alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Lezat! 7 Jajanan Khas Kediri yang Wajib Kamu Coba
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd28979c0cb175d018b4568/lezat-7-jajanan-khas-kediri-yang-wajib-kamu-coba

Lezat! 7 Jajanan Khas Kediri yang Wajib Kamu Coba

Lezat! 7 Jajanan Khas Kediri yang Wajib Kamu Coba

Kediri merupakan salah satu kota di Jawa Timur. 

Apa yang kamu ingat ketika mendengar Kediri? Industri rokok terkenal Gudang Garam atau wisatanya? Ada banyak wisata yang cukup populer, seperti Gunung Kelud dan Monumen Simpang Lima Gumul. 

Jika kamu kebetulan sedang mengunjungi kota ini, jangan lupa untuk mencicipi lezatnya makanan khas Kediri seperti berikut.


1. Tahu Takwa
Lezat! 7 Jajanan Khas Kediri yang Wajib Kamu Coba
Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan kuliner satu ini. Tahu takwa merupakan tahu berwarna kuning. Pewarna yang digunakan berasal dari kunyit. Tahu yang padat dengan sensai lembut di mulut dan bisa dinikmati langsung setelah membeli. 

Tapi, kamu juga bisa menikmatinya dengan cara digoreng terlebih dahulu, dicampur ketika menyantap bakso atau sayuran berkuah. Tahu ini biasanya dijual dalam kotak terbuat dari anyaman bambu yang biasa disebut, besek. 

Kamu bisa menjadikannya oleh-oleh namun harus segera dimasukkan ke kulkas karena masa ketahanan dari tahu ini adalah 3-4 hari dalam suhu ruang.


2. Stik Tahu
Lezat! 7 Jajanan Khas Kediri yang Wajib Kamu Coba
Camilan lezat berbahan dasar tahu ini bisa kamu temukan di Kediri. Banyak pusat oleh-oleh yang menjualnya. Biasanya penjual akan menyediakan bersama tahu takwa dan gethuk pisang. 

Camilan ini bisa kamu nikmati sembari berbincang dengan keluarga maupun sahabat. Bisa juga jadi teman minum teh, kopi, maupun saat belajar.


3. Gethuk Pisang
Lezat! 7 Jajanan Khas Kediri yang Wajib Kamu Coba
Gethuk pisang ini berbeda dari gethuk yang pada umumnya terbuat dari singkong. Gethuk ini biasanya terbuat dari pisang raja nangka dan dibungkus dengan daun pisang. 

Daun pisang tersebut memberikan aroma harum yang khas pada gethuk. Rasanya manis dan legit menjadikan gethuk pisang sebagai salah satu jajanan khas Kediri yang digemari. 

Gethuk tidak bisa bertahan lama, hanya sekitar 2 sampai 3 hari dalam suhu kamar. Namun bisa lebih lama jika disimpan di dalam lemari pendingin.


4. Sate Bekicot
Lezat! 7 Jajanan Khas Kediri yang Wajib Kamu Coba
Sate bekicot atau siput ini menjadi kuliner andalan daerah Djengkol. Bumbunya bervariasi, ada yang menggunakan bumbu kacang seperti sate pada umumnya. Ada pula yang disajikan hanya dengan kecap, tapi tetap lezat. Dagingnya kenyal juga bisa diolah menjadi krengsengan maupun kripik.


5. Cokelat Tahu
Lezat! 7 Jajanan Khas Kediri yang Wajib Kamu Coba
Cokelat merupakan camilan manis yang menggoda. Variasinya pun banyak, ada yang menggunakan biskuit, kacang, mete dan almond sebagai isian. 

Namun bagaimana rasanya jika tahu di dalam cokelat? Rasanya lezat dan tidak kalah dengan cokelat lainnya. Tahu yang sudah digoreng hingga menjadi renyah, dibalut dengan cokelat yang memberikan sensasi manis dan gurih bercampur di mulut. 


6. Kerupuk Pasir
Lezat! 7 Jajanan Khas Kediri yang Wajib Kamu Coba
Kerupuk pasir atau kerupuk upil ini memang sedikit berbeda dari kerupuk pada umumnya yang digoreng menggunakan minyak goreng. Kerupuk pasir digoreng menggunakan pasir yang telah dipanaskan. Camilan ini biasanya disajikan bersama petis atau sambal pecel. Ada juga yang menjual kerupuk ini dalam plastik besar dan telah diberi bumbu pedas.


7. Tahu Pong
Lezat! 7 Jajanan Khas Kediri yang Wajib Kamu Coba
Sekilas tahu pong hampir sama dengan tahu biasa yang digoreng atau tahu sumedang. Tahu ini lebih mengembang dan halus kulitnya serta dalamnya 'kopong' atau tidak berisi. Jika pada tahu biasa seperti tahu putih maupun tahu kuning jika digoreng masih terdapat isi putih di dalam kulitnya yang kering, maka tahu pong tidak demikian. Tahu lezat ini cocok untuk kudapan dan disajikan dengan cabai atau petis.

Semua jajanan khas Kediri tersebut dengan mudah kamu jumpai di sekitar Jalan Pattimura dan Jalan Yos Sudarso, Kota Kediri, kecuali sate bekicot dan cokelat tahu. Sate bekicot bisa kamu temui di sekitar Djengkol, Plosoklaten, Gurah sampai Pare, Kabupaten Kediri. Jika ingin membeli Cokelat Tahu, bisa langsung ke Desa Wonorejo, Ngadiluwih, Kabupaten Kediri. 

Jadi, kamu ingin mencoba jajanan yang mana dulu nih?


Sumber : https://www.idntimes.com/food/diet/f...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Lezat! 7 Jajanan Khas Kediri yang Wajib Kamu Coba Sedang Jalan jalan ke Pontianak Jangan Lupa Cicipi 7 Kuliner Ini

- Lezat! 7 Jajanan Khas Kediri yang Wajib Kamu Coba 9 Sajian Kuliner Tradisional Jawa Timur yang Dibungkus Daun Pisang

- Lezat! 7 Jajanan Khas Kediri yang Wajib Kamu Coba 5 Kuliner Super Enak Khas Tulungagung yang Wajib Kamu Coba



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di