alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Tech / ... / Website, Webmaster, Webdeveloper /
Mengenal Tentang Google Webmaster Tools
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd2ac8dde2cf2cb718b4573/mengenal-tentang-google-webmaster-tools

Mengenal Tentang Google Webmaster Tools

Hal-hal penting seputar akses website ataupun blog dengan platform WordPress ataupun blogspot kini jadi perbincangan. Banyak pemilik website masih belum mengetahui bagaimana cara memantau pengunjung website setiap harinya. Padahal sangatlah penting dari sebuah website bisa melihat data traffic setiap harinya. Sehingga dari jumlah pengunjung bisa diketahui dan dapat memberi acuan utama seperti apa perkembangan website. Kini sudah ada perangkat bernama Google Webmasters Tools yang sampai sekarang jadi solusi pemilik website.

Mengenal Tentang Google Webmaster Tools


Tidak hanya dari seputar webhosting dan domain saja, akan tetapi dari akses perangkat Google Webmasters tersebut juga berguna untuk pemilik website. Mungkin Anda masih belum mengerti seperti apa akses dari Google Webmasters tersebut, oleh karena itu agar Anda lebih mengerti dan bisa menggunakannya secara optimal bisa langsung simak dari ulasan berikut ini.

Mengenal Google Webmasters Tools

Google Webmasters sendiri menjadi salah satu perangkat Google dengan tujuan memantau aktivitas blog Anda sendiri. Tentu saja sumber pemantauan dilakukan di dalam mesin pencari Google, sehingga setiap website akan lebih mudah dalam proses pemantauannya. Setiap akses website ataupun blog sudah dipastikan membutuhkan akses Google Webmasters tersebut, sehingga perangkat ini bisa memberikan informasi seputar search engine.

Bisa dikatakan bahwa Google Webmasters Tools ini menjadi salah satu bantuan ataupun fasilitas yang diberikan langsung oleh Google. Tujuannya sudah terlihat jelas dimana pemilik website bisa mengakses informasi seputar top search keyword, hingga seberapa sering blog Anda diakses. Bahkan Google juga bisa memantau jika terjadi kerusakan seperti broken link sampai crawl errors. Setiap tahun perangkat Google Webmasters ini terus mendapatkan pembaharuan, hingga akhirnya sekarang ini perangkat tersebut bisa mendukung data impressions dan clickthrough dalam sebuah blog.

Mengenal Tentang Google Webmaster Tools


Setelah menyimak dari aspek pengenalan Google Webmasters tersebut, akan kita lihat seperti apa manfaat utama dari penggunaan Google Webmasters ini.

Manfaat Utama Google Webmasters

Sudah banyak pemilik website yang mengenali apa itu Google Webmasters Tools dimana sebuah alat gratis dengan basis web hingga dapat menghadirkan beberapa hal penting. Dari Google Webmasters ini, Anda bisa melihat beberapa hal penting mulai dari Google Index, Crawl, Search Appearance,hingga Security Issues. Jadi akan lebih lengkap bila kita bahas satu per satu dari manfaat utama Google Webmasters tersebut.

Search Traffic


Pada fungsi pertama ada search traffick dimana menjadi salah satu akses paling penting di sebuah website. Sebagai pemilik website pastinya membutuhkan banyak konsep terutama pemantauan website berbasis real time. Maka dari itu ada bebrapa sum menu tersedia dalam opsi search traffick mulai dari Links to Your Site, Search Queries, International Targeting, Manual Actions, hingga Mobile Usability.

Jadi dalam beberapa menu di Google Webmasters Tools tersebut bisa menghadirkan akses link yang langsung mengarah ke website Anda sendiri. Bahkan ada akses link di dalam maupun di luar yang memberikan akses lebih fleksibel. Tidak hanya itu, karena adanya Search Traffick ini mampu mengidentifikasi setiap masalah terutama saat tak adapat diakses di perangkat smartphone.

Search Appearance

Masih ada manfaat dari akses Google Webmasters salah satunya Search Appearance dimana menjadi salah satu menu dengan tampilan struktur data. Komponen struktur data tersebut sudah bisa kita lihat. Terdiri dari Hentry atau entry title, author, WebSite, preson, review, updated, hingga AggregateRating, dan hcard. Jadi setiap website akan mendapatkan informasi secara detail untuk bisa cepat memperbaiki kondisi website.

Bila dari akses Google Webmasters Tools sudah bisa dioptimalkan maka setiap kali ada masalah maka pemberitahuan akan cepat disampaikan. Oleh sebab itu kenapa banyak kalangan terutama pemilik website masih membutuhkan perangkat Google Webmasters tersebut agar bisa memantau setiap masalah di website atau blog.

Google Index

Jika Anda masih belum terlalu mengerti tentang manfaat Google Webmasters, cobalah cek dari menu Goolge Index. Dari menu satu ini bisa memberikan fitur menarik berupa informasi index status, content keywords, remove URLs, hingga Blocked Resources. Oleh sebab itu kenapa menu-menu tersebut sangat penting hingga dapat memberikan peran maksimal dalam mengatur link yang terdapat pada directory Google.

Jadi saat terjadi beberapa penghapusan link bisa dilakukan secara langsung melalui menu Remove URL’s hingga nantinya website akan bisa diakses lebih cepat dan mudah.

Mengenal Tentang Google Webmaster Tools


Content Keywords

Sebenarnya dari menu Content Keywords dalam Google Webmasters Tools ini menjadi akses paling banyak diakses. Maka dari itu pastikan juga bahwa banyak kata-kata yang digunakan di dalam arktikel atau konten. Maka dari itu dengan berbagai tema tertentu biasanya menghadirkan akses lebih banyak. Rata-rata dari setiap konten di website bisa memanfaatkan akses konten keywords. Namun, perlu diingat bahwa tidak diperbolehkan dalam sebuah website memiliki banyak pengulangan kata kunci. Nantinya Google akan menganggap konten website Anda sebagai SPAM sehngga menurunkan traffic website.

Crawl

Masih ada menu Crawl dimana sangat penting dihadirkan dalam sebuah website. Biasanya dibagi menjadi beberapa fitur mulai dari Crawl Errors, Fetch as Google, Crawl Stats, URL Paramenters, dan Sitemaps. Menariknya dari akses Google Webmasters Tools ini bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan link eror. Tidak semua pemilik website bisa memilah mana link yang normal ataupun sempurna. Sehingga sering terjadi kesalahan hingga akhirnya dapat diperbaiki secara cepat.

Proses pengecekan link di dalam website juga membutuhkan akses lebih optimal. Sehingga saat terjadi eror diharapkan pemilik website bisa langsung memperbaikinya.

Other Resources

Untuk menu Other Resources ini masih dibagi kembali menjadi beberapa opsi. Anda sudah bisa memanfaatkan fasilitas di dalam menu Other Resources ini mulai dari email markup tester, structured data testing tool, Google My Bussiness, Google Merchant Center, PageSpeed Insight, Custom Search, hingga Google Domains. Dari setiap menu tersebut menghadirkan fungsi masing-masing. Maka dari itu pemilik website bisa langsung menikmati beragam keuntungan yang ada di dalamnya. Berkat akses menu Other Resources tersebut bisa mendatangkan keuntungan hingga akhirnya membuat akses website benar-benar lebih cepat.

Dari salah satu akses di dalam menu Other Resources seperti Google Domains sangat membantu dalam proses menemukan nama domain ditambah lagi proses pembangunan website lebih mudah. Seperti kita tahu bahwa webhosting dan domain di dalam website sangat berguna hingga akihrnya bisa dimanfaatkan bagi pemilik website.

Segala macam akses penting di dalam menu Google Webmasters Tools di atas sebenarnya sudah lama diandalkan bagi pemilik website. Rata-rata peluang untuk mendapatkan akses mudah dan cepat memang harus mengandalkan banyak fasilitas. Oleh sebab itu Google Webmasters menjadi pilihan tepat bagi Anda. Jangan lupa beberapa menu di dalam Google Webmasters harus dipelajari secara detail hingga akhirnya proses pembangunan website bisa berjalan lebih maksimal. Jika nanti terjadi masalah dalam hal link eror ataupun apakah itu di dalamnya, pastikan bahwa Anda sudah memahami semuanya.


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di