alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Inpirasi dari Ronny Gani, Animator Film Hollywood Keren Asal Indonesia
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd2dcfe642eb6ff668b4575/inpirasi-dari-ronny-gani-animator-film-hollywood-keren-asal-indonesia

Inpirasi dari Ronny Gani, Animator Film Hollywood Keren Asal Indonesia

Inpirasi dari Ronny Gani, Animator Film Hollywood Keren Asal Indonesia

Jika mendengar judul-judul film Hollywood seperti Avengers: Infinity War, Ready Player One, atau Ant-Man apa yang akan terlintas di kepalamu? Tentu saja aksi para aktor papan atas yang tampak memukau dan di luar dugaan, bukan?

Namun, aksi para aktor dunia tersebut tak akan semeyakinkan itu tanpa ditunjang Animasi CGI. Di sinilah peran orang-orang di balik layar menjadi penting dalam keberhasilan sebuah film. Salah satu diantaranya adalah Ronny Gani, animator asli Indonesia yang telah berkiprah di belasan judul film internasional. 

IDN Times dapat kesempatan mengobrol santai dengan bung Ronny yang saat ini berbasis di Singapura. Ada sejumlah inspirasi yang bisa diambil dari kisah sang rockstar animation.


1. Lulus dari arsiteksur tetapi memilih karier di industri animasi, Ronny ingin jadi "rockstar" daripada sekadar "average joe"
Inpirasi dari Ronny Gani, Animator Film Hollywood Keren Asal Indonesia
Ronny Gani lulus dari Jurusan Arsitektur Universitas Indonesia. Di semester akhir kuliahnya ia menemukan bakat dan minat dalam dunia animasi. Sesuatu yang berbeda dengan yang selama ini dipelajarinya di bangku kampus. Ronny pun melihat peluang di bidang tersebut dan memutuskan untuk menekuninya, walaupun secara otodidak. 

"Gak pernah ada garis keras yang menyatakan bahwa this is my life. Semua berlangsung secara gradual (bertahap). Baru setelah mengejar peluang itu dan ngejalanin akhirnya aku tersadar." Untuk memulai dari nol sampai dapat pekerjaan pertamanya di bidang animasi, Ronny butuh waktu menempa diri selama enam sampai delapan bulan. 

"Tapi pekerjaan pertama itu pun aku terbilang masih sangat junior, bahkan dianggap masih harus di-training," kenangnya. Ronny tak bosan mengingatkan bahwa untuk bisa mendapatkan pekerjaan impian seperti dirinya siapa pun harus mau memulai dari nol. Mulailah dari perusahaan yang masih lokal dan konsisten dalam membuat progress (kemajuan).

Memilih mengejar sesuatu yang benar-benar baru secara otodidak mungkin terlihat nekat. Namun begini ujar sang animator Avengers: Infinity War. "Kalau buat aku pribadi, it's either I do this or I don't do anything at all". Ini atau tidak sama sekali. "Dalam artian, kalau misalnya aku gak ngelakuin ini I would be just an average joe in any other field." Alias hanya menjadi orang biasa-biasa aja di bidang apa pun. Jadi menyadari potensi dirimu di mana dan fokus mengembangkannya sangat penting dalam perjalanan kariermu. 


2. Bagi anak Indonesia menembus industri animasi internasional memang sulit, tapi bukan mustahil
Inpirasi dari Ronny Gani, Animator Film Hollywood Keren Asal Indonesia
Banyak anak bangsa yang sudah patah arang duluan ketika memikirkan prospek bekerja untuk perusahaan terkenal atau film besar. Ronny sendiri mengakui bahwa menembus industri animasi internasional pasti susah. Tetapi bukan berarti mustahil.

"Bisa kalau memang kita konsisten dan bisa bertahan dengan semua usaha yang kita harus lakukan. Karena seperti yang sudah aku bilang, semua gak terjadi dengan instan." 

Bagi Ronny sendiri, butuh waktu sekitar lima tahun baru bisa terlibat di film-film box office Hollywood dari awal membangun kariernya. Pantang menyerah menjadi kunci lain untuk mengejar cita-cita di dunia animasi internasional.


3. Fokus utama Ronny Gani & Bengkel Animasi adalah penyerapan tenaga kerja
Inpirasi dari Ronny Gani, Animator Film Hollywood Keren Asal Indonesia
Sejak tahun 2014, Ronny Gani mendirikan sebuah institusi kursus online BengkelAnimasi.com. Berkaca dari pengalamannya saat baru mulai merambah dunia animasi dulu, ia menyadari betapa sulitnya mencari sumber daya untuk belajar tentang animasi.

Bengkel Animasi saat ini punya tujuan utama yang sangat mulia. Tak hanya mendidik orang-orang yang tertarik menekuni dunia animasi, Ronny Gani dan kawan-kawan ingin berfokus pada penyerapan tenaga kerja di bidang animasi. 

"Saat ini kita mulai bekerja sama dengan beberapa studio lokal. Pangsa pasar kita sangat spesifik, untuk mereka yang benar-benar ingin berkarier di bidang animasi, yang baru lulus kuliah atau SMA untuk menuju posisi junior animator. Jadi pada akhir training mereka ini bisa langsung diserap entah sebagai internship atau langsung dipekerjakan."

Fokus Bengkel Animasi ini berdasarakan pengalaman Ronny dan rekan-rekan animator senior yang melihat gap antara jumlah lulusan mulai banyak namun penyerapannya masih rendah. "Ini yang kita ingin fokuskan bagaimana dari pool yang benar-benar besar ini bisa efektif diserap oleh industri (animasi) karena industrinya sendiri sudah mulai berkembang."


4. Masyarakat Indonesia perlu tahu bahwa industri animasi semakin kokoh dan menjanjikan
Inpirasi dari Ronny Gani, Animator Film Hollywood Keren Asal Indonesia
Misi berikutnya dari Ronny Gani dan kawan-kawan adalah ingin memberi pemahaman kepada masyarakat bahwa industri animasi telah menjadi sebuah profesi. Karena kebanyakan masyakarat umum masih melihat bahwa animasi hanya sekadar main-main. 

"Animasi sudah menjadi sebuah industri di mana orang bisa memperoleh kesempatan berkarier dan mendapat penghasilan dari sana." 


6. Lewat Indonesian CG Heroes, Ronny dan empat pembicara keren lainnya akan membagikan ilmu & inspirasi bagimu
Inpirasi dari Ronny Gani, Animator Film Hollywood Keren Asal Indonesia
Dengan tujuan ini Bengkel Animasi kerap menggelar berbagai event keren. Salah satunya adalah "Indonesian CG Heroes" yang bakal digelar pada 10 November 2018. Event yang bertepatan dengan Hari Pahlawan ini bakal menghadirkan sederet pembicara keren yang telah menjadi "pahlawan" di bidang CGI animation asal Indonesia.

Selain Ronny Gani akan ada juga Rini Sugianto, Lead Animator untuk studio Goodbye Kansas; Daniel Tjondroputro, Lead Animator untuk Ubisoft Singapore; Denny Ertanto, Compositor di Weta Digital Selandia Baru; dan Andre Surya pendiri Enspire Studio Indonesia. Masing-masing punya pengalaman keren dan cerita inspiratif yang bisa menambah ilmu bagi kamu yang berminat terjun ke industri animasi.

Jangan lupa untuk datang ke event yang bakal digelar di Auditorium Green Office Park 9, Sinarmas Land, BSD ini ya! Ronny dan kawan-kawan akan mengisi acara ini mulai dari pukul 9 pagi sampai 4 sore. Kalau kamu benar-benar ingin mengejar impian di dunia ini, rugi banget kalau sampai melewatkannya!


Sumber : https://www.idntimes.com/life/inspir...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Inpirasi dari Ronny Gani, Animator Film Hollywood Keren Asal Indonesia Bangga 4 Animator Asal Indonesia Ini Sukses Menembus Film Hollywood

- Inpirasi dari Ronny Gani, Animator Film Hollywood Keren Asal Indonesia 8 Fakta Ronny Gani Renald Taurusdi Animator Infinity War Asal Indonesia

- Inpirasi dari Ronny Gani, Animator Film Hollywood Keren Asal Indonesia Wow Ternyata Ini 9 Pekerjaan yang Dulu Dipandang Sebelah Mata tapi Sekarang Sangat Menjanjikan



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di