alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Sains & Teknologi /
Kenali 2 Profesi di Bidang Data Science yang Lagi Nge-Hype Ini!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd28a47c0d770f3658b4567/kenali-2-profesi-di-bidang-data-science-yang-lagi-nge-hype-ini

Kenali 2 Profesi di Bidang Data Science yang Lagi Nge-Hype Ini!

Kenali 2 Profesi di Bidang Data Science yang Lagi Nge-Hype Ini!

Pernah nggak sih Gan membayangkan berapa banyak data yang tercipta di negara ini dalam satu hari? Soalnya kan apapun yang kita lakuin setiap harinya itu adalah data, bahkan aktifitas kita di dunia digital pun juga data

emoticon-Cool

Di zaman sekarang, data memang ada di mana-mana dan terus tercipta setiap saat. Mulai dari data yang tercipta lewat aktivitas-aktivitas digital seperti berkirim email, pesan hingga mengakses media sosial sampai ke data-data yang tercipta misalnya lewat cctv di pinggir jalan hingga hobi agan belanja di tiap abis gajian juga bakal jadi data.

Saking banyaknya jumlah dan potensi pemanfaatan data seperti ini membuat data menjadi salah satu elemen utama yang penting di era sekarang. Berbagai organisasi dan perusahaan di berbagai sektor pun mulai berupaya memanfaatkan potensi data yang mereka miliki ini untuk mendorong pendapatan, profitabilitas, produktivitas hingga kepuasan pelanggan. Dan untuk mencapai ini, mereka pun membutuhkan talenta-talenta yang bisa mengimplementasikan teknologi pendukung analisa data di bidang Data Science ke dalam organisasinya.

Emangnya ada profesi di bidang data science apa aja sih yang biasanya dicari perusahaan jaman sekarang Gan? Cekidot beberapa di antaranya.

Data Engineer

Kenali 2 Profesi di Bidang Data Science yang Lagi Nge-Hype Ini!

Seperti yang ane sebut di awal tadi, di era digital seperti sekarang, hampir semua aktifitas kita tercatat dalam berbagai perangkat kan Gan. Data-data ini nih yang sebetulnya penting bagi organisasi dan bisnis untuk dapat dijadikan insight bagi mereka. Agar dapat dianalisa, tentu data-data tersebut harus dikumpulkan dan diolah terlebih dahulu.

Nah, di sini seorang data engineer bertugas untuk menemukan cara dalam menangkap, mengumpulkan dan memadatkan sebuah data dari sumbernya. Mereka harus memastikan dan membangun serta mengelola sebuah sistem yang akan jadi si produsen data hingga akhirnya data-data tersebut akan dikelola dan dianalisa lebih lanjut.

Data Scientist

Kenali 2 Profesi di Bidang Data Science yang Lagi Nge-Hype Ini!

Setelah dikumpulkan oleh Data Engineer, barulah selanjutnya tugas seorang Data Scientist untuk mengolah lebih lanjut data tersebut. Biasanya data scientist bertanggung jawab untuk melakukan data extraction, data preparation, data processing hingga analisis. Data Scientist juga bertugas untuk memastikan kembali bahwa data yang terkumpul telah sesuai untuk dianalisis dan dijadikan acuan untuk bisnis si perusahaan itu sendiri. Itu sebabnya seorang Data Scientist butuh beberapa kompetensi yang bisa mendukung pekerjaannya seperti statistika, bahasa pemrograman hingga konteks bisnis Gan.

emoticon-cystg

Data Scientist sendiri dari hari ke hari semakin dicari oleh organisasi atau perusahaan-perusahaan di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Ini tak lepas dari semakin pentingnya data dalam berbagai aspek seperti bisnis. Sayangnya, meski banyak dicari tapi di Indonesia sendiri talenta data scientist masih kurang Gan.

Itu sebabnya banyak cara yang mulai digunakan perusahaan untuk memancing minat sekaligus memberikan ruang untuk ide-ide dan skil bagi para data science enthusiast tanah air. Salah satunya bisa kita lihat lewat ajang Finhacks 2018 #DataChallenge yang saat ini sudah memasuki puncak gelaran. Event yang jadi bentuk komitmen BCA untuk memajukan dunia pengolahan data di tanah air khususnya di sektor perbankan ini melombakan 3 kategori yaitu Credit Scoring, Fraud Detection dan ATM Cash Optimization.

Kenali 2 Profesi di Bidang Data Science yang Lagi Nge-Hype Ini!

Kompetisinya sendiri terbagi dalam empat fase yaitu Registration, Assessment Test, Data Challenge dan Demo Day. Saat ini tahapan registrasi hingga Data Challenge sudah selesai Gan. Tinggal proses penilaian aja nih yang masih berlangsung. Nantinya 5 tim di masing-masing kategori yang terpilih harus mempresentasikan karyanya di Demo Day yang bakalan diadain bulan November nanti. Kira-kira inovasi di bidang data science seperti apa yang bakal dipresentasikan oleh para finalis nanti ya? Hmmm.. ane makin penasaran dan pingin buru-buru mantengin Demo Day !

emoticon-Request

Buat GanSis yang penasaran dengan Finhacks 2018 #DataChallenge, melipir aja gan ke website resminya yang beralamat di https://finhacks.id ya.


Diubah oleh drumss


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di