alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
BISAKAH AKI MOTOR BUAT NYALAIN MOBIL?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd2c87edbd770cb778b4568/bisakah-aki-motor-buat-nyalain-mobil

BISAKAH AKI MOTOR BUAT NYALAIN MOBIL?

BISAKAH AKI MOTOR BUAT NYALAIN MOBIL?

BISAKAH AKI MOTOR BUAT NYALAIN MOBIL?

Bila dalam keadaan darurat, aki mobil tekor lalu yang ada di rumah cuma aki motor, bisakah aki motor digunakan untuk menyalakan mobil? Jawabannya ternyata bisa, tapi ada syaratnya.

Di dalam sistem kelistrikan kendaraan, aki bertugas menyuplai tenaga listrik buat menyalakan motor starter. Energi yang dibutuhkan yaitu arus dan voltase, angkanya berbeda-beda tergantung kendaraan.

Kemampuan aki biasanya ditentukan satuan Ah (ampere hour) atau lebih spesifik lagi CCA (Cold Cranking Amps). Catatannya, spesifikasi tertulis CCA tidak selalu bisa dijumpai pada aki yang ada di dalam negeri.

Sarwono Edhi, Technical Service Training Development Astra Honda Motor, menjelaskan, buat menyalakan motor starter mobil pada umumnya membutuhkan spesifikasi 30 Ah (12 Volt). Sementara itu, aki motor yang beredar di pasaran punya kemampuan 3,5 – 6 Ah.

“Jika kapasitas dan voltase aki cukup, maka bisa juga untuk menghidupkan mobil atau truk. Untuk aki motor paling besar 10 – 20 Ah, misalnya di Honda Goldwing itu 20 Ah,” kata Sarwono, Rabu (27/9/2017).

Meski begitu, kini sudah mulai banyak produk aftermarket di pasaran yang diklaim punya kemampuan menyalakan mobil. Walau angka Ah sama seperti aki motor pada umumnya, aki aftermarket ini punya angka CCA yang tinggi. Semakin tinggi CCA maka kemampuannya untuk menyalakan mobil semakin besar.


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di