alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Polisi Bantah Kabar Bebaskan Dua Oknum Banser Pembakar Bendera Tauhid
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd26d8b529a45cb4d8b4567/polisi-bantah-kabar-bebaskan-dua-oknum-banser-pembakar-bendera-tauhid

Polisi Bantah Kabar Bebaskan Dua Oknum Banser Pembakar Bendera Tauhid

Polisi Bantah Kabar Bebaskan Dua Oknum Banser Pembakar Bendera Tauhid
Kamis, 25 Oktober 2018 | 17:20 WIB


Polisi Bantah Kabar Bebaskan Dua Oknum Banser Pembakar Bendera TauhidDirektur Reserse Kriminal Umum Polda Jawa Barat, Komisaris Besar Polisi Umar Surya Fana


VIVA – Polisi membantah kabar yang menyebutkan bahwa dua oknum anggota Barisan Serba Guna atau Banser pembakar bendera berlafaz tauhid di Garut dibebaskan. Sebab kedua orang itu tak pernah ditangkap dan ditahan.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jawa Barat, Komisaris Besar Polisi Umar Surya Fana, mengoreksi pertanyaan VIVA ketika berusaha mengonfirmasi tenang kabar pembebasan oknum Banser itu. "Lho, kok, dibebaskan. Kesannya pernah ditangkap," katanya pada Kamis, 25 Oktober 2018.

"Polri," Umar menegaskan, "tidak pernah melakukan penangkapan, apalagi penahanan, terhadap siapa pun berkaitan dengan peristiwa pembakaran bendera HTI (Hizbut Tahrir Indonesia) di Garut."
 
Dua oknum Banser yang diperiksa itu, katanya, atas kesadaran sendiri mendatang Markas Kepolisian Resor Garut, setelah peristiwa pembakaran bendera berlafaz kalimat tauhid dan diyakini bendera HTI. "Jadi keberadaannya di Polres (Garut) bukan karena ada penangkapan."

Tak ditemukan unsur pidana

Klarifikasi Umar Surya Fana itu menyusul pernyataannya di tempat terpisah tentang hasil pemeriksaan terhadap tiga oknum Banser yang diperiksa oleh polisi.

Berdasarkan gelar perkara atas pemeriksaan tiga oknum Banser, tidak ditemukan niat berbuat pidana saat membakar bendera berlafaz kalimat tauhid itu. Polisi mengabaikan dahulu kain yang dibakar itu sebuah bendera bertulis kalimat tauhid atau bendera HTI, organisasi terlarang, melainkan berfokus menelisik unsur perbuatan pidananya.

Dianggap Sebarkan Berita Bohong, Mantan Jubir HTI Dipolisikan
“Saya tidak akan bicara konten dalam kain hitam itu; saya hanya akan bicara mens rea (niat berbuat pidana), karena itu niat pelakunya. Enggak bisa saya paksakan dengan kemauan bahwa niat dia adalah A, tapi ternyata B,” kata Umar Surya Fana di Bandung.

Berdasarkan gelar perkara pula, kata Umar, ketiga oknum Banser membakar kain itu dengan spontan: tidak direncanakan, yang dibuktikan dengan fakta bahwa mereka tidak membawa alat bakar, sesuai dengan keterangan orang-orang yang diperiksa.

Umar mengandaikan ketiga oknum Banser itu merencanakan membakar bendera berlafaz tauhid, tentulah sudah membawa alat atau bahan bakar, misal, pemantik api atau korek dan bensin. Tetapi, katanya, "di video (rekaman peristiwa pembakaran) dia bakarnya susah, nyari kertas seadanya, korek aja minta-minta,” ujarnya.

Atas dasar itu pula, dia menegaskan, polisi belum menetapkan seorang pun sebagai tersangka. Penyidik masih meyakini aksi itu bentuk spontanitas dengan pemahaman terbatas. "Dia spontan, enggak ada niat. Sekali lagi ini hasil yang sementara didapat.”

“Karena perbuatan tersebut spontan dilakukan oleh oknum Banser yang mendasari dari kesepakatan sebelumnya," Umar menambahkan, "sampai hari ini, kami belum menemukan mens rea atau sikap batin untuk melakukan pembakaran, selain menghilangkan bendera HTI.” 
https://www.viva.co.id/berita/nasion...bendera-tauhid

-------------------------------------

Disuruh 'nginap' aja untuk  sementara waktu di tahanan polisi hingga suasana kondusif. Soalnya bahaya juga kalau dilepas, sementara di luar sana diam-diam bisa jadi sudah ada pihak yang telah menghalalkan darah ketiga pembakar bendera tauhid itu.

emoticon-Takut


Diubah oleh naniharyono2018
Bukti sahih govloknya nasbung yg sudah melegenda

Polisi Bantah Kabar Bebaskan Dua Oknum Banser Pembakar Bendera Tauhid
Quote:

TS baca beritanya gak sih. orang skedar saksi kok mau dipaksa jadi tersangka. gak ada hukum yg dilanggar oleh pembakaran bendera HTI. titik. yg harusnya ditangkap ya harusnya pembawa/pemilik benderanya. motifnya apa kok seolah mau memprovokasi di peringatan hari santri nasional. diundang aja kagak lho.
Balasan post devagni
Quote:


gitulah ormas paling damai

playing victim teros, padahal udah di larang di indonesia
hmmmmmm...
yah apa kata pak pulisi sajalah
pak pulisi pemegang hukum
Quote:
dulu fara fengikut fekai dibantai ketika jadi far emoticon-Tai terlarang, kafan neeh fara fantek2 hate-i cem felix kwetiau, simael sumanto serta fara simfatisan mereka yang ada di fekaes dibantai juga? eh lufa dink, kalau beda ferlakuan. fekai halal difantai karena athena, kalau hate-i kan ....... emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Ngakak
fara fensboy dan fantek2 hate-i lagi h2c nunggu ferkembangan terbaru soal play victem yang saat ini sedang dilakukan. fercayalah, kalau skenario kali ini juga ga2l, mereka bakal develop strategi dan plan baru buat benturin ormas islam terbesar di indonesia dgn kaum muslim sendiri emoticon-Toast emoticon-Toast emoticon-Toast emoticon-Toast emoticon-Toast
status masih saksi kenapa mesti di penjara
Quote:


emoticon-Wakaka
Diubah oleh parmahan
polisi harus nya enggak boleh takut sama preman politik berkedok agama emoticon-Cape d...
Padahal kalo mau jujur yg disasar adalah banser , bukan karena niat bela tauhidnya, taruhan berapa dalam hati pasti itu tujuannya, saking aja dalamnya laut bisa diduga tapi dalam hati siapa yg tau. emoticon-Traveller

Arab melarang pengibaran bendera spt itu, apa kita harus demo ke Arab, apa harus perang dgn Arab ?
Diubah oleh donal.duck
intinya mau jatuhin jokowi


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di