alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
PGI Keberatan RUU Pesantren Atur Syarat Sekolah Minggu di Gereja
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd2e5e8ddd77063618b4567/pgi-keberatan-ruu-pesantren-atur-syarat-sekolah-minggu-di-gereja

PGI Keberatan RUU Pesantren Atur Syarat Sekolah Minggu di Gereja

JAKARTA, KOMPAS.com - Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia ( PGI) mengkritik ketentuan dalam Rancangan Undang-Undang (RUU) Pesantren dan Pendidikan Keagamaan yang mengatur tentang pendidikan sekolah minggu dan katekisasi. 

Ketentuan tersebut tercantum dalam Pasal 69 dan Pasal 70 RUU Pesantren dan Pendidikan Keagamaan. Sekretaris Umum PGI Gomar Gultom mengatakan, pihaknya tak sepakat dengan ketentuan penerapan syarat atau pembatasan terhadap pendidikan sekolah minggu dan katekisasi.

"Sejatinya, pendidikan Sekolah Minggu dan Katekisasi merupakan bagian hakiki dari peribadahan gereja, yang tidak dapat dibatasi oleh jumlah peserta, serta mestinya tidak membutuhkan izin karena merupakan bentuk peribadahan," ujar Gomar kepada Kompas.com, Jumat (26/10/2018). 

Pasal 69 ayat (3) RUU Pesantren dan Pendidikan Keagamaan menyatakan, pendidikan sekolah minggu dan katekisasi diselenggarakan dalam bentuk program yang memiliki peserta paling sedikit 15 orang peserta didik. 
Kemudian, pada Pasal 69 ayat (4), pendidikan keagamaan Kristen nonformal wajib mendapatkan izin dari kantor Kementerian Agama kabupaten/kota setelah memenuhi ketentuan tentang persyaratan pendirian satuan pendidikan 

Gomar menjelaskan, pendidikan Sekolah Minggu dan Katekisasi merupakan proses interaksi edukatif yang dilakukan oleh gereja-gereja di Indonesia. Baca juga: RUU Pesantren dan Pendidikan Keagamaan Jadi Usul Inisiatif DPR Keduanya termasuk dalam pendidikan nonformal dan masuk dalam kategori pelayanan ibadah bagi anak-anak dan remaja. 

Dengan demikian pendidikan, Sekolah Minggu dan katekisasi tidak dapat disamakan dengan pesantren. 
Menurut Gomar, penerapan syarat sebagaimana diatur dalam Pasal 69 dan Pasal 70, tidak sesuai dengan model pendidikan anak dan remaja gereja-gereja di Indonesia. "Tampaknya RUU ini tidak memahami konsep pendidikan keagamaan Kristen di mana ada pendidikan formal melalui sekolah-sekolah yang didirikan oleh gereja-gereja dan ada pendidikan nonformal melalui kegiatan pelayanan di gereja," kata Gomar.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "PGI Keberatan RUU Pesantren Atur Syarat Sekolah Minggu di Gereja", https://nasional.kompas.com/read/2018/10/26/15405801/pgi-keberatan-ruu-pesantren-atur-syarat-sekolah-minggu-di-gereja
Penulis : Kristian Erdianto
Editor : Inggried Dwi Wedhaswary


Mungkin anggota2 dewan yg rata2 muslim khawatir kalo pendidikan kristen berakibat banyak pencabulan kaya berita2 pencabulan dipengajian karena muridnya dikit dan kurang pengawasan
ambil positifnya
emoticon-Maaf Agan


Pengusul RRU adalah partai P3 dan PKB emoticon-Shakehand2
Quote:
sebaik nya UUD 29 dihapuskan aja biar jelas gitu loh atau emang tujuan nya ituemoticon-Leh Uga
Quote:


P3 parte yg berlambang batu gosok item itu? anjeeeng emang pengen murtadin tu kadernya?
Bagiku agamaku dan agamamu aku yang ngatur emoticon-Bedug
penyembah berhala batu arab mulai mengebiri penyembah berhala patung secara halus emoticon-Leh Uga
Ini mungkin sengaja dimasukkan RUU nya..
soalnya tar biar ada alokasi dana buat pendidikan sekolah minggu.. tapi kalo ditolak ya gpp Itu kan maunya PGI sendiri.. Kan baru rancangan..

PGI Bl*ngsak A*jing! Yg beginian lu urusin, giliran kasus pendeta cabul, organisasi kristen ikut campur urusan politik kalian diam aja!
emoticon-Ngakak

Yg agama laen koq ga ada suaranya . .
Balasan post mama.anton
Quote:


Urusin aja agamalo sendiri
Gk usa ngurusin orang lain GobloG
emoticon-Ngakak
Balasan post mama.anton
Quote:


Adiknya juga, bomber dan Guru mengasah biji gk diurus emoticon-Ngakak
Quote:


Bhangsat ngakak ane emoticon-Ngakak
Ujung-ujungnya, bakal studi banding deh.
Quote:


Iya makanya mending di legalisasi aja kayak nabinya uclim, anak 6 tahun aja diembat.
Ya emang arahnya ke situ kan.... Islamisasi dan pejajahan budaya.
Quote:


Mulut ente tuh ibaratnya kata comberan... Siapa juga yang ikut campur urusan politik, situ malah ngurusin agama orang lain. GOBLOK!!
hadeuh ngapain ikut2
Quote:


Hadeuh ngomong yang bener nape kaya ngerti2 aja loe tong
Diubah oleh santishop33


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di