alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Mengenal Cita Rasa Khas Cirebon
5 stars - based on 6 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd322e75a5163294b8b457a/mengenal-cita-rasa-khas-cirebon

Mengenal Cita Rasa Khas Cirebon



Cirebonan !! Wah agan yang ada di cirebon pastinya bangga dengan daerahnya maklum saja kawasan cirebon menjadi titik masuk dua wilayah antara jawa barat dan jawa tengah.

Mengenal Cita Rasa Khas Cirebon

Namun sebagai kawasan yang kaya dengan budaya cirebon juga terkenal dengan kulinernya, lantas apa saja yang menjadi ciri khas di cirebon, tentunya agan semua penasaran.

Dimulai dari kulinernya yang khas cirebon memang mempunyai beberapa kuliner yang bikin perut kita nagih untuk mencicipinya.

Empal Gentong

Mengenal Cita Rasa Khas Cirebon

Nah kuliner yang seperti kari ini memang menjadi ciri khas dari Cirebon, kuah santan dengan campuran daging dan jeroan membuat nikmat rasa empal gentong khas cirebon.

Terlebih lagi gentong yang dipakai untuk kuah harus tetap hangat dengan dibakar menggunakan tungku kayu bakar, rasanya katanya sih akan berbeda bila di hangatkan bila memakai kompor gas.

Tak hanya itu gentongnyapun tidak pernah dicuci hanya dilap saja, entahlah kalau masalah higienis tapi inilah yang membuat khas kuliner unik yang satu ini.

referensi

Tahu Gejrot

Mengenal Cita Rasa Khas Cirebon

Kembali ke kuliner ringan khas cirebon yaitu tahu gejrot, menurut riwayat sesepuh dari cirebon produksi tahu gembos berawal dari situasi politik dan ekonomi saat itu yang tidak stabil. Hingga pengusaha keturunan china membuka pabrik-pabrik perusahaan tahu gembos sebagai bahan dasar tahu gejrot. Hingga keadaan sudah stabil pengusaha keturunan china tersebut beralih dengan bisnis yang memiliki keuntungan lebih besar. Hingga produksi tahu gembos di ambil alih oleh warga lokal.

Nah dari sanalah bahan utama tahu gejrot adalah tahu gembos yang dihidangkan bersama kuah kecap, cabai rawit, bawang merah, dan gula merah. Kuliner ini pun menjadi salah satu makanan khas Cirebon dan memiliki aroma serta cita rasa unik. 

Mengapa disebut tahu gejrot karena air gula merah yang encer dalam botol berlubang kecil jika dikucurkan harus dengan jalan dihentak atau digejrotkan, hingga menimbulkan bunyi jrot-jrot-jrot. Nah karena yang digejrot itu tahu, maka latah orang menyebutnya tahu gejrot, itulah asal muasal nama tahu gejrot di daerah cirebon.

referensi

Musik Tarling

Mengenal Cita Rasa Khas Cirebon

Sebenarnya alat musik khas cirebon ini tidak hanya gitar dan suling namun agar lebih mudah diingat maka dipakailah kata "tarling".

Dimasa lalu tarling memang menjadi kesenian cirebon yang sangat melekat, baik itu dari seni musik namun juga dipakai untuk acara teater. Namun sebelum 'resmi' bernama tarling, kesenian ini dikenal dengan sebutan 'melodi kota ayu' di Kabupaten Indramayu, dan 'melodi kota udang' di Cirebon. Hingga akhirnya pada 17 Agustus 1962, ketua Badan Pemerintah Harian (BPH, sekarang DPRD) Kabupaten Cirebon, menyebut kesenian itu dengan sebutan tarling.

referensi

Singa Barong

Mengenal Cita Rasa Khas Cirebon

Selain kuliner dan musiknya cirebon juga mempunyai kereta kencana yang indah dan dinamai singa barong.

Kereta yang terdapat di Keraton Kasepuhan Cirebon ini merupakan perpaduan berbagai unsur agama dan budaya. Kereta yang dibuat pada tahun 1649 oleh Ki Natagana atau Ki Gede Kaliwulu ini merupakan kereta canggih yang keren pertama produk bangsa Indonesia dengan desain yang melambangkan persahabatan antar agama.

Kereta ini menggunakan sistem suspensi dan juga power sterring layaknya kendaraan modern saat ini, tak hanya itu sistem hidrolik pun tersemat pada kereta kencana ini agar bisa berjalan dengan nyaman.

Kereta kencana ini merupakan gabungan dari tiga hewan yakni gajah, naga, dan garuda. Belalai gajah menyimbolkan persahabatan Keraton Cirebon dengan India yang beragama Hindu. Naga melambangkan persahabatan dengan China Yang beragama Budha . Sementara garuda, melambangkan Cirebon yang bersahabat dengan Mesir yang beragama Islam "Belalai gajah memegang trisula, menyimbulkan cipta, rasa dan karsa," 

referensi

Itulah keunikan dari Cirebon yang bisa saya ulas, walau sebenarnya masih banyak hal unik dari kota yang dilewati pantai utara ini. Namun silahkan agan menambahkan sendiri bila ada yang menarik saya akan angkut ke page one, monggo seruupuutt dolo

emoticon-coffee

c4punk@2018










Halaman 1 dari 5
pertamax
Cirebon kota penuh kenangan
Quote:


bersama mantan ya gan emoticon-Big Grin
Duh empal gentongemoticon-Matabelo
Pengen mudik jadinyaemoticon-Sorry
nah kan tahu gejrot et dah lama bgt. udah jarang lagian tukang tahu gejrot dimariemoticon-Mewek
Quote:


Hahaha suka bener kalo jawab si agan emoticon-Blue Guy Peace
Quote:


Mudik yuk gan emoticon-Big Grin

Quote:


Masih ada tapi jarang kali ye..emoticon-Big Grin

Quote:


Padahal ngasal jawabnya emoticon-Big Grin
nasi lengko
nasi jamblang
sate kalong
empal asem
de el el
Quote:


emoticon-Hammer2
Quote:


Hehehe emoticon-Big Grin
Quote:


Selamat weekend gan
Klo udang rebon dr cirebon bukan?...

Mengenal Cita Rasa Khas Cirebon
Ane dl ke cirebon makannya malah sate kalong
empal gentong h apud.
mantap sate nya.
kalo empal gentong nya lebih juara yang mang darma
Quote:


Trasi gan
Ama kecap manis
Quote:


Siippp gan

Quote:


Iya..

Quote:


Enakk tuh

Quote:


Iya setuju...

Quote:



Gurihhh dah...emoticon-Big Grin
Mie koclok sama nasi jamblang gan mantep emoticon-thumbsup
hmmmm....
cita rasa udang.
Quote:


Nasi jamblang nya bikin ketagihan
Diubah oleh nanaaje753
enak tuh tahu gejrot. yummy emoticon-Angkat Beer
Halaman 1 dari 5


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di