alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Tech / ... / Hosting Stuff /
Tips Memilih Domain Hosting Untuk Blogger
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd2cdeadcd770b6188b4567/tips-memilih-domain-hosting-untuk-blogger

Tips Memilih Domain Hosting Untuk Blogger

Menulis konten SEO friendly dan berkualitas adalah hal utama yang perlu diperhatikan ketika membangun blog. Namun, ada hal lain yang sebenarnya perlu diperhatikan oleh seorang blogger saat hendak membangun blog. Hal yang perlu diperhatikan itu adalah pemilih domain hosting yang baik. Mungkin, kebanyakan blogger pemula tidak begitu memperhatikan hal ini. Tetapi untuk menjadi seorang blogger professional, sangat disarankan agar anda memahaminya. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini akan saya ulas sedikit tips terbaik memilih domain hosting untuk blog anda.

Memilih Nama Domain Hosting

Sebenarnya, nama domain ini hanyalah berguna untuk mempermudah seseorang ketika hendak berkunjung pada sebuah blog. Bayangkan saja, anda sendiri pun pasti akan kesulitan untuk menemukan suatu blog jika harus menulis IP address dari blog tersebut yang sebenarnya berupa angka. Walaupun hanya bertindak sebagai kumpulan kata yang mempermudah untuk menemukan sebuah blog, nyatanya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memilih nama domain hosting tersebut.

Tips Memilih Domain Hosting Untuk Blogger


Pilihlah Kata yang Singkat, Mudah Diingat, dan Mudah Dieja

Hal pertama yang perlu diperhatikan saat memilih nama domain hosting adalah pemilihan kata yang singkat, mudah diingat, dan mudah dieja. Untuk contoh, mungkin anda bisa melihat situs-situs seperti google.com, yahoo.com, dan amazon.com yang sekarang barada di deretan situs top dunia. Rata-rata dari mereka memilih nama yang sangat simple dan tidak lah begitu panjang. Sebagai penghitungan, akan sangat baik jika jumlah kata pada nama domain tersebut tidak sampai 10 kata.

Kemudahan melakukan pencarian di situs mesin pencari juga menjadi alasan lain mengapa pemilihan kata ini sangat penting. Memang, sudah terdapat fitur bookmark di tiap mesin pencari. Namun sadar tidak sadar, fitur tersebut tidak lah begitu dipahami oleh kebanyakan pengguna internet yang biasanya langsung melakukan pencarian di mesin pencari saat hendak berkunjung ke sebuah situs. Bila dilihat dari presentase angka 1 sampai 10, pentingnya memilih kata yang singkat, mudah diingat, dan mudah dieja dapat ditempatkan di urutan nomor 9.

Jangan Pernah Menggunakan Simbol

Patokan untuk hal ini sebenarnya sangat jelas. Tidak ada satupun situs di deretan top yang menggunakan simbol pada nama domain mereka. Namun sebenarnya, bukan hal tersebut yang menjadikan penambahan simbol ini dilarang. Pelarangan penggunaan simbol ini adalah karena pengguna internet sendiri cenderung enggan menuliskan simbol di mesin pencari. Selain itu, penggunaan simbol ini juga pasti akan mempersulit pengguna internet yang menggunakan ponsel.

Kata Kunci Harus Tertarget

Sebenarnya, hal ini bukan lah suatu kewajiban saat memilih nama domain. Tapi, tidak ada salahnya memilih nama domain dengan kata kunci yang telah tertarget. Hal ini jelas akan membuat blog anda nampak lebih spesifik dan berpotensi membuat pengguna internet kembali berkunjung saat membutuhkan tema terkait. Tapi ingat, jangan pernah melakukan hal ini secara berlebihan dan nampak memaksakan. Akan lebih baik jika poin ini dikesampingkan untuk menghindari dampak buruk bagi blog anda.

Pemilihan Ekstensi Tepat

Sekarang ini ekstensi yang paling terkenal di dunia adalah .com, .net, dan .org. Tapi, masih ada banyak ekstensi lain yang spesifik seperti .actor, .accountants, dan .my. Saat ini pun domain lokal seperti .id dan .co.id sedang cukup populer. Untuk sekarang, pilihan terbaik memang lah ekstensi .com. Namun jika anda menyasar pengguna internet Indonesia, domain .id sekarang memang nampak lebih relevan. Jika anda sekarang sedang mencari domain murah, idwebhost bisa menyediakan berbagai pilihan dengan harga menarik.

Memilih Web Hosting

Tips Memilih Domain Hosting Untuk Blogger


Secara garis besar, web hosting berguna sebagai tempat untuk menyimpan data dari sebuah website seperti artikel, foto, atau pun video. Dengan data yang tersimpan itu, orang orang pun bisa membukanya dari tempat yang jauh. Bisa dibilang, hosting ini adalah suatu hal yang paling vital untuk kesuksesan dari suatu situs. Hosting ini sendiri terbagi menjadi 2 jenis berbeda yakni yang berbayar dan gratis. Biasanya, kebanyakan blogger pemula lebih memilih situs gratisan walaupun memiliki banyak kelemahan. Hal ini tidak lepas dari ketidakmauan mereka dalam mengeluarkan modal saat membangun blog. Padahal sekarang pun sudah ada banyak webhosting yang bisa dipilih dan pasti akan bisa membuat blog terlihat lebih professional.

Untuk patokan, terdapat 2 hal utama yang perlu diperhatikan saat memilih hosting berbayar. Kedua hal tersebut adalah bandwith dan kecepatan yang disediakan pada paket harga tertentu. Dapat dipastikan, akan terdapat masalah di kemudian hari jika bandwith dan kecepatan tersebut tidak sesuai. Tetapi, bukan berarti hanya 2 hal tersebut yang perlu diperhatikan ketika saat memilih web hosting. Hal lain seperti add on domain, email, dan database pun juga perlu diperhatikan.

Mungkin bagi anda para pemula, layanan add on domain masih belum begitu dipahami. Mudahnya, layanan tersebut berupa domain yang bisa ditambahkan dalam satu akun. Perlu diketahui, anda bisa menambahkan lebih dari satu domain ketika membeli web hosting. Tapi ingat, bandwith dengan kapasitas besar diperlukan jika anda hendak menambahkan beberapa nama domain dalam sebuah web hosting. Bayangkan saja, anda pasti akan kesulitan saat memilih banyak domain tetapi hanya memiliki bandwith sedikit.

Sebagai akhir, garansi uang kembali, aktivasi instan, dan SSL (Secure Soket Layer) juga sangat lah penting. Sekarang, tidak semua hosting menyediakan ketiga layanan tersebut terutama SSL. Memang, sekarang sudah ada banyak penyedia layanan SSL gratis. Tapi, anda pastilah akan mendapatkan kemudahan jika web hosting yang anda beli sudah menyediakan layanan tersebut. Dengan layanan SSL ini, URL domain yang sebelumnya hanya berupa http akan berubah menjadi https.

Sekarang ini, penyedia hosting memang sangat lah banyak. Apabila anda bertanya pada seorang teman blogger, kebanyakan dari mereka pasti menyarankan untuk memilih hosting dari luar negeri. Sebenarnya, web hosting dalam negeri pun tidak kalah baik dan akan memberikan berbagai kemudahan bagi anda. Anda sendiri bisa membandingkan layanan dari web hosting luar negeri dan dalam negeri.

Tips Memilih Domain Hosting Untuk Blogger


Dapat saya pastikan, layanan dan paket harga yang tersedia memang sudah tidak jauh berbeda. Tetapi, akan terdapat kemudahan yang anda dapat jika memilih web hosting dalam negeri. Kemudahan tersebut ada pada proses pembayarannya. Biasanya, pembayaran web hosting luar negeri selalu melalui kartu kredit atau paypal. Ini jelas akan sangat berbeda dengan web hosting dalam negeri yang proses pembayaran nya bisa melalui transfer bank lokal.

Memang, keberuntungan adalah faktor yang paling menentukan dalam sukses atau tidaknya blog yang dibangun. Tetapi, usaha dalam memilih nama domain dan hosting pastilah akan membuat keberuntungan tersebut menjadi semakin dekat. Untuk itu jika anda telah memilih nama domain yang tepat dan sedang mencari hosting murah, idwebhost bisa menjadi pilihan tepat dengan berbagai layanan terbaik.
Diubah oleh mangodot69
Intinya optimasi website nya ya gan, simple saja optimaai seo offpage dan seo onpage, itu sudah cukup


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di