Amerika Serikat tahun lalu.

Perekonomian Australia Terlalu Tergantung pada China

China adalah pembeli terbesar biji besi, wool dan minuman anggur dari Australia. (Reuters: Aly Song)

China menjadi pembeli bij besi, wool, baja dan anggur terbesar dari Australia dan juga menjadi pasar bagi 16 persen turis yang mengunjungi Australia.

Dalam laporannya, McBride mengatakan kemungkinan boikot ekonomi yang dilakukan China bisa memberi dampak besar bagi Australia.

"Bila turis dari China menghilang, atau warga China berhenti menengguk anggur Australia, banyak warga Australia akan terpengaruh kehidupannya." tulsi McBride.

Kemungkinan adanya boikot tersebut bisa saja terjadi dan pernah terjadi di masa lalu.

Tahun lalu Beijing melakukan boikot terhadap Korea Selatan karena keputusan Seoul untuk memasang sistem anti rudal buatan Amerika Serikat.

Namun Hans Hendrischke, profesor pakar bisnis China di University of Sydney mengatakan hubungan bisnis itu melibatkan dua pihak.

"Masalah dengan kemungkinan ini adalah bahwa pengurangan sepihak dalam hubungan dagang antara China dan Australia akan menyebabkan kerugian ekonomi segera, dan tidak ada manfaat politiknya." kata Hendrischke, sambil menambahkan kedua belah pihak menyediakan barang dan jasa yang tidak dimiliki oleh masing-masing negara.

Menteri Perdagangan Turisme dan Investasi Australia Simon Birmingham mengatakan kepada ABC bahwa Australia akan terus mendukung sistem perdagangan multilateral, dengan membuka 'pintu-pintu baru' bagi pengusaha Australia lewat perjanjian dagang dengan Indonesia, Hong Kong dan Uni Eropa.

"Kami sudah memiliki hubungan dagang dan investasi yang kuat dengan China, Amerika Serikat, dan banyak negara lain." katanya dalam sebuah pernyataan.

"Saya terus mendesak semua pihak untuk menghormati aturan perdagangan internasional yang sudah lama ada, dan menghindari tindakan yang bisa merusak perekonomian mereka dan negara lain."

sumur

Code:
https://news.detik.com/abc-australia/d-4273812/perekonomian-australia-terlalu-tergantung-pada-china


CILAKAA LUwa BELAS WAAAA emoticon-Matabelo
australia bisa melihat bagaimana china tiba2 tidak membeli gas alam AS di bulan september, itu bukan masalah tarif impor, namun perintah utk tidak boleh impor
kalau itu terjadi pada australia, bisa ribut politik dalam negeri australia, sementara AS tidak bisa membantu banyak emoticon-Big Grin

haiyaaa ciilaaka luuwa weelas waaa

Ostelaliyaaa adalah satu contoh negara Bule yg DOOWGOOL waaa!!!

SDA punya,SDM punya,teknologi punya tetapi bahan mentah bukan dikelola sendiri malah dijual murah dan bayar brg jadi dgn harga mahal waaa.

Saking doowgool nyeee banyak industri penting jd bangkrut dan mata uang dr ke 2 diduniyee sekarang jatuh ke 5 dibawah S'porno waaa!!!

Ironis nyeee,dulu anti Jepang/Asia bla...blaaa,tetapi sekarang pelan2 si Cina sneaking in kuasai banyak asset primer waaa.

Dan SAMPAH2 yg gak berguna yg bkln merusak sosial struktrur dimasukin dlm jumlah besar!!!!

Bukan didik tenaga ahli lokal tetapi malah import tenaga ahli dr SHIThole countries yg primitip waaa!!! emoticon-Frown emoticon-Frown
Bahan mentah bukan cinak emoticon-Tai doank yang butuh, tinggal cari negara penggantinya aja...

Ketergantungan sama cinak malah jauh lebih buruk kedepannya, daripada harus kehilangan pembeli bahan mentah untuk sementara
Diubah oleh senwret7
apaan, malah banyak orang menglen di sydney. pertanyaan kenapa banyak orang menglen yg tinggal di aussie? emoticon-Big Grin apakah menglen sudah tidak supapawe, dan kapitalis lagi emoticon-Wkwkwk
Artinya ekonomi sekarang ekonomi global, kalo ikut2an amerika perang dagang ya siap2 berimbas negatif dalam perekonomian. Walaupun dari dulu Australia selalu menurut amerika, tetapi kalo soal perang dagang dengan china gak bakal berani. Bisa2 australia kena kisis ekonomi emoticon-Imlek
Properti australia dikuasai china
wahai para penyembah teori,,belajarlah tentang Eropa yang tetap makmur walau kiri

tinggal tunggu waktunya tukang genosida jadi negara miskinemoticon-Big Grin


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di