alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Teka-teki jasad Khashoggi yang tercerai berai
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd2a22660e24b22128b4573/teka-teki-jasad-khashoggi-yang-tercerai-berai

Teka-teki jasad Khashoggi yang tercerai berai

Teka-teki jasad Khashoggi yang tercerai berai
Aktivis HAM membawa gambar mendiang jurnalis Arab Saudi, Jamal Khashoggi, saat aksi protes di depan Konsulat Arab di Istanbul, Turki, Selasa (9/10/2018).
Kisah pembunuhan jurnalis Arab Saudi, Jamal Khashoggi, masih menjadi teka-teki.

Kendati Arab Saudi sudah mengakui adanya pembunuhan serta dugaan keterlibatan 18 warga negaranya dalam kejadian ini, tapi masih ada misteri seperti motif dan keberadaan jenazah Khashoggi bagi dunia internasional.

Beragam cerita di balik keberadaan jenazah Khashoggi muncul. Seorang pejabat Arab yang dikutip Reuters mengatakan Khashoggi terlibat cekcok dengan sejumlah pegawai kedutaan hingga akhirnya tewas tercekik.

Dalam keterangannya, mayat Khashoggi digulung dalam karpet dan diserahkan kepada perantara lokal untuk dimusnahkan. Tidak jelas siapa perantara itu dan dengan cara apa tubuh Khashoggi dimusnahkan.

Versi lain datang dari seorang sumber intelijen Turki. Sumber ini mengaku mendengar rekaman pembunuhan Khashoggi yang terjadi di kantor Konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki, 2 Oktober 2018.

Menurut sumber tersebut, Khashoggi dibunuh lalu dimutilasi. Jasadnya dibuang ke sembarang tempat berbeda agar sulit ditemukan.

Laporan Middle East Eye juga menyimpulkan kecurigaan serupa: Khashoggi dimutilasi oleh ahli forensik Arab Saudi, Muhammad al-Tubaigy, menjadi 15 bagian. Proses mutilasi hanya berlangsung tujuh menit dengan menggunakan gergaji tulang.

Kecepatan proses mutilasi itu yang sempat membuat 14 lelaki lain kewalahan membungkus potongan tubuh itu untuk dimusnahkan.

Setelah dimutilasi, beberapa bagian tubuh Khashoggi diyakini dibawa oleh salah satu pengawal Pangeran Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS), Maher Abdulaziz Mutrib, dengan jet pribadi ke Riyadh (Arab).

"Mutrib, yang sering terlihat berada di sekitar Putra Mahkota, terlacak meninggalkan Istanbul pada 2 Oktober 2018, sekitar pukul 18.20 waktu setempat melalui Bandara Ataturk dengan nomor pesawat HZ-SK1. Mutrib saat itu membawa sebuah kantong yang sangat besar," tulis laporan tersebut.

Tak lama setelah jet yang ditumpangi Mutrib berangkat, jet kedua juga lepas landas membawa para tersangka keluar dari Istanbul. Para tersangka sempat melalui pemeriksaan oleh petugas bandara, namun ketika itu kasus pembunuhan Khashoggi belum mencuat sehingga tidak ditemukan bukti apapun.

Kabar lain menyebutkan, potongan tubuh Khashoggi dibuang di sebuah taman dekat Riyadh. Akan tetapi, proses pencarian di sekitar lokasi tersebut nihil hasil.

Penyidik Turki perlu menemukan jasad Khashoggi, baik utuh maupun berupa potongan. Sebab, jasad itu merupakan bukti yang paling kuat untuk menyeret 15 terduga pelaku dengan pasal pembunuhan.

Selama jasad tidak ditemukan, maka dakwaan itu tidak akan bisa dijatuhkan.

Mengutip laporan New York Times, para penyidik Turki juga meyakini pembunuhan Khashoggi sudah direncanakan sejak jauh hari.

Dalam sebuah wawancara bersama Fox News, Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel Al-Jubeir terbata-bata ketika menjawab tanya terkait konspirasi ini. "Kami tidak tahu soal detail bagaimana (dia terbunuh). Kami juga tidak tahu di mana mayatnya," tutur Jubeir.

Pemerintah Arab Saudi masih berupaya menutup keterlibatan MBS. Semua pernyataan yang dikeluarkan Kerajaan menyimpulkan bahwa MBS tidak terlibat sedikit pun dalam kejahatan ini.

MBS bahkan tetap melakukan aktivitasnya seperti biasa seperti ketika hadir dalam sebuah pertemuan dengan investor di Riyadh, pada Rabu dan Kamis kemarin.

Ketika disinggung soal pembunuhan Khashoggi, MBS berkomentar bahwa pembunuhan kolumnis Washington Post itu adalah kejahatan "mengerikan" yang tidak bisa dibenarkan. "Ini adalah kejahatan yang menyakitkan bagi seluruh warga Arab Saudi. Saya pun yakin bahwa kejahatan ini juga menyakitkan bagi semua orang di dunia," tuturnya, dinukil dari TIME.

MBS meyakinkan, meski Turki begitu keras dalam mengungkap misteri pembunuhan ini, hubungan antarkedua negara tidak akan terusik.

"Banyak yang ingin membuat hubungan Turki dan Arab Saudi bersitegang dari kejadian ini. Saya tegaskan: Ketegangan itu tidak mungkin terjadi selama Raja Salman bin Abdul Aziz dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman masih berada di Arab Saudi," sambungnya.

Di sisi lain, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan tetap menegaskan akan mengungkap kebenaran di balik pembunuhan ini. Kendati begitu, Erdogan tidak secara gamblang menuding MBS bertanggung jawab atas kejadian ini.

Erdogan mengungkap, 15 lelaki Arab tiba di Istanbul tak lama sebelum kematian Khashoggi. Satu di antara mereka kemudian berpura-pura sebagai Khashoggi dan berjalan keluar dari konsulat. Oleh karenanya, pada awal kasus ini mencuat, Arab Saudi kerap menyatakan Khashoggi keluar dari konsulat dengan selamat.

Banyak mata di dunia internasional yang meyakini bahwa MBS setidaknya mengetahui pembunuhan ini. Sebab, seluruh terduga pelaku adalah orang-orang yang selama ini berada di dekatnya.

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyayangkan keputusan penyelidikan yang dilakukan pihak Arab Saudi. "Keputusan yang buruk. Mereka menutupi semua kebenaran dengan sangat buruk," ucap Trump, dalam laporan lain Reuters.

Departemen Luar Negeri AS pun membekukan visa AS untuk 21 warga Arab Saudi. Namun, tidak dijelaskan lebih jauh siapa orang-orang tersebut.

Kamis (25/10/2018), Salah Khashoggi -- putra sulung Khashoggi -- dilaporkan telah meninggalkan Arab Saudi menuju Washington DC, AS. Salah pergi menyusul pencabutan larangan melawat oleh pemerintah Arab Saudi.

Selain itu, kepergian Salah juga tak lama setelah foto-foto pertemuannya dengan MBS beredar. Dalam foto tersebut, Salah menatap sang pangeran dengan pandangan dingin.

Pemerintah Arab Saudi enggan berkomentar lebih jauh tentang kepergian Salah ke AS. Salah diketahui memiliki dua kewarganegaraan, Arab Saudi dan AS.
Teka-teki jasad Khashoggi yang tercerai berai


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...tercerai-berai

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Teka-teki jasad Khashoggi yang tercerai berai Bupati Cirebon dan harga jabatan ala menu restoran

- Teka-teki jasad Khashoggi yang tercerai berai Stigma negatif, anak pengidap HIV dilarang sekolah

- Teka-teki jasad Khashoggi yang tercerai berai Rezeki FTV Azab tak menguap

Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di