alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Setelah Melahirkan Caesar Makan Bakso? Inilah Ulasan Yang Benar!!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd26cce12e2575e4c8b4567/setelah-melahirkan-caesar-makan-bakso-inilah-ulasan-yang-benar

Setelah Melahirkan Caesar Makan Bakso? Inilah Ulasan Yang Benar!!

Setelah Melahirkan Caesar Makan Bakso

Konsumsi makanan setelah melahirkan caesar memanglah memiliki banyak pantangan. Mengapa? Karena setelah melahirkan caesar ibu pasti diharuskan merawat luka dan melewati masa pemulihan. Masa pemulihan itu ada baiknya dengan cara konsumsi makanan dan minuman yang mengandung nutrisi yang baik seperti protein. Protein dapat didapat pada makanan seperti telur, daging, ikan, dan lain sebagainya. Nah, bagaimana jika ibu setelah melahirkan caesar makan bakso? Benarkah tidak boleh, mengapa demikian? Berikut ulasan mengenai pertanyaan boleh tidak setelah melahirkan caesar makan bakso.

Persalinan Operasi Caesar Itu?

Melahirkan caesar merupakan  proses persalinan bayi melalui sayatan di bagian perut dan rahim ibu. Dalam beberapa keadaan, operasi caesar dijadwalkan lebih dahulu. Operasi caesar diperlukan karena komplikasi yang tak terduga, seperti bayi berada dalam bahaya (operasi caesar darurat). Tetapi ada juga yang direncanakan seperti ingin lahir di tanggal cantik atau tidak ingin merasakan sakitnya kontraksi. Menurut Pusat Pengendalian Penyakit AS, sekitar 32% wanita Amerika yang melahirkan tahun 2015 melahirkan melalui operasi caesar.

Alasan lain yang membuat ibu melakukan operasi caesar seperti masalah kesehatan ibu (tekanan darah tingi atau penyakit jantung yang tidak stabil), sudah melakukan operasi caesar sebelumnya, dan lain sebagainya. Jika ibu memutuskan bahwa melahirkan caesar adalah pilihan terbaik, dokter akan memberi instruksi lengkap tentang apa yang dapat ibu lakukan untuk menurunkan resiko komplikasi dan melahirkan caesar berjalan dengan lancar. Dokter akan memastikan untuk mencatat golongan darah jika memerlukan transfusi darah selama operasi. Namun jarang yang memerlukan transfusi darah selama operasi.

Sebelum operasi, perut ibu akan dibersihkan dan akan siap menerima cairan infus ke lengan ibu. Ini memungkinkan dokter untuk mengatur cairan dan semua jenis obat yang mungkin ibu butuhkan. Keteter juga akan dipasang untuk menjaga kandung kemih kosong selama operasi. Dalam operasi caesar ada 3 janis anestesi yang ditawarkan kepada ibu, antara lain :

1. Blok spinal, anestesi disuntikkan langsung ke kantung untuk mengelilingi sumsum tulang belakang, sehingga mematikan bagian bawah tubuh.
2. Epidural, anestesi ini untuk persalinan normal dan operasi caesar, anestesi disuntikkan ke punggung bawah di luar kantung sumsum tulang belakang.
3. Anestesi umum, anestesi ini menempatkan ibu ke dalam tidur tanpa rasa sakit dan biasanya disediakan untuk situasi darurat.


Ketika ibu telah benar-benar diobati dan mati rasa, dokter akan membuat sayatan tepat di atas garis rambut kemaluan. Biasanya horizontal di panggul, belakangan bekas luka biasanya mudah ditutupi. Dalam situasi darurat kemungkinan sayatan yang dilakukan vertikal. Setelah sayatan ke perut telah dibuat dan rahim terbuka, dokter akan membuat sayatan ke rahim. Area ini akan ditutup selama prosedur sehingga tidak dapat melihat prosedur.

Lalu dalam operasi caesar berapa jahitan? Jawabnya ada sekitar 7 lapisan, mulai dari kulit perut sampai ke dinding rahim yang akan di jahit satu persatu ketika dokter menutup luka bekas operasi caesar. Mereka akan menutup sayatan jahitan yang diserap monocryl, jadi mereka tidak terlihat di luar. Karena jenis jahitan menyerap, ibu tidak akan menemukan jumlah gerakan dari luar dan hanya ujungnya yang harus dipotong. Daerah jahitan inilah yang menjadi salah satu faktor penentu mengerinngnya luka jahitan. Kesembuhan setiap lapisan perut hingga ke rahim yang dibuka saat operasi memiliki masa yang berbeda-beda.

Bagian kulit luar biasanya jahitan sudah akan mengering sekitar 2 minggu, sedangkan jahitan pada lapisan otot akan menyatu dalam waktu 1 bulan. Agar semua jaringan otot menyatu semua, mulai lapisan terdalam hingga lapisan bawah pelindung otot dibutuhkan waktu sekitar 4-6 bulan untuk sembuh dan kering total. Namun ada beberapa resiko yang harus diperhatikan oleh ibu, diantaranya adalah :
  • infeksi luka dapat terjadi 5% hingga 10 %
  • Resiko kecil pembekuan darah atau lubang di kandung kemih
  • Masalah potensial dikehamilan berikutnya, sebegai contoh plasenta previa lebih sering terjadi pada wanita setelah operasi caesar
  • Ada kemungkinan jaringan parut menumpuk di rahim setelah melahirkan caesar

Hal ini bukan masalah wanita yang sekali atau dua kali melakukan operasi caesar, tetapi jika ingin berencana untuk memiliki keluarga besar, ketakutan, dan dalam kasus yang parah mungkin harus kehilangan rahimnya setelah melahirkan.

Setelah Melahirkan Caesar Makan Bakso? Inilah Ulasan Yang Benar!!


Bagaimana jika Setelah Melahirkan Caesar Makan Bakso?

Ibu yang baru saja melahirkan caesar ataupun melahirkan normal pasti kehilangan 30%berat badannya. Setelah melahirkan ibu juga akan kehilangan banyak darah dan cairan dalam tubuh yang menjadikan tubuh terasa lemas. Maka, setelah melahirkan baiknya ibu makan makanan yang dapat mengembalikan energi. Lalu, bolehkan setelah melahirkan caesar makan bakso? Sebenarnya bukan tidak boleh ibu setelah melahirkan caesar makan bakso. Tetapi coba lihat lebih dekat gerobak abng bakso, ada beberapa bumbu yang digunakan seperti MSG atau penguat rasa. Larangan makan bakso setelah melahirkan adalah cara untuk mengurangi penyerapan zat buatan ke dalam tubuh.

Setelah melahirkan sistem pencernaan ibu bekerja lebih efektif dari biasanya dan mencerna apapun yang di konsumsi. Biasanya setelah melahirkan ibu akan memasuki masa menyusui, jika mengonsumsi MSG maka zat tersebut akan masuk dalam ASI. Hal itu akan mengakibatkan sel-sel dalam tubuh bayi mengalami gangguan dan menjadi lebih rentan terhadap penyakit. Apabila ibu makan bakso juga pasti akan menambahkan bumbu pelengkap seperti saus tomat dan sambal. Saus sambal yang digunakan oleh bakso keliling biasanya juga tidak menggunakan merk terjamin, jika adapun jarang sekali ditemukan.

Saus kemasan yang sering digunakan oleh penjual bakso biasanya dicampur dengan pewarna tekstil seperti rodanin B untuk mendapatkan warna merah cerah. Beberapa merk saus, tidak mencantumkan tomat sebagai salah satu komposisi untuk membuat saus. Makan sambal setelah melahirkan amankah? Konsumsi sambal pasca melahirkan sebaiknya dikurangi. Karena rasa pedas akan membuat lambung panas dan ibu akan merasa tidak nyaman. Tetapi ada juga yang mengatakan setelah melahirkan caesar boleh makan bakso. Apa alasannya? Bakso baik untuk dikonsumsi selama tidak mengandung MSG dan saus tomat kemasan. Kalsu daging yang ada pada bakso mudah dicerna oleh lambung dan membantu ibu dalam mengumpulkan energi setelah melahirkan serta mengembalikan mineral yang hilang.

Pada bakso juga biasanya ibu akan menikmati mie kuning atau mie bihun yang disajikan bersama. Makanan ini memiliki tekstur yang agak kasar dan dibumbui dengan rempah-rempah. Hal ini baik untuk latihan mengunyah dan membangkitkan nafsu makan. Bakso juga kaya akan protein yang membantu mengembalikan energi. Wanita yang sedang menyusui membutuhkan kurang lebih 71 gram protein. Jumlah ini dapat dibagi ke dalam 3 jam makan, masing-masing 3 sampain 4 ons.

POLA MAKAN AGAR CEPAT SEMBUH PASCA MELAHIRKAN CAESAR
  
Mengonsumsi makan yang bergizi dan seimbang akan membantu Anda dalam penyembuhan pasca operasi caesar. Buang air besar kemungkinan tidak teratur setelah operasi caesar. Berikut nutrisi yang dibutuhkan pasca operasi caesar :
  • Makanan yang mudah dicerna

Makan makanan yang sehat dapat membantu proses penyembuhan. Tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan yang menyebabkan gas dan konstipasi. Hindari minuman bersoda dan makanan yang di goreng, makan makanan yang kaya akan serat.

Setelah Melahirkan Caesar Makan Bakso? Inilah Ulasan Yang Benar!!

  • Protein

Konsumsi banyak protein pasca opersi caesar dapat membantu pertumbuhan semua jaringan baru dan membantu proses penyembuhan. Makanan yang kaya akan protein antara lain : ikan, telur, ayam, serta produk susu. Semua makanan ini mudah di cerna, terutama saat ibu masih menyusui. Ikan mengandung asam lemak omega 3 dan telur mengandung zinc yang bermanfaat untuk kesehatan.
  • Zat besi

Zat besi sangat penting untuk menjaga tingkat hemoglobin dan memperoleh kembali darah yang keluar selama proses melahirkan. Ini juga membantu fungsi kekebalan tubuh , makanan yang mengandung zat besi seperti : kuning telur, gading merah, hati sapi, dan buah.
  • Kalsium

Kalsium membantu relaksasi otot, memperkuat tulang, mencegah osteoporosis dan memantu koagulasi darah. Sumber kalsium antara lain : susu, yogurt, keju, tahu, dan bayam.
  • Vitamin C

Mempercepat proses penyembuhan dan melawan infksi dengan perbnyak konsumsi vitamin C. antioksida alami di vitamin C membantu tubu memperbaiki jaringan. Bisa juga sertakan berbagai jenis buah dan sayur yang banyak mengandung vitamin C, seperti jeruk, melon, papaya,tomat, brokoli, dan masih banyak lagi.
  • Perbanyak minum air putih

Minum banyak air putih sangatlah penting, untuk menghindari dehidrasi. Memebantu buang air besar lebih lancar dan mempercepat prnyembuhan pasca operasi caesar. Setidaknya konsumsi 8 – 10 gelas perhari dan disertakan cairan seperti susu rendah lemak, teh herbal, dan air kelapa.

Seperti dijelaskan diatas bahwa salah satu makanan yang mengandung proteinlah yang dapat mempercepat penyembuhan pasca operasi caesar. Protein itu tak hanya didapat dari telur atau daging, tetapi bisa diperoleh dari ikan gabus atau ikan kutuk. Dimana ikan gabus atau ikan kutuk ini termasuk ikan air tawar yang memiliki protein yang sangat dibutuhkan oleh tubuh yaitu Albumin. Apakah itu albumin? Albumin merupakan jenis protein paling besar dalam tubuh. Albumin memiliki peran penting dalam penyembuhan luka diantaranya dapat mendistribusikan nutrisi ke area yang mengalami luka sehingga proses regenerasi jaringan menjadi lancar. Selain itu kandungan gizi dan vitamin dalam ikan gabus juga cukup lengkap sehingga kebutuhan nutrisi tubuh sehari-hari dapat terpenuhi.

Inilah produk kami yang sangat direkomendasikan untuk keringkan luka bekas operasi caesar dengan 5X lebih cepat yaitu Kapsul Kutuk Premium. Inilah manfaat dan khasiat dari Kapsul Kutuk Premium yang pastinya tidak akan mengecewakan, antara lain seperti :
  • Tingkatkan Kadar Albumin dan Daya Tahan Tubuh
  • Membangun & Memperbaiki Jaringan Sel Tubuh
  • Mempercepat proses penyembuhan semua Luka pada tubuh (Diabet, Luka Bakar, Pasca Operasi, pasca melahirkan, dll)
  • Terapi Penyakit Berat (Anti Oedema/Pembengkakan, Gagal Ginjal, Diabetes Melitus, Stroke, Hepatitis/Sirosis, Kanker, TBC/Infeksi Paru, Nephrotic Syndrome, Tonsilitis, Thypus, Patah Tulang, Gastritis, ITP, Sepsis, dll)
  • Suplemen Terbaik untuk Penderita ODHA (HIV/AIDS)
  • Membantu penyembuhan Autis
  • Memperbaiki Gizi Buruk pada Anak, Ibu hamil, Menyusui dan Lansia
  • Membantu menghilangkan Oedem (pembengkakan)
  • Perlancar ASI
  • Meningkatkan hemoglobin darah



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di