alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Warga Konawe Kini Tak Lagi Beli Bahan Bakar Minyak Rp 15 Ribu
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd2e719dac13ee2548b4567/warga-konawe-kini-tak-lagi-beli-bahan-bakar-minyak-rp-15-ribu

Warga Konawe Kini Tak Lagi Beli Bahan Bakar Minyak Rp 15 Ribu

Warga Konawe Kini Tak Lagi Beli Bahan Bakar Minyak Rp 15 Ribu
Jakarta, masyarakat di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), sebelumnya menikmati BBM dengan harga Rp 15 ribu per liter, namun kini
PT Pertamina (Persero) telah mengoperasikan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dan Bahan Bakar Minyak (BBM) dengan satu harga atau program BBM Satu Harga.

PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) VII mengoperasikan SPBU Kompak 76.933.02 BBM satu Harga di Kecamatan Wawoni Barat, Kabupaten Konawe Kepulauan, Sulawesi Tenggara, ini sesuai dengan amanah pemerintah untuk memperluas BBM satu harga ke wilayah pelosok.

General Manager Pertamina MOR VII, Tengku Fernanda mengatakan, ‎selama ini kebutuhan BBM di daerah Konawe Kepulauan dipenuhi dari Kabupaten Konawe Selatan dan Kendari, dengan menggunakan kapal khusus oleh masyarakat. Akibatnya, harga BBM bisa menembus Rp 15 ribu per liter.

"Dengan hadirnya SPBU Kompak ini, masyarakat dapat memenuhi kebutuhan bahan bakar untuk transportasi darat, nelayan dan transportasi laut antar pulau dengan harga Premium Rp 6.450 per liter dan Solar subsidi Rp 5.150 per liter," kata Tengku, di Jakarta, Jumat (20/7/2018).

Untuk BBM jenis Penugasan Premium yang disalurkan di SPBU Kompak ini sebesar 25 kilo liter (kl) per bulan dan BBM Subisidi Solar sebesar 10 kl per bulan, pasokan seluruh BBM tersebut disuplai dari Terminal BBM Kendari. Pasokan BBM ke SPBU Kompak di Wawoni Barat ini tidak mudah, karena harus menggunakan dua tipe moda transportasi.

"Dari Terminal BBM Kendari, BBM diangkut menggunakan mobil tangki BBM sejauh 3 Km ke pelabuhan. Perjalanan dilanjutkan dengan kapal BBM sejauh 48 Km laut. Setibanya di Pelabuhan Wawoni, BBM dibongkar kembali ke dalam drum menuju SPBU Kompak," ujar dia,

Tengku menambahkan, SPBU Kompak di Wawoni Barat ini merupakan lokasi BBM satu harga yang ke ketiga yang dioperasikan pada 2018 dari target penambahan lokasi BBM satu harga di wilayah Sulawesi pada 2018 sebanyak 9 titik.

Diharapkan dengan hadirnya SPBU Kompak ini dapat memacu pertumbuhan ekonomi Wawoni Barat, seperti yang terjadi di lokasi-lokasi BBM satu harga lainnya. Sehingga kesejahteraan masyarakat bisa lebih baik dan merata

‎Total titik BBM satu harga yang sudah beroperasi di wilayah Sulawesi sejak 2017 hingga hari ini telah bertambah menjadi 9 titik dari target keseluruhan di wilayah Sulawesi sebanyak 14 titik.

Karena sebelumnya, PT Pertamina (Persero) telah mengoperasikan 4 unit lembaga penyalur resmi Bahan Bakar Minyak (BBM) satu harga. Program tersebut merupakan upaya pemerintah memberi rasa keadilan untuk masyarakat di wilayah terluar, terdepan dan terpencil (3T).

Pelaksana tugas Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, dari target pengoperasian lembaga penyalur resmi BBM satu harga di 67 lokasi‎ pada tahun ini, Pertamina sudah mengoperasikan empat unit, saat ini 9 unit lembaga penyalur resmi masih dalam pembangunan, sedangkan 54 unit sedang menunggu izin pemerintah daerah (pemda).

"9 progres pembangunan 54 nunggu izin pemda, sudah sesuai dengan kriteria 3T, izin dari Pertamina sudah selesai tinggal dari pemda," tutur Nicke.

Kini Pertamina sedang meminta dispensasi ke Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, untuk mempercepat proses perizinan, sehingga pengoperasian lembaga penyalur resmi BBM satu harga dapat sesuai target.
Spoiler for Sumber Berita:


Alhamdulillah, semoga cepat merata
emoticon-Salamanemoticon-Salamanemoticon-Salaman
Quote:


gak bakal ada nasbung laknat yg masuk bro
padahal nasbung jidat gosong rumahnya ya di kampung2, orangtuanya juga di pelosok desa, salam hati pasti mengakui kehebatan jokowi emoticon-Big Grin
Quote:
selalu dilebay2kan

mirip di papua, spbu mayoritas dah satu, cuma beberapa titik yg gak
dieksploitasi buzzer seolah2 seluruh papua baru 1 harga di era jokowi.
Nasbung masuklah
Diubah oleh Luthfins
Quote:

sudah ada dua tuh di atas tiga sama aneemoticon-Imlek
saya kurang paham ini maksudnya BBM satu harga... Bukannya dari dulu memang BBM itu sama harganya di semua SPBU?... Yg bikin beda bukannya pedagang eceran yg menjual dengan harga semaunya?...
Diubah oleh Biocell97
Balasan post Biocell97
Quote:


dari jaman soeharto jadi presiden juga sudah ada SPBU Pertamina di Papua, dan harganya BBM juga sama dengan yg di jawa
Balasan post Luthfins
Quote:


udah 4 sama ane...


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di